Industri eSports merupakan industri yang saat ini sedang berkembang sangat pesat, termasuk di Indonesia industri ini sangat terlihat akan perkembangannya yang begitu cepat. Bahkan di Indonesia sudah ada banyak para pemain profesional suatu game untuk meramaikan industri ini. Maka dari itu Menpora saat ini yaitu Zainudin Amali berharap esports bisa menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) andalan Indonesia pada masa yang akan datang.

eSports sendiri menjadi pembicaraan banyak orang karena sangat menjanjikan bagi sebagian orang. Terdapat banyak profesi dalam industri ini, sebut saja menjadi pemain profesional di game tertentu, caster, Event Organizer dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu faktor generasi milenial sekarang yang lebih senang bermain game membuat eSports semakin mudah berkembang di dunia termasuk di Indonesia. Bahkan di Indonesia sendiri telah banyak dibuat badan-badan yang mengurus dan mengembangkan eSports di negri kita.

sumber : sports.okezone.com

Maka dari itu sangat banyak sekali bakat muda yang terus hadir dalam industri ini yang membuat persaingan dalam dunia eSports semakin sangat ketat. Bapak Menpora Indonesia saat ini yaitu Zainudin Amali sangat yakin hal tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu alasan mengapa cabang olahraga eSports Indonesia bisa diandalkan di ajang Internasional seperti Asian Games, Sea Games dan lain-lain, seperti yang dia katakan kepada pihak Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Hal ini menjadi angin segar bagi para orang yang ada dalam industri tersebut, karena pemerintah sudah mulai mendukung penuh perkembangan eSports di Indonesia. Terbukti dengan adanya ajang Piala Presiden eSports pada tahun 2019 kemarin dan tahun 2020 ini.

Ucapan Menpora ini mempunyai peluang sangat besar bisa terwujud, mengingat atlet eSports di Indonesia sangat banyak dan membuat persaingan semakin ketat. Terbukti beberapa waktu lalu Indonesia mengikuti ajang Sea Games 2019 yang mana mengirimkan sejumlah atlet eSports untuk kompetisi terbesar se-asia tenggara tersebut.

Hasilnya khusus dari cabang eSports Indonesia mampu mendapatkan dua medali perak dari cabang game Mobile Legends dan Arena of Valor. Bukan hasil yang cukup mengecewakan untuk pertama kalinya cabang eSports dipertandingkan di pesta olahraga internasional. Jangan lupa stay terus di website kita, untuk dapetin berita seputar eSports terupdate!