Salah satu mantan pemain profesional Dota 2 terbaik didunia yaitu Sébastien ” Ceb ” Debs saat ini memang masih mengikuti pro scene Dota 2 meskipun di balik layar, Ceb sendiri memutuskan untuk pensiun jadi pro player Dota 2 team OG beberapa waktu lalu yang saat itu mengejutkan banyak pihak.

Meskipun dirinya telah resmi pensiun menjadi pemain, namun kini Ceb tetap bersama OG sebagai orang yang mendukung kesuksesan tim di balik layar. Ceb kini bertugas lebih memperhatikan timnya lebih detail seperti kesuksesan pada divisi CS:GO, Dota 2, merekrut para pemain-pemain eSports terbaik untuk bergabung dengan timnya dan masih banyak yang lainnya.

Pemain yang telah memutuskan pensiun ini beberapa waktu lalu diwawancarai oleh The Esports Observer mengenai banyak hal seperti mengapa dirinya memutuskan untuk pensiun di saat karirnya sedang dalam masa keemasan, rencana OG kedepannya dan masih banyak yang lainnya.

sumber : INDOZONE

Namun dari seluruh wawancara tersebut hal yang paling menarik adalah alasan keputusan dia tidak berjuang kembali bersama OG untuk merebut gelar TI ketiganya. Dia mengatakan bahwa jika kalian tidak menjuarai The International maka kalian pasti dianggap pecundang. Hal tersebut yang saat ini ditanamkan oleh para pemain kedalam pikiran mereka.

Pernyataan dari Ceb memang benar kenyataanya mengingat gelar The International merupakan gelar Dota 2 tertinggi di dunia yang mana itu merupakan tujuan dari para pemain yang terjun ke pro scene Dota 2. Sangat tidak mungkin sebuah tim Dota 2 hanya bermain di pro scene saja untuk mencari kesenangan, mereka pasti menargetkan gelar The International.

Dalam suatu podcast Position 6 bersama JoinDOTA beberapa waktu lalu Ceb menceritakan sedikit perjalanan karirnya yang cukup pahit, bahkan dia mengatakan bahwa pengalama tersebut sangat penting bagi dirinya hingga saat ini.

“Sepanjang karier yang saya alami, saya sudah pernah berada di kedua posisi yang di mana saya merasakan “di-kick” dan juga “meng-kick” pemain.

Karenanya saya sudah mulai mengerti ketika mendapatkan posisi sebagai pemimipin di suatu tim. Untuk OG Esports sendiri terkadang saya menjadi orang terdepan, tetapi kami juga memilih untuk lebih terbuka dan memperlakukan semua orang dengan merata.”

Ceb sendiri seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa dia telah memenangkan gelar The International dua kali dan secara berturut-turut, itu yang membuat Ceb dan pemain OG lainnya sangat spesial dari para pemain Dota 2 di dunia ini. Selain dua gelar tersebut masih banyak lagi gelar-gelar non-resmi dari valve yang telah dia menangkan yang pastinya tidak diketahui publik.

Bagaimana tanggapan kalian spinners, apakah kalian menyetujui pernyataan Ceb diatas? Jangan lupa stay terus di website kita, untuk dapetin berita seputar eSports terupdate!

Share to your friends