Brooklyn yang Nets mengejutkan dunia NBA dengan pengumuman bahwa pelatih Kenny Atkinson dipecat setelah hampir empat musim bersama-sama. Dan kini sudah beredar rumor pengganti Atkinson di Nets, SPIN juga punya 5 kandidat pengganti dirinya di Nets.

Sembelunya di bawah asuhan Atkinson Nets cukup berubah drastis, dari masuk ke playoff hingga bisa trade pemain-pemain bintang seperti Kevin Durant dan Kyrie Irving. Pada titik ini banyak orang termasuk Zach Lowe dari ESPN, berspekulasi bahwa Nets harus mengejar pelatih veteran.

Namun penting untuk dicatat, dalam keadaan serupa seperti Steve Kerr dan Nick Nurse menemukan kesuksesan dan bahkan kemudian memenangkan Championship di tahun-tahun pertama mereka setelah menggantikan veteran Mark Jackson dan Dwane Casey. 

Salah satu kriteria yang kemungkinan mempengaruhi keputusan Nets adalah candidate’s openness dan yang akrab dengan pemainnya. Langsung aja ini 5 kandidat pilihan SPIN untuk Nets.

1. Becky Hammon

Via : forbes

Seorang asisten pelatih San Antonio Becky Hammon adalah salah satu bintang yang sedang naik daun di jajaran kepelatihan. Tujuan pertamanya adalah dia akan menjadi pelatih suatu hari, tetapi apakah apakah pengalamannya cocok untuk bekerja di Brooklyn? 

Kepribadian Irving dan Durant tidak mudah dihadapi. Tidak akan ada tekanan untuk bertanding dengan segera atau harus menjadi pelatih wanita pertama NBA di liga biggest market.

Mimin harap Hammon bisa sukses sebagai pelatih dan membuat sebuah kesempatan bagi lebih banyak wanita di liga, tetapi mimin masih tidak yakin. Brooklyn nets dalam kondisi saat ini adalah tempat terbaik baginya untuk memulai itu semua. 

2. Tyronn Lue

 

via : Gregory Shamus/Getty Images

Lue sebagai pelatih Cleveland Cavaliers bersama Kyrie Irving , memiliki sejarah kemenangan yang bisa menarik bagi Irving dan Durant sebagai leaders. Lue memiliki rintangan untuk membuktikan kepada Nets bahwa kemampuan melatihnya tidak bergantung dengan LeBron James, tetapi dia adalah pelatih yang sangat dihormati di seluruh liga dan saat ini sebagai asisten Doc Rivers untuk Clippers.

Pada Sabtu malam, Vincent Goodwill dari Yahoo melaporkan bahwa Irving memberikan pendapatan untuk memilih Lue menjadi pelatih Nets. Kemudian ada sebuah bantahan  yang mengatakan bahwa dia mengatakan pada desas-desus bahwa Irving menginginkan Lue adalah kebohongan. Penting untuk dicatat, itu akan mengejutkan jika Irving menginginkan Lue mengingat laporan hubungan yang kurang baik antara mereka setelah Irving di trade ke Boston.

3. Mike D’Antoni

via : NICK WASS / AP

Pelatih Rockets dan D’Antoni telah siap untuk perpisahan musim panas ini kecuali Rockets memenangkan Championship. D’Antoni dikabarkan sedang memeriksa beberapa kotak untuk Nets. Dia berpengalaman, pelatih ofensif yang berpotensi membuat KD dan Kyrie menjadi lebih baik.

D’Antoni telah membangun salah satu offensive liga yang paling efisien di sekitar James Harden selama beberapa tahun terakhir. Atkinson merupakan murid D’Antoni, keduanya berbagi banyak cara untuk melatih, tapi D’Antoni hanya sedikit lebih ekstrim daripada Atkinson.

Tak hanya itu dia juga pernah gagal beberapa tahun yang lalu sebagai pelatih Knicks. Mungkinkah Nets sedikit ragu, namun dia bisa jadi opsi potensial ini karena D’Antoni adalah teman baik Atkinson’s. 

4. Jason Kidd

via : Vaughn Ridley/Getty Images

Asisten Lakers saat ini dan bisa dibilang NBA Hall of Famer adalah pemain terbaik dalam sejarah franchise, tetapi ia memiliki kesempatan untuk naik menjadi pelatih Nets setelah satu tahun bertugas sebagai asisten pelatih Lakers.

Sementara hampir semua staf Nets terkait basketball dan non-basketball hilang dari tugas pertama Kidd, kamu harus bertanya-tanya apakah masih ada permasalah yang belum terselesaikan antara Kidd dan organisasi.

Karena para fans berharap bahwa Kyrie Irving memiliki potensi bermain untuk point guard terbaik dalam sejarah tim adalah skenario yang menarik, kepergian Kidd yang kacau serta tugasnya yang keras sebagai pelatih Milwaukee mungkin membuatnya tidak mungkin kembali ke Brooklyn musim depan.

5. Brett Brown 

via : theathletic.

Pelatih Sixers saat ini juga dikabarkan akan berada di kursi panas beberapa musim terakhir. Meskipun demikian, berhasil melewati era tanking ‘Trust The Process’ untuk Sixers, Brown telah berjuang untuk mengintegrasikan semua bagian Philadelphia 76ers untuk memaksimalkan kesuksesan tim.

Sulit untuk mengetahui bagaimana idealnya Brown ingin bermain karena dia tidak memiliki banyak pilihan untuk bermain berbeda dari yang dia lakukan sekarang dengan Joel Embiid , Ben Simmons. Daftar pemain Nets benar-benar sebaliknya, namun Brown adalah mantan asisten Spurs yang telah memenangkan title yang bisa membuat Nets bisa saja mendapatkan juga.