Tahun 2023, Bayar Pajak di Rio de Janeiro Bisa Pakai Bitcoin!

Salah satu kota terbesar di Brasil, yaitu Rio de Janeiro siap menerima pembayaran melalui bitcoin untuk membayar pajak real estat perkotaan atau bisa juga disebut dengan Imposto sobre a propriedade predial e teritorial urbana (IPTU).

Yap, Bitcoin adalah salah satu mata uang kripto yang sedang digemari oleh banyak orang. Bahkan, sudah banyak yang berinvestasi ke mata uang digital yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto ini, karena dianggap sangat menguntungkan.

Kini, Bitcoin (BTC) ingin diadaptasi oleh pemerintah Brasil untuk dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran pajak yang sah. Berita ini pun sudah dikonfirmasi oleh pihak terkait.

Mulai Tahun 2023, Kota Rio de Janeiro Terima Pembayaran Pajak Menggunakan Bitcoin!

Melansir dari Cointelegraph, alasan utama mengapa kota tersebut baru bisa menerima pembayaran pajak tahun 2023 adalah karena undang-undang pro kripto baru akan disahkan pada tahun 2023, seperti yang dikatakan oleh Sekretaris Pengembangan Ekonomi, Inovasi dan Penyederhanaan Rio De Janeiro, yaitu Chicão Bulhões.

Baca Juga: Deretan Negara yang Melarang Penggunaaan Kripto

Untuk mendukung inovasinya tersebut, pemerintah Brasil telah bekerja sama dengan Binance. Bahkan, Changpeng Zhao selaku CEO Binance mengkonfirmasi jika pihaknya akan membuka kantornya di kota Rio de Janeiro.

“Dia telah melakukan bagiannya. Kami sedang mengerjakan milik kami.” ungkap Changpeng Zhao.

Disisi lain, pemerintah kota Rio de Janeiro akan mengajak kerja sama beberapa perusahaan yang mampu mengubah aset kripto menjadi reais. Nantinya, seluruh hasil pembayaran pajak yang melalui Bitcoin akan masuk ke kas balai kota.

Rio de Janeiro Bitcoin
Photo: CryptoSaurus

“Untuk mengaktifkan operasi, pemerintah kota akan mempekerjakan perusahaan yang berspesialisasi dalam mengubah aset kripto menjadi reais. Dengan cara ini, Balai Kota akan menerima 100% dari jumlah dalam mata uang.” kata pemerintah kota Rio de Janeiro.

Dengan begini, maka kemungkinan besar Rio de Janeiro akan menjadi kota pertama yang mengizinkan mata uang Bitcoin sebagai alat pembayaran pajak yang sah.

Baca Juga: Terobosan Baru, Nemus Buat NFT Untuk Melestarikan Hutan Amazon

Sebelumnya, Gubernur Florida Ron DeSantis juga telah mengungkapkan keinginannya untuk menerima pembayaran pajak melalui Bitcoin. Namun, ia mengatakan jika pihaknya masih dalam tahap pengembangan terkait inovasi barunya tersebut.

“Kami sedang bekerja dan saya telah memberi tahu lembaga negara bagian mencari cara di mana jika sebuah bisnis ingin membayar pajak dalam cryptocurrency ke Florida, kami harus bersedia menerimanya,” kata DeSantis.

Artikel Terbaru