Bookmark(0)

Setelah Chinese Basketball Association kemarin memberikan beberapa sanksi untuk Houston Rockets karena Daryl Morey, kini China dikabarkan batalkan pertandingan G League Rockets dan Mavericks.

Pertandingan yang dibatalkan oleh CBA ini adalah eksibisi G League antara Rio Grande Valley Vipers ( Houston Rockets) dan Texas Legends ( Dallas Mavericks) dikarenakan masih menyangkut kontroversi Daryl Morey kemarin.

Menurut Shams Charania dari The Athletic and Stadium melaporkan bahwa exhibition contests seharusnya dijadwalkan pada akhir bulan ini yang berlangsung di China.

Morey sendiri mendapat banyak kritikan selama akhir pekan setelah tweeting pesan yang mengatakan “Berjuang untuk Kebebasan. Berdirilah dengan Hong Kong.”

Photo via : Bob Levey/Getty Images

Dengan kejadian seperti itu membuat pemilik Rockets Tilman Fertitta untuk menjauhkan pernyataan Morey itu agar tidak menimbulkan masalah untuk tim. Morey juga mengeluarkan permintaan maaf pada China.

“Tweet saya tidak bermaksud untuk membuat marah kepada penggemar Rockets dan teman-teman saya di China,” tweeted Morey . “Saya hanya menyuarakan satu pikiran, berdasarkan satu interpretasi, satu peristiwa rumit. Saya telah memiliki banyak kesempatan sejak tweet itu untuk mendengar dan mempertimbangkan perspektif lain.”

“Saya selalu menghargai dukungan yang diberikan oleh para penggemar dan sponsor China, saya berharap mereka yang marah merasa tersinggung atau salah paham bukanlah niat saya. Tweet saya adalah milik saya sendiri dan sama sekali tidak mewakili Rockets atau NBA.”

Komentar yang Morey katakan itu telah menciptakan badai kontroversi di China, dengan sponsor dan jaringan televisi menarik diri dari hubungan mereka dengan Rockets. Rockets telah menjadi salah satu tim yang terkenal di Asia sejak bermainnya Yao Ming di 2002.

Adanya Ming menjadi superstar yang dipandang sebagai salah satu alasan terbesar untuk pertumbuhan di basket China. John Gonzalez dari The Ringer melaporkan bahwa pemilik tim itu sedang membicarakan penggantian Morey sebagai GM.

Tetapi laporan itu segera dibantah oleh Sam Amick dari The Athletic dan Marc Stein dari The New York Times yang mentweet bahwa tidak ada rencana bagi Rockets untuk memberhentikan Morey.