Salah satu pemain point guard Toronto Raptors yang bergabung dalam daftar pemain Tim USA di FIBA World Cup 2019 yaitu Kyle Lowry, baru saja dikabarkan bahwa dirinya telah mengundurkan diri dari Tim USA.

Lowry merupakan salah satu pemain yang menjadi salah satu peran penting saat masuk ke babak playoff hingga ke Final NBA kemarin. Namun, dirinya kini ditinggal rekan setim-nya yang merupakan finals MVP memilih pergi bermain untuk Los Angeles Clippers.

Dirinya juga merupakan pemain tercepat yang mencetak points double digit dalam pertandingan NBA Finals, itu merupakan rekor terbaru yang ada di NBA finals. Menurut ESPN, Lowry mencapai point double digit hanya dalam waktu 2:12 pada Game 6 di Oracle Arena. 

Photo via : Nathan Denette/CP

Ini adalah rekor NBA Finals tercepat sejak merger NBA dari ABA pada musim 1976. Dengan itu pasti tidak membuat semua orang terkejut jika dirinya bisa terpilih menjadi salah satu daftar dalam Tim USA.

 

Tetapi baru-baru ini yang membuat semua orang terkejut adalah laporan Kyle Lowry yang mengundurkan diri dari Tim USA yang akan tampil di FIBA World Cup 2019 ini. Lowry sendiri secara resmi mengumumkan di Instagram bahwa ia tidak akan bermain untuk tim USA.

Pastinya Lowry memiliki alasan mengapa dirinya harus mengundurkan diri dari Tim USA, itu dikarenakan dirinya mengalami cedera pada bagian jarinya yang dialaminya saat melawan Philadelphia 76ers di babak playoff NBA musim ini.

Tiga minggu yang lalu Lowry dilaporkan baru saja selesai menjalani sebuah operasi pada ibu jari yang membuatnya belum cukup pulih untuk dirinya bisa berpartisipasi dengan USA Basketball di FIBA World Cup 2019.

 

Dengan itu, dikabarkan bahwa pemain guard Sacramento Kings yaitu De’Aaron Fox menjadi salah satu pemain yang diperkirakan akan menggantikan peran Kyle Lowry di Team USA. Karena Lowry tidak bisa mengambil resiko yang bisa memperburuk cederanya kembali.

Beberapa bulan terakhir juga banyak pemain yang mengundurkan diri dari Team USA seperti AD , James Harden , Damian Lillard dan Bradley Beal. Tetapi mereka bukan seperti Lowry, mereka mengundurkan diri dari tim untuk fokus pada mempersiapkan NBA musim reguler.