Pada hari Rabu kemarin, Rudy Gobert dan timnya Perancis berhasil mengalahkan USA dengan score akhir 89-79 dan membuat Tim USA harus mengakhiri FIBA. Ini membuat munculnya pertanyaan apa penyebab kekalahan Tim USA atas Perancis ini?

Kalahan nya kemarin itu menjadi pertama kalinya sejak 2006 yang membuat tim USA tidak akan meraih medali dalam kompetisi internasional besar. Tim yang dipimpin oleh Rudy Gobert dan Evan Fournier ini, mengakhiri kemenangan beruntun Team USA dari 58 pertandingan non-eksibisi internasional.

Photo via : medium

USA tampaknya kewalahan menghadapi pemain center All-NBA Gobert dan Fournier dalam pertandingan quarter finals kemarin, Gobert sendiri berhasil mengumpulkan 21 points dan 16 rebounds dan Fournier menambah 21 points.

Ini membuat Tim Prancis maju ke semifinal untuk melawan Tim Argentina pada hari Jumat besok bersama Spanyol yang akan melawan Tim Australia. Ini munculnya pertanyaan apa penyebab kekalahan Tim USA?

Tetapi, seharusnya kita tak perlu terkejut dengan hasil ini. Itu dikarenakan jika kita melihat statistik Gobert yang bermain di NBA, dia adalah salah satu pemain terbaik yang ada di NBA.

Padahal dalam pertandingan itu rekan setim Gobert, Donovan Mitchell tampil sangat spektakuler untuk Tim USA. Dia membukukan points tertinggi di pertandingan dengan rata-rata 29 points, 4 assista, 6 rebounds.

Kemungkinan yang menjadi penyebab pertamanya adalah penekanan Gregg Popovich pada Harrison Barnes atas Khris Middleton yang terasa seperti pilihan aneh. Absennya Jayson Tatum selama sebagian besar turnamen karena cedera pergelangan kaki juga bisa menjadi alasannya.

Tim USA ini seperti mengulang kekalahannya pada tahun 2003 dan para superstar Amerika ini juga kemungkinan akan kembali untuk Olimpiade Tokyo 2020. Apakah USA Basketball akan membuat kekalahan kembali di turnamen besar Olimpiade Athena 2004??