StarLadder Berlin Major 2019 adalah turnamen besar CSGO yang saat ini masih berlangsung. Namun diluar dari keseruan 24 tim yang pertandingan di StarLadder Berlin Major ini. Sebagian penonton kecewa dengan performa observer Berlin Major salah satunya s1mple, hal ini dapat terlihat pada saat pertandingan Vitality melawan Grayhound. 

Seperti yang dikatakan salah satu user di forum reddit CSGO, Sydadeath. Dia mengatakan: “Observer sering sekali tidak mengikuti aksi yang sedang terjadi. Pergerakan kameranya seperti pergerakan kamera yang di setting default.” Sydadeath menambahkan, “Tepat sebelum aksi yang akan terjadi, seharusnya kamera sudah siap untuk fokus ke salah satu player yang akan beraksi. Tapi dia (observer) sering sekali malah kelewatan moment-moment tersebut.”

StarLadder Berlin Major 2019 adalah salah satu turnamen berskala Major yang dimiliki game Counter Strike : Global Offensive. StarLadder Berlin Major 2019 juga merupakan acara akbar bagi komunitas CSGO di dunia. Mempertemukan 24 tim teratas dari berbagai belahan dunia yang telah lolos kualifikasi, menjadikan turnamen ini sebagai tontonan yang menarik untuk banyak orang.

Image result for simple navi

Sumber : liquipedia.net

Tidak hanya penonton awam saja yang berkomentar akan performa observer di Berlin Major, namun Oleksand Kostyliev atau yang lebih dikenal dengan pemain bintang CSGO, s1mple juga sempat berkomentar di akun resmi Twitter miliknya tentang performa observer Berlin Major tahun ini yang tidak nyaman untuk ditonton.

Dari pihak resmi StarLadder Major Berlin 2019 sampai saat ini belum menanggapi kejadian ini. Apabila mereka tidak memperbaiki hal seperti ini, sungguh disayangkan turnamen besar dan menarik seperti Berlin Major kali ini memiliki kekurangan yang cukup fatal untuk kepuasan penonton.

Namun StarLadder Berlin Major 2019 baru berjalan beberapa hari. Semoga kedepannya pihak StarLadder dapat membenahi masalah ini, dan tidak ada masalah lain agar fans CSGO di seluruh dunia dapat menikmati turnamen ini tanpa ada gangguan.