Garena Call of Duty Mobile (CODM) baru saja merilis class battle royale (BR) terbaru yang bernama Smoke Bomber pada hari Jumat, 3 Juli 2020. Baru saja sebentar dirilis, class terbaru CODM Smoke Bomber ini sudah menjadi momok yang sangat menakutkan untuk dilawan di mode BR berkat kemampuan pengelihatan X-Ray nya yang dapat menembus pandang musuh yang terdeteksi di dalam asap Smoke Grenade.

Apakah class Smoke Bomber baru ini overpowered (OP)? Ataukah sebenarnya biasa saja? Bagaimana sih penggunaan yang efektif saat memakai class ini sehingga bisa dicap OP? Mari kita bahas dulu skill-skill dan cara mendapatkan class baru ini sebelum melakukan pembahasan mendalam.

Penjelasan mengenai skill aktif dan pasif

Cluster Smoke Grenade (Skill Aktif): Player dapat melempar smoke grenade spesial ke area yang cukup luas. Area tersebut akan tertutup asap tebal yang lebih luas dibandingkan dengan smoke grenade biasa. Musuh yang terperangkap di dalam area asap smoke grenade ini akan bergerak lebih lambat.

Smoke Perspective (Skill Pasif): Player dengan Smoke Bomber class dapat melihat musuh didalam asap smoke grenade seperti layaknya pengelihatan X-Ray. Musuh akan ditandai dengan warna merah, mirip seperti Scout Class, sehingga dapat dilihat dengan mudah oleh player yang menggunakan Smoke Bomber class. Tidak hanya itu, apabila player dengan Smoke Bomber class ditembak oleh musuh, player tersebut akan mendapat tambahan movement speed dan akan bergerak lebih cepat.

Smoke Bomber class CODM Battle Royale
Musuh yang terkena smoke grenade akan terlihat dengan warna merah

Cara mendapatkan class Smoke Bomber

Class baru Smoke bomber dapat didapatkan secara gratis dengan cara mengikuti event di CODM. Event ini akan berlangsung dari tanggal 3 Juli – 12 Juli. Jadi jangan sampai ketinggalan dan cepat dapatkan class baru ini dengan segera sebelum event nya selesai.

  1. Klik tombol “Event” di homepage CODM
    Langkah 1 cara mendapat smoke bomber
  2. Klik tombol “Featured” di halaman Event

  3. Klik “New BR Class Challenge” di halaman Featured Event
    Langkah 3 cara mendapat smoke bomber
  4. Ikut semua task sampai mendapat 100 point dan kalian akan mendapatkan class baru Smoke Bomber.

BACA JUGA: Semua yang harus kalian tahu tentang map baru “Livik” dari PUBGM

Cara menggunakan class Smoke Bomber dengan efektif

Nah setelah kalian sudah mengerti skill dan cara mendapatkan class Smoke Bomber ini. Mari kita mulai pembahasan untuk cara menggunakan class ini dengan efektif, sehingga pemain musuh yang menemui kalian di mode BR akan merasakan betapa OP dan menakutkannya class baru ini.

Counter class: Defender, Poltergeist, dan Trickster

  • Counter Defender: Defender memiliki skill untuk membuat musuh terkena stun dan buta disaat yang sama bila terkena skill defender di jarak dekat. Karena itu class defender menjadi momok yang menakutkan untuk 1 lawan 1. Tetapi dengan class Smoke Bomber, kalian hanya tinggal menunggu stun nya selesai dan langsung mengeluarkan skill aktif ke arah defender tersebut. Defender nya akan sulit melihat dan kalian akan dapat melihat bayangan merah lawan, jadi bisa langsung kalian tembaki.
    Smoke Bomber dapat melihat musuh di balik shield defender
  • Counter Poltergeist: Skill poltergeist dapat membuat player menjadi transparan dan sulit dilihat. Lalu bagaimana Poltergeist dapat dicounter oleh Smoke Bomber? Disaat musuh menggunakan skill aktif Poltergeist saat berdekatan dengan kalian, kalian akan mendapat proximity warning. Dnegan Smoke Bomber class hanya perlu melempar the skill aktif ke arah suara tembakan dari musuh. Kalau kalian melempar ke arah yang tepat, si Poltergeist tersebut akan terperangkap di dalam asap dan kalian tinggal menembakinya.
  • Counter Trickster: Class Trickster juga sering digunakan untuk mengelabuhi musuh dengan membuat bayangan-bayangan palsu untuk mengempung musuh. Saat bertemu Trickster kalian dapat menggunakan skill aktif dari class Smoke Bomber. Sebenarnya bayangan-bayangan palsu tetap terlihat seperti asli. Tetapi bayangan palsu Trickster tidak diperlambat oleh asap dari Smoke Grenade, hanya yang asli! Sehingga kalian bisa melihat sosok asli yang berjalan lambat dan langsung tembak saja.

Bisa untuk mendeteksi musuh yang mengumpat

Musuh yang mengumpat memang sulit dideteksi. Nah dengan class Smoke Bomber, kalian bisa melempar skill aktif kalian ke arah dimana musuh sedang mengumpat. Taktik ini biasanya sangat efektif disaat jumlah player sudah tidak banyak dan map semakin sempit. Apalagi dalam situasi satu lawan satu dimana tinggal kalian dan musuh yang tersisa. Biasanya musuh akan sangat sulit ditemukan dan kalian bisa diambush kapan saja. Tapi dengan skill aktif Smoke Grenade Cluster kalian dapat menemukan musuh yang bersembunyi dengan lebih mudah dan menembaki mereka setelah ketahuan.

Melawan full squad 4 orang dengan cara ambush

Buat kalian solo player atau squad yang tinggal tersisa sendiri, biasanya kalian akan sering bertemu squad musuh di tengah pertandingan. Melawan 1 squad penuh sangatlah sulit karena kalian bisa dikepung habis-habisan dan ditembaki dari banyak arah. Nah dengan class Smoke Bomber, kalian dapat mengumpat di tempat sempit dan menunggu squad tersebut jalan ke arah kalian. Saat squad tersebut sudah dekat, langsung gunakan skill Smoke Grenade Cluster ke arah squad tersebut. Squad yang biasanya jalan berbarengan tersebut akan langsung buta oleh asap dan kalian bisa langsung ambush mereka dengan menembaki satu squad tersebut.

Dapat digunakan untuk kabur ataupun beli waktu untuk melawan balik

Berbeda dengan situasi diatas, bisa saja kalian menjadi seseorang yang diambush oleh squad tersebut. Namun jangan panik! Dengan class Smoke Bomber, kalian dapat melempar Smoke Grenade ke arah tubuh kalian sendiri dan langsung lari mencari tempat aman untuk ngeheal. Ingat bahwa saat kalian ditembaki lawan kalian akan bergerak lebih cepat, sehingga melarikan diri bukanlah hal yang sulit saat asap sudah menutupi kalian. Nah tapi kalau spinners pede dengan skill kalian, spinners bisa melawan balik squad tersebut dengan cara mengitari mereka dari belakang.

BACA JUGA: RRQ Hoshi Berhasil Memecahkan Rekor baru. Apakah rekor yang dipecahkan?

Nah inilah tips tips cara menggunakan class terbaru CODM Smoke Bomber. Kami memprediksi bahwa class ini sudah tergolong dalam kategori overpowered (OP) yang mungkin suatu waktu akan di nerf oleh game developer. Karena itu, segera dapatkan class terbaru ini dan spam Smoke Bomber di mode BR rank mumpung masih sangat OP untuk dipakai.

Pengumuman tentang class baru CODM Smoke Bomber ini juga sudah dibahas di Facebook CODM Indonesia. Semoga dengan kehadiran class baru CODM Smoke Bomber ini, CODM dapat lebih berkembang lagi di Indonesia dan scene eSports nya bisa semakin seru dan terkenal seperti FF ataupun PUBG. Bagaimana tanggapan kalian spinners? Kalau kalian punya tips yang belum kami bahas di artikel ini, langsung saja komen dibawah ini. Jangan lupa kunjungi terus website kita, untuk dapetin berita seputar eSports terupdate dan ikuti Facebook kita!

Bagikan ke teman kalian