ESL One Birmingham akan kembali hadir untuk kita semua di tahun 2020 ini, berlokasi di Birmingham Arena, akan ada 12 tim Dota 2 terbaik dunia yang akan ambil bagian dan bertanding di ajang ini. Selain itu event ini sendiri mempersiapkan total hadiah sebesar USD 300.000 atau setara dengan 4,3 miliar rupiah yang akan diperebutkan seluruh peserta. 

Para pecinta Dota 2 di Birmingham tentu sudah tidak sabar untuk menonton turnamen ini. 12 tim yang akan bertanding di Birmingham, datang melalui dua jalur: undangan dan kualifikasi antar wilayah. Delapan mendapatkan undangan langsung, dan empat lainnya lewat jalur kualifikasi. Empat wilayah yang mendapat jatah kualifikasi adalah Eropa, Tiongkok, Amerika Utara, dan Asia Tenggara.

ESL sendiri saat ini sedang sibuk mempersiapkan turnamen Major mereka di Los Angeles, yang mana turnamen tersebut sangat penting karena memperebutkan poin DPC di musim 2019/2020 ini untuk slot The International 10.

sumber : esl-one.com

Namun dibalik itu semua ESL sudah merencanakan akan membuat turnamen mereka diluar Major dan Minor, yang bernama ESL One Birmingham yang akan diadakan setelah major keempat, tepatnya pada tanggal 29-31 Mei 2020 mendatang. Turnamen ini sendiri merupakan turnamen ketiga yang telah dilaksanakan ESL.

Bermula pada tahun 2018 lalu, yang saat itu turnamen ini masih masuk kedalam major dan memperebutkan poin DPC. Pada saat itu sendiri tim kuat asal CIS yaitu Virtus Pro menjadi pemenang dari ESL ONE Birmingham 2018 dan membawa pulang hadiah sebesar 500.000 Dolar setelah mengalahkan Optic Gaming dengan skor 3-0 pada babak final.

Lalu pada ajang kedua dari turnamen ESL One Birmingham ini yang diadakan pada tahun lalu, Team Secret berhasil menjadi juara. Mereka berhasil membawa pulang hadiah sebesar 125.000 Dolar setelah berhasil mengalahkan Evil Geniuses di babak Grand Final dengan skor 3-2.

Meskipun pada tahun ini ESL One Birmingham bukan merupakan turnamen DPC, namun kehadirannya wajib kita tunggu, karena akan mempertandingkan tim-tim besar Dota 2 dari seluruh dunia. Jangan lupa stay terus di website kita, untuk dapetin berita seputar eSports terupdate!