Pasti kalian tahukan bahwa NBA sedang mencari cara terbaik untuk mengembalikan musimnya, salah satunya caranya NBA dapat dilanjutkan dengan menyusun format untuk 20 tim bermain di babak playoff.

Konflik yang ada di NBA yaitu semua tim (30) bermain pada 82 pertandingan, empat putaran seri best-of-seven dan liga selesai dengan semakin banyak uang yang dihasilkan. Tapi semakin banyak tim yang terlibat dalam musim yang dilanjutkan, semakin tinggi risiko penyebaran virus corona di seluruh liga.

Itu sebabnya NBA sedang mempertimbangkan jalan tengah untuk kembali dan kini kabarnya NBA sedang menyusun format untuk 20 tim, yaitu dengan 16 tim playoff saat ini akan lolos ke babak grup, ditambah empat tim dengan rekor terbaik berikutnya.

BACA JUGA: Los Angeles Lakers Dapat Mengakuisisi Spencer Dinwiddie

Seperti yang dilaporkan oleh Kevin O’Connor dari The Ringer bahwa selain 16 tim playoff saat ini akan lolos ke grup stage, akan ditambah 4 tim lagi dengan rekor terbaik berikutnya ( Portland Trail Blazers, New Orleans Pelicans, Sacramento Kings, dan San Antonio Spurs ).

https://www.instagram.com/p/CArVqLbpZ__/

10 tim yang tersisa pada musim ini akan mengikuti survei yang dikirim ke masing-masing GM yang mencatat bahwa “tiers” pertama-tama akan dibuat menggunakan klasemen musim reguler untuk memastikan keseimbangan kompetitif antara group.

Grup kemudian dapat ditarik secara acak, dengan satu tim dari setiap tingkatan masuk ke setiap group. NBA sedang mengusahakan untuk menyeimbangkan group secara adil, seperti membatasi masing-masing group dengan hanya tiga tim Western Conference, menurut berbagai sumber front office.

BACA JUGA: Beberapa Hal Yang Membuat Harden Lebih Baik Daripada Curry

Gambar untuk penyisihan grup dapat disiarkan televisi, sumber liga mengatakan. Sebagai alternatif untuk memiliki grup yang dipilih secara acak, berbagai sumber liga mengatakan liga telah mempertimbangkan untuk mengizinkan tim Grup 1 : Bucks, Lakers , Raptors , Clippers untuk menyusun kelompok mereka sendiri.

Tim akan bermain lawan dalam kelompok mereka sendiri dua kali, artinya setiap tim akan memainkan delapan pertandingan. Dua tim dalam setiap grup dengan rekor terbaik akan melanjutkan pertandingan selanjutnya.

Berdasarkan klasemen saat ini, tingkatannya adalah:

Tier 1: Bucks, Lakers, Raptors, Clippers 

Tier 2: Celtics, Nuggets, Jazz, Heat 

Tier 3: Thunder, Rockets, Pacers, 76ers 

Tier 4: Mavericks, Grizzlies, Nets, Magic 

Tier 5: Trail Blazers, Pelicans, Kings, Spurs

Sistem ini akan memuaskan pemain di tim marginal seperti bintang Portland Trail Blazers Damian Lillard yang hanya ingin bermain jika game tersebut memiliki peluang untuk timnya. Rancangan draf dan peluang lotre harus dipertimbangkan kembali dengan fase grup 20 tim ini.

Apakah kalian  setuju dengan format 20 tim ini atau format sebelumnya yang menggabungkan kedua conference spinners?