LoL Worlds Championship, Event Esports Paling Berpengaruh Di Shanghai!

LoL Worlds Championship Jadi Event Esports Paling Berpengaruh Bagi Shanghai!

Kejuaraan tingkat dunia dari game League of Legends yang diselenggarakan di Shanghai, Cina dari 25 hingga 31 September 2020 lalu, meraih peringkat kedua sebagai acara olahraga dan peringkat pertama sebagai acara Esports paling ‘berpengaruh’ di kota tersebut, menurut laporan terbaru yang dirilis oleh The Shanghai Sports Bureau via The Esports Observer.

Acara tahunan tersebut dilaporkan berkontribusi sekitar US$ 4,6 juta atau sekitar Rp. 65 Miliar dalam memberikan efek ekonomi secara langsung dan US$ 483.000 atau sekitar Rp. 7 Miliar dalam pemasukan pajak, meskipun ada pembatasan untuk perjalanan dan pariwisata di negara itu.

BACA JUGA: Patch 2.2C LoL Wild Rift Hadirkan Champion & Event Baru!

Dibawah Shanghai Marathon

shanghai-maraton
Photo via CNN

LoL Worlds Championship sendiri berada persis dibawah ajang Shanghai Marathon yang menduduki peringkat pertama dalam daftar tersebut, menghasilkan US$ 7,6 juta atau sekitar Rp. 106,9 Miliar dalam memberikan efek ekonomi secara langsung dan US$ 818.000 atau Rp. 11,5 Miliar dalam pemasukan pajak.

Acara esports lainnya yang diselenggarakan di kota ini, termasuk Esports Shanghai Masters (Overwatch), Peacekeeper Elite Championship (PUBG), dan LPL Spring Split (League of Legends), juga masuk dalam 10 besar ajang olahraga paling berdampak di Shanghai.

Efek Penundaan Ajang Olahraga Populer

Shanghai Master
Photo via Shanghai Master

Meningkatnya peringkat Esports hampir pasti terhubung dengan adanya pandemi virus corona, yang menyapu China pada tahun 2020, yang mengarah acara olahraga popular lainnya untuk menunda atau membatalkan acara mereka.

Shanghai ATP Masters 1000 (tenis) dan F1 Grand Prix Cina (balap Formula Satu), yang berada di peringkat tiga besar acara olahraga paling berdampak tahun 2019, keduanya dibatalkan pada tahun 2020.

Worlds 2020 sendiri memang diadakan secara eksklusif di Shanghai untuk mengurangi perjalanan sepanjang turnamen karena memang didominasi tim-tim asal Cina. Riot Games, sebagai penyelenggara acara menggunakan sistem gelembung yang mirip dengan ajang playoff NBA 2020 untuk membatasi orang dari luar dan mencegah penyebaran virus corona.

Akan Kembali Diadakan Di China

LoL China
Photo via China Daily

Worlds 2021 diperkirakan akan berlangsung di Shenzhen, China pada akhir tahun ini seperti yang sebelumnya pernah dikatakan oleh Head of Esports Riot.

“Sepatutnya kami hanya kembali ke China, rumah bagi ajang LoL terbesar kami dan puluhan juta penggemar didalamnya untuk menghasilkan acara esports tertinggi di dunia di salah satu kota paling inovatif di China,” kata Head of Esports Riot, John Needham pada Januari lalu.

BACA JUGA: Build Item & Runes Kha’zix Terbaik di LoL Wild Rift 2021!

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk informasi lainnya, dan ikuti akun Instagram dan Youtube kita.

Aditya Pratama (Adityapr)
Aditya Pratama (Adityapr)
Penggemar berat game bergenre MOBA yang mampu bermain di segala posisi dengan hampir sama baiknya.

Artikel Terbaru