Bookmark(0)

Banyak pemain bintang di NBA memiliki gerakan khas mereka. Gerakan ini sangat mematikan karena walaupun defender nya tau apa yang akan pemain bintang ini lakukan tapi mereka tidak bisa menghentikan mereka. Ini akan sangat menghisap moral dari sang defender sendiri. Kita di Spin akan memberikan kalian daftar gerakan yang paling mematikan di NBA saat ini.

1. James Harden Step-back Three

Sumber : Youtube/MWV Highlights

Sebelum gerakan mematikan ini diciptakan, Harden adalah salah satu pendribble bola terhandal di NBA. Dia sering melakukan penetrasi ke basket dengan efektif. Kekuatan, kecepatan, dan kemampuan Harden untuk memanipulasi kontak membuatnya menjadi penetrator basket paling berbahaya di NBA. 

 

Ketika para defender mendapatkan cara untuk menghentikan gerakannya dan secara bertahap membuat gerakan penetrasinya kurang efektif, Harden menjawabnya dengan gerakan baru. Dia memanfaatkan lawan yang mentakuti drive ke arah basket dan membuat dirinya lebih berbahaya ketika menjauh darinya.

Step-back Three Harden bukanlah satu tembakan tetapi beberapa. Dia dapat menembak bola dengan bergerak ke kiri, kanan, diagonal dan lurus ke belakang. Memang kalau kita lihat gerakan ini kelihatannya sedikit illegal, tapi wasit di NBA mengerti bahwa ini masih boleh dilakukannya.

 

2. Stephen Curry 1-2 Pass and 3-Point

Sumber : Youtube/Coach Mike Shaughnessy

Menjaga Stephen Curry adalah tantangan besar, itulah sebabnya defender nya harus melawan kecenderungan alami untuk rileks ketika ia melepaskan bola. Karena, saat itulah Curry paling berbahaya.

Berkedip sejenak atau kehilangan fokus setelah Curry melepaskan bola, dan semuanya berakhir. Dia muncul di tempat lain, biasanya di sudut, siap untuk menembak three-point.

 

3. Giannis Antetokounmpo Eurostep Dunk

Sumber : youtube/BallHighlights

Giannis memiliki tubuh fisik yang luar biasa — tubuh panjang, kekuatan hebat, dan abilitas handal, yang menakutkan semua defender nya. Tetapi gerakan yang paling baik merangkum segala hal yang membuatnya mendapatkan MVP adalah Eurostep dunks nya.

Gerakan ini membutuhkan kecepatan, gerak kaki yang benar, pen-gocekan dan kekuatan yang mengejutkan. Meskipun gerakan ini kelihatan lamban dan gampang diprediksi, Giannis masih bisa mempercepat gerakannya dalam sekejap. Ini membuat defender nya mundur dan mendapatkan posisi defending yang tidak efektif. Dia juga adalah salah satu pemain yang bisa menyelesaikannya Eurostep ini dengan nge-dunk dengan menggunakan kaki yang salah. 

 

Giannis bisa mengalahkan pemain yang lebih besar besar dan melewati penjaga yang lebih kecil. Dia dapat gerak ke bawah basket hanya dalam beberapa langkah memanjang. Gerakan Giannis ini adalah sangat penting dalam membina potensi MVP ini.

 

4. Rajon Rondo Behind-the-Back Fake

Rajon Rondo fake pass nya adalah salah satu gerakan yang paling terkenal di NBA. Tidak banyak pemain di NBA yang memiliki kecepatan dan kegesitan seorang Rondo. Menurut Spin, gerakan ini akan menjadi salah satu gerakan yang ikonik di sepanjang sejarah NBA.

5. Chris Paul Snake Dribble

Sumber : Youtube/JacksonFrank

Chris Paul adalah salah satu point guard yang elit di NBA saat ini. Dia memiliki play pick-and-roll yang sangat efektif sekali. Setelah rekannya melakukan pick Paul langsung menyeberang ke belakang defender nya ke arah garis free throw, biasanya di siku kanan lapangan, sebelum menembak mid-ranger shot nya.

6. LaMarcus Aldridge Turnaround Jumper

 

Di jaman NBA saat ini, sedikit sekali pemain big-man yang bisa melakukan post-up moves dengan handal. Salah satu pemain yang sisa adalah LaMarcus Aldridge.

Aldridge menyukai sisi kiri lapangan, dan dia sangat berbakat untuk mengeksploitasi kecenderungan lawan untuk menyangkal pria besar ini jalan ke tengah jalur pada post-up. Anda tidak ingin seorang pemain tangan kanan di sisi kiri lapangan melakukan penetrasi basket di tengah dengan efektif dengan tangannya yang lebih kuat.

Aldridge dapat dengan cepat bergoyang ke arah bahu kirinya sebelum berbalik arah dan membalikkan ke kanannya ke arah garis dasar. Dengan pelepasan tinggi dan tubuh sedikit ke belakang, dia bisa menembak bola di sisi favoritnya melawan pemain lebih besar dan tinggi. 

Gimana nih menurut spinners siapa lagi yang memiliki gerakan yang paling mematikan di NBA?