Organisasi yang mengatur atlet siswa di perguruan tinggi di Amerika Serikat yaitu NCAA, baru saja membuat persyaratan baru yang dinamakan ‘Rich Paul Rule’. Kabarnya NCAA menghapus salah satu persyaratannya yang mengharuskan memiliki gelar sarjana.

Paul sendiri merupakan agent dari 2 pemain superstar superstar Los Angeles Lakers yaitu LeBron James dan Anthony Davis. Beberapa waktu lalu Paul sempat dikabarkan juga bahwa dirinya ditinggalkan salah satu agentnya yaitu Marcus Morris.

 

Rumornya Morris meninggalkan Paul itu dikarenakan kesepakatannya dengan Clippers yang gagal itu membuat Marcus Morris berpisah dengan sang agent yang dinilai tidak bekerja dengan baik.

Photo via : Getty Images for Klutch Sports Group 2019 All Star Weekend

Beberapa waktu lalu juga sempat membuat berita menjadi panas tentang Rich Paul yaitu NCAA baru saja membuat peraturan baru yang sulit untuk agent NBA yang ingin mewakili atlet mahasiswa basket yang mau beranjak ke NBA.

Tetapi baru-baru ini dikabarkan bahwa NCAA mengubah persyaratan ‘Rich Paul Rule,’ dengan menghapus salah satu persyaratan yang mengharuskan agent dari para atlet mempunyai gelar sarjana.

Pada intinya, persyaratan ini dibuat tampaknya ditujukan untuk menghalangi orang-orang seperti Rich Paul, yaitu agent yang tidak mempunyai gelar sarjana agar tidak tampil lebih awal untuk mewakili para pemain NBA.

Dalam sebuah artikel op-ed Rich Paul mengatakan “Dalam hal ini, mereka hanya membutuhkan gelar empat tahun hanya untuk menyelesaikan satu hal. Itu membuat mereka menjadi suatu hal yang cukup berat.”

“Sedangkan jika itu yang harus terjadi, apakah mereka bisa menilai itu pemain yang layak atau tidak?” Paul juga mengatakan bahwa dirinya tidak tahu apakah ini terjadi dikarenakan peristiwa Darius Bazley.

 

Bazley memilih untuk berhenti kuliah demi magang $ 1 juta di New Balance yang didirikan oleh Paul, yang memungkinkannya untuk berlatih menjadi draft NBA 2019. Itu menjadikannya pick No. 23.

Dengan peristiwa itu, banyak yang merumor kan bahwa NCAA memberlakukan persyaratan itu karena situasi Bazley. Menurut spinners apakah ini salah satu alasan NCAA membuat peraturan seperti ini??