Bookmark(0)

Musim depan akan menjadi musim yang sangat penting untuk LA Lakers. Di offseason ini, mereka baru saja mendapatkan Anthony Davis dari New Orleans Pelicans untuk mendapatkan Davis Lakers harus mengirim banyak pemain muda yang berpotensi tinggi yaitu Lonzo Ball, Brandon Ingram dan Josh Hart.

Setelah mendapatkan Davis, Lakers mencoba untuk membangun Big Three di timnya dengan cara mendapatkan Finals MVP Kawhi Leonard. Tetapi sayangnya Kawhi memutuskan untuk pergi ke tim tetangga Lakers yaitu LA Clippers. 

Dengan demikian, Lakers harus membangun timnya dengan LeBron James dan Anthony Davis dan pemain-pemain lain yang mereka mereka miliki seperti DeMarcus Cousins, Danny Green dan Rajon Rondo. 

Pertanyaan terbesar Lakers adalah, apakah LeBron, Davis dan pemain roster Lakers saat ini mampu untuk memenangkan NBA Championship musim depan? Sepertinya mereka masih memerlukan star player satu lagi untuk mendorong tim ini menjadi juara.

Salah satu pemain yang sangat bisa menjadi bintang ketiga LA Lakers untuk musim depan adalah Kyle Kuzma. Walaupun, keberhasilan Lakers musim depan pastinya tergantung oleh duo LeBron dan Davis. 

Tetapi untuk mengharapkan mereka berdua saja akan sangat berbahaya. Jika salah satu dari mereka cedera atau lagi diistirahatkan saat bertanding, siapa yang akan memikul beban tim ini? Mungkin kalau DeMarcus Cousins balik bermain seperti All-Star ia bisa menjadi bintang ketiga Lakers, tapi apakah dia bisa tetap sehat sepanjang musim? Kelihatannya sulit.

Ini adalah musim ketiga untuk Kuzma, dan biasanya musim ketiga akan menjadi musim dimana pemain NBA menunjukan bahwa ia bisa menjadi star player. 

 

Photo Via: Yahoo Sports

SHOOTING

Sejak Kuzma beranjak di NBA pada musim 2017-2018, kita mengetahui bahwa Kuzma adalah salah satu pencetak ‘scoring’ yang sangat membantu. Dia mencetak rata-rata 16.1 points di musim pertama dan 18.7 points musim lalu yaitu musim keduanya. 18.7 points ini adalah rangking kedua di Lakers dibawah LeBron sendiri (27.4 points).

Kuzma yang memiliki tinggi badan 6’9″ (210cm) dia bisa bermain melawan pemain yang lebih besar atau pemain yang lebih kecil darinya. Masalah terbesar nya sekarang adalah, apakah ia bisa menjadi shooter yang konsisten? Di rookie season nya, dia mencatat 36.6% dari 3 pointer tetapi musim lalu dia hanya mencatat 30.3% dari 3 pointer. 

Karena Lakers akan sangat mengandalkan permainan pick-and-roll dari LeBron dan Davis, memiliki kemampuan catch-and-shoot ini akan sangat penting untuk Kuzma.

DEFENSE

Musim lalu, 48% tugas defensif nya adalah menjaga power forward dan center dan dia terlihat lebih nyaman menjaga big men daripada pemain kecil seperti point guard dan shooting guard. Walaupun defense nya Kuzma semakin baik tahun lalu, itu masih kurang untuk bisa menjadi bintang ketiga LA Lakers. 

Jika kita prediksi line up Lakers musim depan, LeBron kemungkinan besar akan menjaga power forward, Danny Green akan menjaga point guard Davis akan menjaga center. Kuzma yang memiliki kelemahan di gerakan lateral nya akan sulit mengikuti pemain yang lebih kecil daripada nya yang biasanya bermain di posisi shooting guard dan small forward. 

Pertanyaan terbesarnya adalah apakah Kuzma yang akan lebih tinggi daripada shooting guard atau small forward bisa menjaga mereka dengan baik? 

Bintang Ketiga?

Posisi terbaik untuk Kuzma sekarang adalah menjadi power forward. Di segi defense, dia mampu menjaga pemain di posisi ini dengan baik dan di segi offense, dia juga kelincahan yang lebih daripada pemain di posisi. 

Dari roster Lakers saat ini, di akhir pertandingan LeBron, Davis dan Green kemungkinan besar pasti diturunkan dan 2 pemain lagi masih dipertanyakan. Ekspektasi banyak orang adalah Kuzma akan menjadi salah satu dari 2 pemain ini.

Tetapi jika Kuzma tidak bisa menjadi shooter yang konsisten dan handal, DeMarcus Cousins mungkin bisa menjadi opsi yang lebih bagus. Jika defense Kuzma tidak membaik untuk menjaga pemain yang lebih lincah dan kecil darinya, mungkin Avery Bradley dan Kentavious Caldwell-Pope menjadi opsi yang lebih baik. 

Photo Via: NBA.com

Musim offseason ini akan menjadi musim yang sangat penting untuk Kyle Kuzma. Dengan kesempatan Lakers menjadi Juara yang tergantung dengan performa LeBron pada musim depan ini sangatlah penting untuk Kuzma untuk memperbaiki permainannya dan menunjukan bahwa berhak menjadi bintang ketiga LA Lakers.