Salah satu pemain profesional Dota 2 asal Indonesia yaitu Rafli “Mikoto” Fathurahman merupakan salah satu pemain profesional Dota 2 terbaik di Indonesia. Bahkan pemain tersebut menjadi salah satu pemain yang paling banyak mendapatkan berbagai gelar turnamen nasional maupun internasional Dota 2 sejauh ini dari pemain profesional Dota 2 lainnya. Baru-baru ini Mikoto yang saat ini berstatus sebagai pemain Dota 2 dari tim Boom eSports berhasil mencatatkan raihan mengesankan secara individu.

Pemain yang biasanya mengisi posisi midlaner ini berhasil mencapai 10.000 MMR dari game Dota 2. Hal tersebut tentu saja sangat membanggakan bagi Mikoto sendiri karena dia merupakan orang Indonesia pertama yang menyentuh MMR setinggi itu. Selain itu ia juga menjadi orang ke-4 di SEA dan ke-6 di Dunia yang meraih MMR tertinggi tersebut. 

Melihat pencapaian Mikoto tersebut yang bisa dibilang sangat spesial, karena mencapai MMR 10 ribu di Dota 2 sangat amat sulit. Mikoto juga sangat beruntung bisa menjadi pemain profesional Dota 2 di Indonesia pertama yang mencapai pencapaian tersebut pada musim ini.

sumber : indozone.id

Terlepas dari pencapaian membanggakan yang ia raih di pro scene Dota 2 International, Mikoto mengatakan bahwa dirinya kemungkinan bisa saja pindah haluan ke game mobile yang sangat ramai di Indonesia jika dia merasa sudah tidak sanggup lagi untuk berkompetitif di pro scene Dota 2, hal ini dia katakan langsung kepada pihak SPIN beberapa waktu lalu.

Memang benar bahwa pasar game mobile sangat besar di Indonesia, mengalahkan game yang saat ini Mikoto tekuni yaitu Dota 2 yang termasuk game PC. Bahkan di Indonesia sendiri pro scene Dota 2 sudah sangat menurun dari tahun ketahun. Sudah banyak tim profesional yang membubarkan tim mereka karena menganggap scene Dota 2 di Indonesia telah hilang.

Semua hal tersebut digantikan dengan game mobile yang jauh lebih mudah dijangkau dan dimainkan dimanapun dan kapanpun. Sebut saja game Mobile Legends yang sangat ramai di Indonesia bahkan memiliki ribuan fans dari seluruh pelosok tanah air. Selain itu mantan pro player Dota 2 pun sudah banyak yang terjun ke game Mobile seperti R7, Acil, Rusman dan masih banyak yang lainnya.

Mikoto juga akan mengikuti jejak pemain lainnya yang banting stir pindah game mobile namun keputusan tersebut akan terlaksana jika dia merasa sudah tidak sanggup lagi berkompetitif di pro scene Dota 2. Bagaimana tanggapan kalian spinners? Jangan lupa stay dan kunjungi terus di website kita, untuk dapetin berita seputar eSports terupdate!