Akibat Phising, Artis Asal Taiwan Jay Chou Kehilangan NFT Bored Ape Miliknya

Jay Chou, seorang penyanyi sekaligus aktor asal Taiwan baru saja terkena musibah dimana ia kehilangan NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) miliknya, akibat serangan phising.

Kepopuleran Non Fungible Token (NFT) memang sedang dirasakan oleh semua orang di dunia. Kini, orang-orang berebut membeli NFT untuk dijadikan sebuah lahan investasi yang akan sangat menguntungkan.

Sayangnya, investasi yang bersifat digital itu memiliki sistem keamanan yang sangat rendah, sehingga aset milik beberapa orang sangat mudah dicuri oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

NFT Bored Ape Milik Jay Chou Raib Akibat Serangan Phising

Melalui akun Instagram miliknya, Jay Chou mengkonfirmasi jika ia telah kehilangan beberapa koleksi token digital miliknya. Awalnya, ia mengira ini hanyalah April Mop saja, namun setelah ditelusuri ternyata NFT miliknya benar-benar raib dicuri Scammers.

Baca Juga: Deretan Klub Bola yang Terjun ke Dunia NFT, Ada Klub Jagoan Kamu?

Akibat kejadian itu, ia merugi hingga 550 ribu dolar AS atau sekitar Rp 7,86 miliar. Adapun NFT yang dicuri adalah Bored Ape Yacht Club, Mutant Ape dan dua NFT dari Doodles.

Menurut laporan dari Etherscan, scammers telah berhasil menjual seluruh NFT hasil curiannya tersebut dan berhasil mengantongi keuntungan sebesar $390.000 atau setara dengan Rp 5,6 M (khusus BAYC).

Adapun metode yang scammers gunakan untuk mengambil NFT para korbannya adalah dengan cara membeli akun Twitter yang sudah terverifikasi dan melakukan sebuah penipuan dalam bentuk give away.

Mereka juga menggunakan bot untuk memancing para korbannya agar mau mengklik sebuah tautan yang tersambung ke sebuah situs phising. Dalam waktu yang singkat, para scammers pun berhasil menggasak beberapa aset digital milik korbannya.

Jay Chou NFT
Photo: DramaPanda

Tapi, gak cuma lewat Twitter saja guys. Para scammers biasanya juga menjalankan aksinya dengan menggunakan media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Baca Juga: DC Comics Akan Buat Batman Dalam Bentuk NFT, Apa Saja Kelebihannya?

So, untuk para pegiat NFT, kamu wajib meningkatkan kewaspadaan kamu yaa, jangan sampai aset yang kamu miliki menjadi korban phising selanjutnya, karena scammers akan terus ada dan mengintai pengguna NFT yang lengah.

Artikel Terbaru