Instagram Uji Coba Fitur Baru ‘Subscription’, Bayar Untuk Lihat Konten Influencer

Instagram uji coba fitur baru ‘subscription’, bayar untuk lihat konten influencer

Instagram memberi para influencer lebih banyak cara untuk menghasilkan uang di platform mereka dengan peluncuran fitur terbaru “Instagram Subscriptions”. 

Instagram subscription fitur
source; Forbes

Fitur tersebut, yang pertama diumumkan pada bulan November, sekarang secara resmi sedang dalam pengujian awal dengan sekelompok kecil influencer dari AS yang akan dapat menawarkan akses konten eksklusif seperti Instagram Stories dan Instagram Live ekslusif bagi para penggemar yang membayar biaya langganan per bulan.

Pelanggan juga akan menerima lencana khusus yang akan membantu mereka menonjol di bagian komentar dan DM influencer tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Fitur Ini?

Untuk fitur subscription ini, para influencer dapat memilih titik harga mereka sendiri untuk para penggemar dapat mengakses konten eksklusif mereka. 

Ada delapan poin harga yang dapat dipilih, mulai dari $0,99 (Rp14,000) per bulan hingga $99,99 (Rp 1.4 juta) per bulan, tergantung dengan yang diinginkan influencer. 

Sebagian besar influencer kemungkinan akan mulai dari bawah kisaran itu, pada titik harga seperti $0,99, $1,99, $2,99, $4,99 atau bahkan mungkin $9,99 per bulan, sebelum bereksperimen dengan harga yang lebih tinggi seperti $19.99, $49.99 atau $99,99 per bulan.

Instagram fitur subscription
source; Techcrunch

Setelah berlangganan, para pengguna akan dapat mengakses konten khusus ekslusif. Sebagai contoh, para pengguna yang berlangganan dapat ikuti Instagram Live influencer kesukaan mereka dan akan dapat terlibat lebih dalam dengan influencer karena jumlah penonton yang menonton Live eksklusif tersebut, tentu saja, lebih kecil. 

Di Stories khusus pelanggan, pembuat konten dapat membagikan hal-hal seperti konten behind-the-scenes, jajak pendapat khusus, dan banyak lagi. 

Para pengguna yang berlangganan akan dapat lencana ungu, dan ini akan membantu mereka menonjol dalam kolom komentar konten publik, dan akan membantu mereka diidentifikasi di folder DM influencer.

Meskipun telah ada laporan bahwa Instagram sedang mengembangkan teknologi yang akan mencegah konten eksklusif para influencer dari screenshot, Instagram memberi tahu TechCrunch bahwa tidak ada teknologi seperti itu yang tersedia selama fase pengujian awal ini. 

Tertarik dengan update alin tentang sosmed seperti Instagram? Baca juga: Meta Akan Gabungkan Instagram, WhatsApp, Dan Facebook Jadi Satu Aplikasi? Lihat Leak Ini!

Artikel Terbaru