Intel Hadirkan Chip Khusus Untuk Menambang Bitcoin, Lebih Hemat Energi!

Intel resmi menghadirkan chip khusus untuk menambang Bitcoin (BTC). Menurutnya, chip ini akan mampu menghemat energi dengan lebih baik lho! Penambang Bitcoin wajib punya nih.

FYI, Intel adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada pengadaan chip semikonduktor untuk mendukung performa pada sebuah komputer.

Kini, perusahaan yang berkantor pusat di Santa Clara, California, Silicon Valley ini telah melebarkan sayapnya dengan menghadirkan chip khusus untuk para penambang bitcoin bernama Blockscale ASIC.

Chip Khusus Menambang Bitcoin Resmi Dihadirkan Oleh Intel

Dikutip dari Theblockcrypto, Intel sudah menyematkan sebuah prosesor canggih berupa ASIC Hash Algorithm-256 (SHA-256) yang mampu menghemat energi berkat operasi tingkat hash yang mencapai 580 Gigahash per detik (GH/s). Alhasil, efisiensi energi dapat dirasakan hingga 26 Joule per Terahash (J/TH).

Baca Juga: WeChat Tindak Tegas Pengguna Aplikasinya yang Terhubung Dengan NFT

Jose Rios, selaku Manajer umum bagian Blockchain dan Solusi Bisnis, di Accelerated Computing Systems and Graphics Group Intel mengatakan jika chip ini mampu membantu perusahaan penambangan bitcoin dalam mendapatkan pasokan BTC yang lebih banyak untuk perusahaannya.

Chip Intel Bitcoin
Photo: EURO 24 NEWS

“Kami bangga berkolaborasi dengan dan memberikan solusi kepada perusahaan yang menciptakan ekosistem cryptocurrency yang lebih berkelanjutan secara global. Intel Blockscale ASIC akan memainkan peran utama dalam membantu perusahaan penambangan bitcoin mencapai tujuan keberlanjutan dan skala tingkat hash di tahun-tahun mendatang,” ungkap Jose Rios.

Hingga artikel ini publish, sudah ada beberapa perusahaan yang antri untuk membeli chip terbaru dari Intel ini, seperti Argo Blockchain, Block Inc, Hive Blockchain Technologies, dan GRIID Infrastructure.

Baca Juga: Toserba Asal Australia, OTR Sediakan Metode Pembayaran Menggunakan Kripto

Jika tidak ada halangan, Intel akan mulai memasarkan produknya ini pada kuartal ketiga tahun 2022. Namun, hanya perusahaan penambangan Bitcoin tertentu saja guys yang bisa ‘mencicipi’ performa dari chip Blockscale ASIC.

Artikel Terbaru