Salah satu game moba terpopuler di seluruh dunia yaitu Dota 2 memiliki pertandingan tersengit di dalam permainan mereka. Pertandingan tersebut bernama The International atau yang biasa dikenal dengan nama TI. Pada ajang ini seluruh tim akan bertanding menjadi yang terbaik hanya untuk menjuarai TI, yang mana itu merupakan mimpi bagi setiap pemain Dota 2 profesional dari seluruh dunia.

Selain itu The International sendiri merupakan turnamen eSports yang paling besar di dunia dengan hadiah setiap tahunnya melonjak naik. Lalu darimana uang hadiah tersebut berasal? Uang hadiah tersebut berasal dari para pemain Dota 2 sendiri yang memainkan game ini, dengan membeli item-item eksklusif dari game ini.

Untuk bisa bertanding dalam turnamen eSports terbesar ini, suatu tim diharuskan mengumpulkan minimal poin yang sudah ditentukan oleh Valve selaku pihak pengembang dari game Dota 2. Hal ini sudah berlangsung sejak lama bahkan sampai saat ini, dan sudah ada beberapa tim yang pernah bermain di kompetisi paling bergengsi ini.

sumber : talkesport.com

Lalu bagaimana cara mendapatkan poin yang cukup untuk slot The International? Caranya sangat mudah yaitu tim kalian diharuskan dapat bermain di ajang Minor atau Major selaku kompetisi resmi dari Valve dan memenangkan ajang tersebut. Lalu untuk poin yang harus diperebutkan bernama Poin Dota Pro Circuit‎ atau DPC.

Namun beberapa waktu yang lalu terdengar kabar yang mengatakan bahwa sistem untuk bisa lolos ke The International berubah drastis tidak seperti biasanya. Hal ini diumumkan oleh Liquid Dota beberapa waktu lalu setelah pertemuan antara  beberapa perwakilan tim top Dota 2 dari seluruh dunia dengan pihak Valve yang kabarnya membahas soal potensi struktur baru untuk Dota Pro Circuit 2020-21 musim depan.

Lalu apa saja perubahan tersebut? Kabarnya perubahan pada DPC di tahun 2020/2021 diantaranya adalah :

  • Tak ada lagi turnamen Minor
  • Turnamen Major hanya dilaksanakan tiga kali dari lima
  • Pada Regional League, ada dua tier untuk masing-masing region
  • Ada sistem promosi degradasi di kedua tier tersebut
  • Ingin masuk ke liga tier 2, harus mengikuti kualifikasi terbuka

Gimana tanggapan kalian spinners, setuju dengan perubahan ini? Jangan lupa stay terus di website kita, untuk dapetin berita seputar eSports terupdate!