Artis digital “Pak” jual NFT seharga Rp 1,3 triliun, kok bisa?
Platform NFT, Nifty Gateway, baru saja mengadakan obral yang (secara teknis) menjadikan “Pak” sebagai artis hidup paling mahal. Acara tersebut berpusat di sekitar karya seni baru yang berjudul, The Merge. Dengan penjualan karya NFT ini, sekitar 28.983 kolektor menghabiskan senilai $91.806.519 USD, atau sekitar Rp 1,3 triliun, untuk membeli 312.686 unit total dari apa yang disebut sebagai “massa”.
Cara Penjualan NFT Baru
Salah satu alasan mungkin kenapa karya Pak ini dapat terjual untuk harga yang sangat mahal adalah karena metode penjualan yang sangat berbeda daripada penjualan karya digital atau NFT yang biasa.
Untuk menyerhadakannya, penjualan karya ini memungkinkan pelanggan potensial kemampuan untuk membeli “taruhan” yang dapat ditimbun menjadi “massa” yang lebih besar menjelang akhir.
Harga dasar untuk setiap “massa” dimulai dari $299 USD untuk pembeli yang sudah ada sebelumnya yang memiliki karya Pak. Harga ini kemudian meningkat menjadi $575 USD saat acara dibuka untuk umum dan dengan tambahan $25 USD setiap jam hingga penjualan berakhir.
Selain itu, Nifty Gateway juga menawarkan paket massal — di mana setiap sepuluh “massa” yang dibeli memberi mereka tambahan massa gratis — sementara semakin tinggi, katakanlah 1.000 unit, memberi Anda 300 tambahan, dan seterusnya.
Kolektor dengan massa terbanyak juga dapat membeli atau memperdagangkan nya sehingga menciptakan nilai NFT yang lebih tinggi.
Secara keseluruhan, jika semua 266.445 unit secara teoritis digabungkan menjadi satu karya seni, itu akan menelan biaya lebih dari Rabbit karya Jeff Koons (1986), yang menetapkan rekor lelang untuk karya yang dijual secara publik oleh seniman AS yang masih hidup pada tahun 2019 seharga $91 juta USD.
Siapa Itu Pak?
Pak adalah seorang seniman “digital artist” misterius yang suka bermain dengan potensi penuh NFT.
Koleksi “Fungible Open Editions” mereka, yang ditawarkan di Sotheby April lalu, juga bereksperimen dengan konsep akumulasi transformatif. Membeli satu token “Kubus” hanya akan menghasilkan NFT seperti kubus, tetapi jika seorang kolektor membeli 6 “Kubus”, mereka akan mendapatkan dua NFT, “5 Kubus” dan “Kubus”, yang keduanya secara visual berbeda.
Ada juga cara untuk membuat “Kubus” edisi khusus, termasuk dengan men-tweet #PakWasHere ke sebanyak mungkin pengikut. Proyek itu menghasilkan penjualan $17 juta, atau sekitar 244 miliar rupiah.
Untuk berita lain tentang dunia NFT dan uang crypto, baca juga: Platform Trading Kripto “BitMart”, Hilang Rp 2,8 Triliun! Kok Bisa?