Bookmark(0)

Semua mempertanyakan apakan salah satu pemain point guard Washington Wizards yang mendapatkan salah satu bayaran tertinggi di NBA atau yang sering disebut ‘kontrak maksimal’ pantas didapatkan oleh John Wall?

John Wall merupakan rekan setim-nya Bradley Beal yang memiliki performa cukup bagus, namun beberapa waktu lalu dirinya mengalami cedera Achilles yang cukup serius. Itu membuat dirinya kemungkinan harus absen pada musim depan.

Sebelum dirinya mengalami cedera Wall sempat menyetujui perpanjangan kontrak dengan Wizards, Wall ditawari perpanjangan kontrak supermax 4 tahun $170 Juta pada bulan Juli 2017. Kontrak supermax ini akan mulai dari musim 2019-2020. Inilah rincian kontrak John Wall sejak ia perpanjang kontraknya pada tahun 2017.

2017-18 – $18.063 Juta

2018-19 – $19.169 Juta

2019-20 – $37.800 Juta

2020-21 – $40.824 Juta

2021-22 – $43.848 Juta

2022-23 – $46.872 Juta

 

Wizards memberikan kontrak itu karena mempunyai alasan, yaitu John Wall merupakan pemain yang terpilih menjadi All-Star selama 5 kali sejak tahun 2014. Tak hanya itu dia juga memiliki statistik yang cukup bagus pada saat itu.

Photo via : washingtonpost

Wizards memberikan kontrak itu karena John Wall waktu itu adalah salah satu point guard terbaik di NBA. Ia merupakan pemain yang terpilih menjadi All-Star selama 5 kali berturut-turut sejak tahun 2014. Tak hanya itu dia juga memiliki statistik yang cukup bagus pada saat itu.

Tetapi setelah cedera yang didapatkannya membuat harus absen panjang, itu yang menyebabkan banyak orang meragukan kembalinya dan mengkritik Wizards tidak pantas memberikannya kontrak maksimal.

Tak hanya itu banyak yang menganggap nya sebagai salah satu yang terburuk di liga meskipun dirinya mendapatkan gaji yang besar dan mendapatkan kontrak maksimal. Kritik itu pasti muncul karena memiliki sebab, yang SPIN tau kemungkinan sebabnya ini.

Sejak Wall menandatangani kesepakatan itu, statistik dan performa Wall menjadi menurun drastis. Dia hanya bermain dalam 73 pertandingan dalam dua musim terakhir dan percentage shootnya 30,2% dari 3 points di musim 2018-19, itu statistik terendahnya sejak 2014-15.

Sumber : Youtube/Midnight Productions

Baru-baru ini Wall membantah kritikan-kritikan yang di dapatkannya itu, dia mengatakan “Semua orang pada meragukan apakah pantas saya mendapatkan kontrak itu, saya akan kembali dan menunjukkan kepada mereka bahwa saya pantas mendapatkannya.” 

Wall juga mengatakan dia sudah lebih dari siap untuk kembali bermain untuk membuktikan performa dirinya “Saya bukan orang ingin bermain untuk banyak tim,” kata Wall, melalui The Athletic.

“Mereka memberi saya kesempatan untuk bermain kembali, bukan tahun ini tetapi tahun depan. Jika saya tidak bermain dengan baik mereka bisa trade saya. Saya terima itu karena mereka memberi saya kesempatan dan membuktikannya pada mereka.”

Menurut spinners sendiri apakah Wizards masih pantas mempertahankan Wall kembali??