Pria Ini Beli NFT Untuk Rp 1 T, Mau Semua Orang Unduh Gratis, Kenapa?

Pria ini beli NFT untuk Rp 1 Triliun, mau semua orang unduh gratis, kenapa?

Pengusaha blockchain dan entrepreneur kelahiran India, Vignesh Sundaresan, yang juga menggunakan nama crypto MetaKovan, mendapat sorotan pada awal tahun ini ketika ia membayar rekor $69,3 juta (sekitar Rp 1 Triliun) untuk membeli seni digital karya artis yang bernama Beeple. 

Prices in 'bubble', artist Beeple says after his $93 million digital image sale to S'pore-based buyer, United States News & Top Stories - The Straits Times

Sekarang dia ingin semua orang mengunduh salinan token non-fungible (NFT) karya tersebut, yang bernama ‘Everydays: The First 5000 Days’ secara gratis.

Siapa Itu Vignesh Sundaresan?

Sundaresan adalah seorang pengusaha, entrepreneur, dan programmer yang berbasis di Singapura. Sedikit yang diketahui tentang Sundaresan, tetapi dia telah menjelaskan bahwa dia menemukan Bitcoin dan cryptocurrency pada tahun 2012 saat meneliti tentang cara merancang kode untuk mengotomatiskan transfer bank.

Setelah menemukan cryptocurrency, ia meluncurkan perusahaan pertukaran crypto online yang disebut Coins-E pada tahun 2013. Coins-E memungkinkan pelanggan untuk membeli dan menjual cryptocurrency.

Kenapa Mau Diberi Gratis?

Sundaresan menjelaskan bahwa dia membeli karya seni tersebut dengan harga yang sangat mahal untuk “menunjukkan kepada orang India dan orang kulit berwarna lain bahwa mereka juga bisa menjadi pemilik NFT” seni tersebut.

“Keindahan NFT adalah semua orang dapat menikmatinya”, kata pengusaha dan investor cryptocurrency India dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg News. Bahkan, dia akan senang jika semua orang mengunduh salinan “Everydays: The First 5000.”

Dalam wawancaranya bersama Bloomberg, Sundaresan jelaskan “Pada akhirnya, informasi ingin bebas. Anda bisa mencoba memiliki paywall, mencoba melakukan banyak hal, tetapi bahkan metode memiliki informasi atau data di dalam tempat berlindung dengan jenis keamanan apa pun, mereka tidak melakukannya dengan baik di internet.”

Beeple's NFT owner Vignesh Sundaresan 'happy' if people get it for free

“Apa yang dilakukan NFT, alih-alih memberi arti penting pada salinan file itu, itu semacam memberi arti penting pada sesuatu yang besar. Gagasan bahwa seseorang mendukung seorang seniman pada suatu waktu dan ini adalah kenang-kenangannya.”

“Tidak apa-apa untuk mengunduhnya. Saya senang jika seseorang mengunduh karya Beeple — The 5000 Days — semua orang di dunia,” jelasnya.

Sundaresan lalu menutup wawancaranya dengan menyatakan “Saya beruntung bisa menjadi bagian dari berbagai proyek yang, seperti Anda tahu, berkembang.” Dia lalu menambahkan bahwa dia telah membiayai pembelian Beeple dengan investasi pribadinya dalam cryptocurrency.

Tertarik dengan dunia NFT, cryptocurrency, dan metaverse? Baca juga: Alasan Bill Gates Menyatakan Metaverse Itu Penting Di Masa Depan!

Artikel Terbaru