Bookmark(0)

NCAA adalah organisasi yang mengatur atlet siswa di perguruan tinggi di Amerika Serikat. Mereka baru saja membuat peraturan baru yang sulit untuk agent NBA yang ingin mewakili atlet mahasiswa basket yang mau beranjak ke NBA.  Peraturann baru untuk agen NBA dan prospek NBA ini sudah di berikan nama panggilan yaitu Rich Paul Rule.

Salah satu peraturan ini adalah, agent NBA yang mau mewakili atlet siswa ini harus memiliki gelar sarjana. Kriteria baru ini mengguncang dunia basket NBA dan di perguruan tinggi, dikarenakan ini akan mempersulit banyak atlet siswa basket untuk bisa beranjak ke NBA.

Pada intinya, aturan-aturan ini tampaknya ditujukan untuk menghapus orang-orang seperti Rich Paul yang tidak mempunyai gelar sarjana agar tidak tampil lebih awal untuk mewakili para pemain NBA.

Kenapa Rich Paul?

Rich Paul tidak memiliki gelar sarjana dan terkenal membangun karirnya setelah dia bertemu LeBron James di bandara Ohio. Saat itu Rich Paul sedang menjual jersey NBA dan LeBron membeli beberapa jersey dari Paul dan abis itu keduanya membangun persahabatan dan hubungan profesional. 

Sejak itu, Rich Paul menjadi agen untuk beberapa pemain bintang di NBA, seperti Anthony Davis Draymond Green dan Ben Simmons. 

Photo via : GettyImage

Mungkin juga NCAA marah kepada Rich Paul atas apa yang dia lakukan bersama Darius Bazley. Bazley adalah salah satu rekrut SMA yang memiliki potensi sangat tinggi.

Tetapi dia memutuskan untuk tidak bermain di perguruan tinggi dan mengambil internship bersama New Balance, dan juga di bayar $1Juta. NCAA pastinya tidak senang karena mereka tidak bisa memanfaatkan Bazley di sisi ekonomi NCAA. Darius Bazley di pilih nomor 23 di NBA Draft 2019. 

Kritikan Dari Media dan Pemain NBA

Pernyataan ini dilaporkan oleh Jon Rothstein dari Sports Illustrated yang mengatakan “NCAA telah secara resmi menambahkan beberapa persyaratan untuk agen yang ingin menjadi NBA Draft.”

Ternyata persyaratan harus memiliki gelar sarjana itu merupakan salah satu persyaratannya saja. Tetapi agen juga harus disertifikasi dengan NBPA selama minimal tiga tahun. Dan persyaratan terakhir agen harus mengikuti ujian secara langsung yang akan berlangsung di kantor NCAA di Indianapolis, Indiana.

Persyaratan ini juga membuat beberapa tokoh di NBA membantah persyaratan itu, seperti salah satu agen nya yaitu LeBron James menjulukinya “The Rich Paul Rule” sambil menyebut NCAA sebagai “BIG MAD and Scared.”

 

Tak hanya LeBron angen lainnya Paul juga mengomentari persyaratan yang dibuat ini dan Chris Paul mengatakan bahwa dirinya sangat ‘tidak setuju’ dengan keputusan NCAA.

Kemungkinan itu terjadi dikarenakan Rich Paul sendiri yang tidak memiliki gelar sarjana dan kritikan yang muncul seperti dari James yang sangat tidak suka dengan persyaratan itu karena dirinya langsung bermain di NBA tanpa harus mempunyai gelar.

Kalo spinners sendiri setuju ga nih dengan persyaratan yang baru ini??