NFT BAYC Berharga Rp 4,2 M Ini Terjual Untuk Hanya 42 Juta! Kok Bisa?

NFT BAYC berharga Rp 4,2 M ini terjual untuk hanya 42 juta! Kok bisa?

The Bored Ape Yacht Club (BAYC) menjalankan hanya 10.000 karya seni digital, masing-masing dengan variasi kecil. Karena terbatasnya, karya NFT BAYC selalu dijual untuk harga yang sangat mahal.

Namun pemilik Bored Ape nomor 3.547 melakukan kesalahan ketik besar saat mencantumkan NFT ini untuk dijual secara online.

Menurut sebuah laporan oleh CNET, NFT yang dijual seharga $3.000, sekitar 42 juta rupiah, seharusnya terdaftar untuk 75 Ethereum (ETH) sekitar $300.000 (Rp 4,2 miliar). Namun, pemilik NFT, yang menggunakan nama pengguna “maxnaut”, salah ketik dan memasukkan harga daftar 0,75 ETH daripada 75 ETH.

3547 - Bored Ape Yacht Club | OpenSea

Apa Yang Terjadi Pada NFT Ini?

Setelah kesalahan tersebut terjadi, sebelum bisa diperbaiki oleh Maxnaut, NFT ini, disebut sebagai Bored Ape nomor 3,547, langsung dibeli oleh seorang. 

Orang tersebut lalu jual kembali NFT ini dengan harga hampir $250.000, atau sekitar 3,5 miliar rupiah. Namun dengan kecepatan pembelian tersebut, transaksi ini tampaknya telah dilakukan bukan oleh akun orang tapi oleh bot, yang dapat dikodekan untuk segera membeli NFT yang terdaftar di bawah harga tertentu atas nama pemiliknya untuk memanfaatkan situasi yang tepat seperti ini.

Maxnaut Membalas

Setelah kejadian ini, pembuat BAYC, Maxnaut mendapatkan banyak pertanyaan mengenai kenapa dan bagaimana penurunan harga ini terjadi.  

“Bagaimana itu terjadi? Kurang konsentrasi, saya kira,” kata Max kepada CNET. 

“Saya membuat banyak daftar item setiap hari dan tidak memperhatikan dengan benar. Saya langsung melihat kesalahan saat jari saya mengklik mouse tetapi bot itu mengirim transaksi dengan biaya gas lebih dari 8 et [$34.000] sehingga langsung dipotong sebelum saya dapat mengklik batal, dan begitu saja, $250 ribu hilang.”

bored-ape

Meskipun membuat kasalahan tersebut, Max tampaknya tetap tenang. “Kadang-kadang kita mengacau, melakukan pembelian yang buruk, kehabisan bensin, atau mengirim Eth ke dompet yang salah,” tweetnya. “Itu akan terjadi. Tapi, membiarkannya memenuhi pikiran Anda bahkan untuk satu detik setelah Anda tidak dapat lagi mempengaruhi hasilnya adalah murni menyakiti diri sendiri dua kali.”

Untuk berita terbaru tentang dunia crypto, metaverse, dan NFT, baca juga: Pria Ini Beli NFT Untuk Rp 1 T, Mau Semua Orang Unduh Gratis, Kenapa?

Artikel Terbaru