Setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan drastis mengenai pemain aktif mereka, kini Dota 2 telah kembali dimainkan oleh para gamer di seluruh dunia. Mereka kembali memainkan game moba pertama di dunia ini setelah meninggalkannya cukup lama.

Sebelumnya Dota 2 sendiri merupakan game MOBA yang dikembangkan oleh Valve dari versi sebelumnya, yaitu Dota milik Blizzard. Pada awal rilisnya game Dota 2 ini di platform Steam, banyak sekali orang yang ingin mencoba game ini. Di tahun 2011 Dota 2 belum dirilis secara terbuka ke seluruh Dunia, namun pihak Valve memutuskan untuk membuat turnamen tingkat dunia di Cologne, Jerman yang memiliki prizepool sebesar $1.600.000 yang dinamakan “The International 2011”’. Prize pool tersebut merupakan salah satu prize pool terbesar dunia Esports saat itu.

The International 2011 merupakan titik awal Dota 2 mulai dikenal oleh dunia. Dengan uang jutaan dollar yang bisa didapat hanya dengan bermain game, para gamer dari seluruh dunia tentunya tertarik untuk mencoba game tersebut kala itu, dan mulai saat itulah game Dota 2 memiliki pertumbuhan pemain yang amat banyak setiap waktunya. Kini The International series masih terus berlanjut setiap tahunnya, mempertemukan tim tim terkuat dari penjuru dunia untuk merebutkan total hadiah jutaan dollar, yang diketahui The International series terakhir, yaitu The International 2019, memiliki total hadiah sebesar 30 juta dollar Amerika!

sumber : forbes.com

Namun belakangan ini, Dota 2 mengalami penurunan pemain yang terbilang cukup besar terutama pada bulan November tahun 2019 lalu. Dengan total jumlah pemain Dota 2 yang hanya menyisakan menyisakan beberapa ratus saja pemain aktif. Angka ini merupakan yang terendah dalam 5 tahun terakhir sejarah Dota 2. Sejak tahun 2014 Dota 2 selalu memiliki rata rata pemain sebesar 400.000 pemain aktif, namun sekarang Dota 2 pada bulan ini tidak dapat menyentuh angka 400.000 rata rata pemainnya.

Namun kin Valve telah kembali tersenyum setelah mendapatkan kembali pemain aktif dari game Dota 2 mereka. Terhitung pada bulan Maret 2020 ini, menurut Data dari Steam Charts selama bulan Maret 2020 pemain aktif Dota 2 berhasil menyentuh angka 701.468 ribu pemain aktif lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya, data ini terhitung berdasarkan 30 hari belakangan ini.

Tentu saja ada banyak faktor yang membuat Dota 2 kembali dimainkan, salah satunya adalah system MMR yang kembali diperbarui oleh Valve, selain itu dampak virus corona juga membuat Dota 2 kembali dimainkan karena memaksa orang harus berdiam diri dirumah. Bagaimana tanggapan kalian spinners, Jangan lupa stay terus di website kita, untuk dapetin berita seputar eSports terupdate!

0 0 vote
Article Rating