Musim NBA kali ini menjadi sangat menarik sejauh ini, banyak tim memandang tahun ini sebagai kesempatan mereka untuk memenangkan Championship yang membuat mereka mencari rencana baru tahun ini. Warriors yang kini berada di posisi paling bawah, sebenarnya memiliki cara untuk bisa menciptakan dinasti kuat kembali.

Beberapa tim-tim di NBA yang sudah mulai membuat rencana untuk menghadapi playoffs nanti, seperti Los Angeles Clippers yang mendatang Marcus Morris & Reggie Jackson, Houston Rockets Robert Covington & Jeff Green dan Miami Heat yang mendatangkan mantan pemain Warriors Andre Iguodala dari Grizzlies saat trade deadline beberapa minggu yang lalu.

Tak hanya itu, tim lain seperti Los Angeles Lakers dan Boston Celtics juga sedang mencari pemain potensial untuk membuat daftar pemain mereka tim menjadi lebih kuat di free agency. Ada jawaban yang sangat jelas mengapa perlombaan gelar tahun ini tampak sangat terbuka. Warriors yang tampil dengan sangat buruk selama berjalannya musim ini, membuatnya menduduki posisi terakhir di Western Conference.

Setelah lima kali masuk ke babak final secara berturut-turut dan memenangkan tiga Championship, kini dinasti berakhir. Tetapi tenang saja, Warriors akan kembali menjadi salah satu franchise elit di NBA segera di tahun depan dengan memperhatikan beberapa point ini :

1. Cedera

Via : getty images

Musim ini adalah musim terburuk Warriors setelah mendapatkan begitu banyak penghargaan di musim-musim sebelumnya. Salah satu faktor Warriors unggul di lima musim berturut-turut dikarenakan para pemain superstarnya. ‘Splash Brother’ yang menjadi ikon Warriors ini menangani cedera sepanjang tahun.

Dan Steph Curry mengalami patah tulang pada tangannya saat tampil di game kempat Warriors musim ini tepatnya saat melawan Phoenix Suns. Klay Thompson yang akan absen hingga musim depan itu dikarenakan ia mengalami cedera ACL selama pertandingan keenam final tahun lalu melawan Toronto Raptors.

Tak hanya itu, pemain lainnya yang berada dalam daftar itu seperti Willie Cauley-Stein di trade Warriors ke Dallas Mavericks dan Kevon Looney juga mengalami cedera juga seperti Curry dan Klay. Ini memaksa Steve Kerr untuk mencari beberapa lineup yang cukup berpengalaman dan underwhelming musim ini untuk memperbaiki performa mereka.

Dan di musim depan, Golden State Warriors akan comeback karena duo backcourt mereka kembali dalam rotasi. Ini akan membawa mereka dari tim terburuk di musim ini segera kembali ke posisi atas klasemen Western Conference dan NBA.

2. 2020 Draft Pick

via : metro.us

Karena rekor dan penempatan mereka saat ini di posisi bawah klasemen NBA, kemungkinan Warriors akan berada dalam lotre NBA untuk draft 2020. Mereka saat ini diprediksi mendapatkan pick nomor satu di draft tahun depan. Ini akan memberi Golden State Warriors kesempatan untuk menambahkan pemain muda ke tim.

Pemain seperti James Wiseman, Anthony Edwards, dan LaMelo Ball bisa menjadi tambahan yang sangat berharga bagi Warriors dan menjadi aset masa depan mereka. Mendapatkan pick ini sangat penting bagi Warriors, jika mereka dapat pemain yang  bisa berkontribusi dan berkembang dalam sistem mereka, maka dinasti mereka tidak hanya akan kembali tetapi dapat bertahan selama beberapa tahun yang akan datang.

(Contoh: San Antonio Spurs menyelesaikan musim 1996-96, 59-23 dan berhasil mencapai babak kedua playoff tahun itu. David Robinson cedera, seperti Steph dan Klay, dan Spurs menyelesaikan 20-62 musim lalu di musim berikutnya Ini tahun yang buruk ketika Robinson merehabilitasi cederanya memberi San Antonio pick nomor satu dalam draft 1997, sehingga memberi mereka Tim Duncan. Dinasti mereka kemudian bertahan 20 tahun kedepan).

3. Trade Andrew Wiggins 

Ketika Kevin Durant trade ke Brooklyn Nets, Warriors kehilangannya tanpa imbalan yang pas dan harus melakukan trade kembali untuk mendapatkan point guard All-Star Brooklyn D’Angelo Russell. Dia adalah pemain yang bagus untuk Warriors dan membantu mengatasi tim saat tidak adanya Steph dan Klay.

Namun, sangat tidak mungkin jika Russell menjadi bagian dari rencana jangka panjang Warriors. Pada trade deadline kemarin, menjadi waktu yang tepat untuk Warriors membalikan Russell ke Minnesota Timberwolves untuk Andrew Wiggins dan first-round pick Minnesota 2021.

Itu dikarenakan Andrew Wiggins memiliki semua potensi di dunia sebagai first pick dalam draft NBA 2014. Dia telah mencatatkan karir yang baik sejauh ini, dengan rata-rata 19,7 points, 4,3 rebounds, 2,3 assists per game sepanjang enam musim pertamanya. Tapi Warriors berharap Wiggins bisa lebih baik lagi.

Dia adalah pemain wings atletik, jika Warriors dapat membawa Wiggins dan menghubungkannya dengan peran yang efisien dan efektif dalam daftar mereka, maka dia bisa menjadi bagian penting dari tim mereka. Jika Wiggins sendiri dapat menyesuaikan diri dengan pemain Warriors dan sistem permainannya, maka ia bisa menjadi kontributor yang baik bagi keberhasilan Warriors selama bertahun-tahun yang akan datang.

Mereka juga menerima first-round pick Timberwolves 2021 dalam trade D’Angelo Russell, yang berpotensi menjadi pick lotre tinggi yang menjadi peluang lain bagi Warriors untuk menambah pemain muda yang solid ke inti mereka.

4. NBA Free Agency 2021

Via : Dylan Buell/Getty Images

Golden State Warriors juga dikabarkan sudah siap untuk membuat perubahan besar dari free agency 2021. Mereka akan memiliki salary cap dan daftar pemain yang cocok untuk mendatangkan pemain dengan level maksimal. Di free free agency 2021 ada beberapa kandidat Warriors yaitu  Giannis Antetokounmpo, Kawhi Leonard, Anthony Davis dan banyak pemain bintang lainnya akan tersedia.

Kevin Durant telah menunjukkan bahwa Golden State Warriors mampu memikat pemain sekaliber itu. Jika Warriors dapat mengatur salary cap mereka sesuai dan menempatkan diri mereka dalam posisi untuk mendarat pemain superstar lain untuk dimasukkan bersama Steph, Klay dan Draymond, maka seluruh liga akan berada dalam masalah sekali lagi. 

Namun kini target yang paling paling masuk akal adalah adalah Giannis Antetokounmpo karena pemain seperti Kawhi Leonard dan Anthony Davis mungkin akan menandatangani ulang dengan Clippers dan Lakers.

Kesimpulan

Ada banyak yang bisa dilakukan Warriors untuk meningkatkan tim mereka di tahun-tahun mendatang. Kembalinya Splash Brothers Steph Curry dan Klay Thompson akan membawa perubahan. Penambahan Andrew Wiggins juga dapat memberi Warriors pemain lain dengan banyak ruang untuk tumbuh dan berkembang.

Dia bisa bermanfaat untuk Warriors dan mereka juga akan memiliki draft pick tinggi tahun ini yang memberi mereka kemampuan untuk menambahkan bintang muda ke dalam daftar mereka. Mereka juga dapat memindahkan pick itu sebagai bagian dari kesepakatan untuk mendapatkan lebih banyak pemain.

Mereka juga memiliki first-round pick Minnesota tahun depan dari trade Wiggins dan Warriors berharap itu akan menjadi pilihan lotre tinggi. Mereka juga akan memiliki kesempatan untuk menambahkan superstar lain ke daftar mereka selama musim panas 2021. Warriors mengalami tahun yang buruk tahun ini, tetapi ini hanyalah sementara karena Warriors akan kembali tahun depan dan seterusnya untuk melanjutkan dinasti mereka.