TikTok Mengalahkan IG Jadi Medsos Terpopuler? Ini Hasil Survei!

TikTok mengalahkan IG jadi medsos terpopuler? Ini hasil survei!

Tiktok telah berhasil mengalahkan Instagram sebagai platform media sosial paling populer dan disukai oleh generasi muda, menurut sebuah survei dari Amerika.

Instagram, yang pernah merajai gelar sebagai platform media sosial paling populer selama bertahun-tahun, telah kalah sama TikTok setelah sukses besar nya dalam beberapa tahun terakhir. Dengan kejadian pandemi dan adanya lockdown, tampaknya popularitas TikTok hanya tumbuh sejak itu.

Hasil Dari Survei

Saingi TikTok, Instagram Kembangkan Fitur Story Vertikal | radaraktual.com

Sebuah survei di tahun 2021 dari perusahaan jasa keuangan AS, Piper Sandler, menemukan bahwa dari 10,000 remaja yang telah disurvei, hanya 22 persen remaja yang mengatakan bahwa Instagram adalah platform media sosial favorit mereka.

Ini adalah jumlah yang rendah dibandingkan pada tahun 2015, survei yang sama menunjukkan Instagram sebagai aplikasi media sosial terfavorit para remaja, dengan 33 persen peserta mengklaimnya sebagai favorit mereka. Pada saat itu, platform telah mengalami perubahan yang signifikan.

Namun, hasil dari survei 2021 ini menunjukkan bahwa TikTok telah menjadi platform media sosial terfavorit para remaja, dengan 30% dari 10,000 remaja tersebut memilih platform medsos tersebut.

Alasan Instagram Kalah Popularitas Dengan TikTok

Banyak yang klaim bahwa salah satu alasan terbesar mengapa Instagram bisa kalah popularitas dengan platform medsos Tiktok adalah karena Instagram telah menambahkan banyak updates dan fitur yang sejauh ini, tidak terlalu disukai oleh para pengguna.

Pada tahun 2016, platform ini memperkenalkan belanja in-feed dan beralih dari feed kronologis ke algoritme. Lalu, pada tahun 2017, Instagram memperkenalkan postingan yang direkomendasikan. Dan di tahun-tahun berikutnya, Instagram telah menjadi lebih banyak tentang e-niaga dan lebih sedikit tentang berbagi foto dan post dengan teman-teman para pengguna. Hari ini, umpan para pengguna dibanjiri dengan konten bersponsor dan kiriman yang direkomendasikan, sehingga sulit untuk melihat apa yang diposkan teman para pengguna.

Instagram Bersaing Dengan TikTok

Sempat Minder, Instagram Siapkan Fitur Reels Baru di Indonesia untuk Hadang TikTok

Untuk kembali bersaing dengan TikTok, Instagram telah membuat beberapa perubahan dan update baru lagi. Beberapa dari update tersebut tampaknya mengikuti fitur-fitur TikTok. Instagram meluncurkan Reels, sebuah format video vertikal yang cepat, pada Agustus 2020, dan mereka berencana untuk “menggandakan” produk video pada 2022. Instagram ingin melakukan segalanya — menjadi tujuan di mana pengguna membuat dan menonton video pendek konten video, seperti TikTok.

Tertarik dengan update lain mengenai Instagram dan TikTok? Baca juga: Bersaing Dengan TikTok, Instagram Akan Fokus Pada Konten Video Di Tahun 2022!

Artikel Terbaru