Bookmark(0)

Kontroversi Daryl Morey dan China berlanjut yang masih berlanjut, membuat NBA kini terlibat yang menarik komisaris Adam Silver didalamnya. Kini Silver mengatakan bahwa China meminta NBA memecat GM Rockets Daryl Morey.

Seperti yang spinners tahu Morey setelah ia tweeted yang isi nya dukungan dari demonstran pro-demokrasi di Hong Kong yang sudah di hapus. Namun, itu membuat China marah dan memberikan sanksi untuk NBA.

Walaupun Morey sudah mengklarifikasi itu hanyalah pendapatnya sendiri tentang Hong Kong bukan dari Houston Rockets ataupun NBA, tetap saja membuat NBA harus mengangkat bicara mengenai kejadian seperti ini.

China sebelumnya memberikan sanksi untuk para televisi pemerintah China dan Tencent, media partner utama dengan ESPN dan juga NBA di China mengatakan mereka tidak akan menampilkan pertandingan-pertandingan Rockets musim depan.

Photo via : businessinsider

Padahal NBA memiliki kesepakatan streaming itu senilai total $ 1,5 miliar selama lima tahun ke depan, Selain memblokir siaran Rockets di negara itu, sementara sponsor Rockets yang China berikan telah memutuskan hubungan dengan tim secara massal.

Kini dikabarkan kembali dengan Adam Silver yang mengatakan China meminta NBA untuk memecat GM Houston Rockets Daryl Morey karena tweet-nya yang mendukung para demonstran pro-demokrasi di Hong Kong.

“Kami diminta memecatnya oleh pemerintah China dan pihak-pihak yang memiliki kesepakatan bisnis yang kami tangani. Kami mengatakan tidak ada peluang yang terjadi, bahkan jika kami tidak akan memecatnya,” kata Silver pada TIME 100 Health Summit pada hari ini.

Silver sebelumnya juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia menghormati masalah Hong Kong dengan orang-orang China, tetapi NBA tidak akan menghukum pemain atau personel tim karena mengungkapkan pendapat mereka tentang masalah tersebut.

Ringer John Gonzalez melaporkan bahwa Rockets juga telah mendiskusikan apakah mereka akan memecat Morey atau tidak. Namun, Atletik Sam Amick berbicara kepada dua sumber itu dengan membantah laporan itu.

Kejadian ini membuat LeBron mengomentari kontroversi Morey itu dengan menyarankan agar selalu mempertimbangkan dampak dari tweetnya yang akan diunggahnya. Rachel Nichols dari ESPN melaporkan Silver mengadakan pertemuan dengan para pemain dari Brooklyn Nets dan Lakers ketika mereka berada di China.

Menurut Nichols, beberapa pemain yang berpendapat NBA kemungkinan akan didenda atau diberi sanksi kepada pemain yang melakukan sesuatu yang menyangkut NBA seperti halnya tweet Hong Kong.

Menurut spinners sendiri apakah NBA harus memecat Morey atau tidak??