Semua Perubahan di Patch Notes 2.3 LoL Wild Rift!

Semua Perubahan di Patch Notes 2.3 LoL Wild Rift!

Patch 2.3 League of Legends (LoL) Wild Rift telah hadir, dan ada banyak sekali hal-hal baru yang pemain dapat nikmati di update ini.

Riot telah mendatangkan 2 Champion baru beserta dengan banyak penyesuaian untuk champion yang ada dalam game saat ini.

Beberapa fitur baru juga akan dirilis di update 2.3 Wild Rift yang akan meningkatkan kualitas bermain game MOBA tersebut.

Dibawah ini adalah daftar lengkap semua hal-hal baru yang datang di patch notes 2.3 LoL Wild Rift!

CHAMPION BARU DI PATCH 2.3 WILD RIFT

RIVEN, THE EXILE

Patch 2.3 Wild Rift
Sumber: Riot Games

Riven akan dirilis di Patch 2.3 Wild Rift tanggal 3 Juni pukul 07.01 WIB.

IRELIA, THE BLADE DANCER

Patch 2.3 Wild Rift
Sumber: Riot Games

Irelia akan dirilis tanggal 3 Juni pukul 07.01 WIB.

FITUR BARU

TEMAN DEKAT

Kamu dan teman terdekatmu kini bisa naik level bersama dan meraih gelar pertemanan! Kamu bisa mengundang hingga 20 teman menjadi teman dekat dengan salah satu gelar ini:

  • Rekan Ideal
  • Keluarga yang Kuat
  • Sekutu Tak Terpisahkan
  • Sahabat Terbaik

Setelah temanmu menerima undangan menjadi teman dekat, kamu bisa menaikkan level pertemananmu ke 4 tingkat yang berbeda dengan bermain bersama dan saling memberi hadiah.

Kamu juga bisa menelusuri linimasa memorimu saat bermain Wild Rift bersama-sama. Beberapa manfaat lain dari pertemanan di tingkat lebih tinggi adalah daftar champion bersama, pemberitahuan online, rentetan status pertemanan, dan status yang bisa dipamerkan ke pemain lain!

LANGGANAN TEMAN

Kamu juga bisa mengaktifkan pemberitahuan untuk tiga teman dalam daftarmu agar kamu tahu saat mereka online atau selesai bermain. Mereka juga muncul di bagian teratas daftar temanmu.

ALL RANDOM ALL MID (ARAM) KEMBALI

All Random All Mid kembali dirilis untuk tahap pengujian keduanya. Berdasarkan masukanmu, kami merilisnya lebih awal dari rencana sebelumnya. Jangan banyak berpikir, ini waktunya kembali bersenang-senang di Howling Abyss!

ARAM akan bisa dimainkan antara Juni hingga Juli.

PEMILIHAN CHAMPION

Dalam pemilihan champion Ranked, pemain bisa mengubah urutan draf mereka agar lebih sesuai dengan pemilihan dan pemilihan balik yang diinginkan.

PERALATAN JARINGAN

Kini kamu bisa memeriksa jaringan sebelum masuk ke dalam game menggunakan ikon di sebelah kanan atas layar utama. Selain itu, kamu bisa menjalankan uji jaringan berdasarkan game yang baru kamu mainkan. Gunakan ini untuk diagnostik masalah yang memengaruhi permainanmu!

4G/WIFI

Kami menambahkan opsi saluran ganda 4G/Wi-Fi bagi pemain yang ingin melesatkan koneksi dalam game mereka.

Harap diperhatikan: jika opsi ini aktif, kamu mungkin masih menggunakan sedikit data seluler saat terhubung ke Wi-Fi.

RUNE

Patch 2.3 memperkenalkan sejumlah perubahan pada rune untuk mendukung pengambilan keputusan pra-game yang lebih beragam. Baca selengkapnya di info sekilas rune Patch 2.3, atau lewati!

SKIN

  • Order of the Lotus Irelia
  • Arcade Riven
  • Arcade Kai’Sa
  • Arcade Sona
  • Battle Boss Ziggs

Semua skin akan dirilis di sepanjang patch. Skin 2.3 mendatang akan dirilis dalam patch selanjutnya.

AKSESORI

Kamu bisa mendapatkan atau membeli aksesori dengan berbagai cara. Kunjungi halaman dalam game untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkannya!

Bauble: Sharp and Deadly, You’ve Been Exiled, Button Masher, Snax Break, Squishable Fluft

Ikon: Maidens of the Blade, Fury of the Blade

Recall: Toppling Tufts

Semua aksesori akan dirilis di sepanjang patch.

EVENT

BROKEN BLADES

Yang patah akan ditempa kembali. Selesaikan misi bersama Riven dan Irelia, dan buka salah satu dari mereka gratis!

Event Broken Blades dimulai tanggal 3 Juni pukul 07.01 WIB.

PENYESUAIAN CHAMPION

AKALI

Stat Dasar

  • HP Dasar: 650 → 570
  • HP per Level: 115 → 125
    • Total HP di level 15: 2260 → 2320
  • Armor: 35 → 30

(1) Five-Point Strike

  • Energi: 95/90/85/80 → 130/110/90/70

(2) Twilight Shroud

  • Memulihkan 80 Energi
  • Meningkatkan Energi Total sebesar 80 saat shroud aktif

(3) Shuriken Flip

  • Damage dasar Shuriken: 40/80/120/160 → 30/60/90/120
  • Rasio AD Shuriken: 0,35 → 0,25
  • Rasio AP Shuriken: 0,5 → 0,3
  • Damage dasar Terjang: 40/80/120/160 → 70/120/170/220
  • Rasio AD Terjang: 0,35 → 0,5
  • Rasio AP Terjang: 0,5 → 0,8

(Ult) Perfect Execution

  • First Cast: Physical damage → Magic damage
  • [NEW] Rasio AP First Cast: 0,3
  • Rasio AP Second Cast: 0,5 → 0,4
    • Rasio AP Maks: 1,5 → 1,2

BLITZCRANK

Blitzcrank terasa kurang gesit, jadi penyesuaian ini membantunya melaju lebih cepat tanpa membuat mesinnya kepanasan.

(P) Mana Barrier

  • Cooldown: 80 dtk → 50 dtk

(2) Overdrive

  • Cooldown: 15 dtk → 12 dtk

CAMILLE

Kami membuat Camille lebih mudah digunakan dengan membuat tapcast Hookshot (3) otomatis menarget dinding. Ini membuat Steel Shadow bisa berfokus sepenuhnya untuk menghadapi musuh ketimbang bingung mencari posisi yang tepat.

(3) Hookshot

  • Tapcast kini mendeteksi medan di depan Camille dan menembak ke arahnya.
  • Tapcast tak akan digunakan jika tak ada medan di depan Camille.

DARIUS

Darius membabat musuhnya seperti pisau memotong mentega di awal game. Kami memangkas perolehan Attack Damage Darius saat mencapai tumpukan maks Noxian Might (pasif) pada beberapa level awal agar dia tidak terburu-buru menyelesaikan pertandingan.

(P) Noxian Might

  • Perolehan Attack Damage pada Tumpukan Maks: 29/43/57/71/85/99/113/127/141/155/169/183/197/211/225 → 22/30/38/46/58/70/82/94/112/130/148/166/186/206/226

DIANA

Dengan buff terbarunya, Diana tampak terlalu menonjol dalam game akhir-akhir ini. Kami membuat sedikit perubahan agar dia berusaha sedikit lebih keras sebelum bisa mendominasi lawan.

Stat Dasar

  • Health: 610 → 570

(P) Moonsilver Blade

  • Rasio AP: 0,6 → 0,5

(Ult) Moonfall

  • Damage Dasar Min: 175/225/275 → 150/200/250
  • Damage Dasar Maks: 350/450/550 → 300/400/500

FIZZ

Si Tidal Trickster tak ingin terpaku ke satu jalur saja, jadi kami memberinya sedikit buff agar dia bisa bermain sebagai jungler dan memiliki peran yang lebih fleksibel. Selain itu, Playful/Trickster (3) Fizz kini lebih berguna jika digunakan dengan tepat dan tak terlalu merugikan jika gagal.

(P) Seastone Trident

  • Damage Pasif Seiring Waktu kini menghasilkan 200% damage untuk monster netral

(3) Playful / Trickster

  • Mana: 95/100/105/110 → 85/90/95/100
  • Cooldown: 16/14/12/10 dtk → 15,5/13,5/11,5/9,5 dtk
  • Damage Dasar: 70/140/210/280 → 85/150/215/280

GAREN

Garen begitu tangguh hingga musuhnya gentar akibat ketahanan dan cooldown ultima yang pendek. Kami melemahkannya sedikit sehingga dia tak memonopoli gelar raja jalur Baron.

Stat Dasar

  • Pertambahan Health: 135 → 125
  • Pertambahan Armor: 6,4 → 5,8

(Ult) Demacian Justice

  • Cooldown: 65/60/55 dtk → 80/70/60 dtk

GRAGAS

Kebiasaan minum Gragas menjadi masalah. Dia mengabaikan banyak damage dan menimbulkan banyak kerusakan. Perubahan ini membantu si Rabble Rouser bermain dengan lebih sadar akan situasi di sekitarnya.

(2) Drunken Rage

  • Reduksi Damage Dasar: 10/13/16/19% → 8/11/14/17%
  • Damage HP Maks Target: 8% → 7%

KENNEN

Setelah debut yang sensasional, Kennen kini kesulitan menjaga popularitasnya. Kami memberinya sedikit suntikan energi agar dia mampu menjaga kilatnya lebih lama.

(1) Thundering Shuriken

  • Damage Dasar: 65/120/175/230 → 75/130/185/240

(2) Electrical Surge

  • Cooldown: 15/12/9/6 dtk → 12/10/8/6 dtk

KHA’ZIX

Menurut kami, mekanisme unik si Void Reaver perlu sedikit penyesuaian untuk mengimbangi laju permainan cepat dan peta lebih kecil di Wild Rift. Kami membuat targetnya lebih mudah dikunci agar Kha’Zix bisa lebih sering memuaskan ambisi predatornya.

(P) Unseen Threat

  • Radius Isolasi: 400 → 300

PANTHEON

Kami mengubah Grand Starfall (Ult) Pantheon agar lebih mirip dengan versi League PC untuk membantunya meraih momentum dan agar sang Unbreakable Spear punya lebih banyak opsi untuk membuat build AD murni tanpa harus mengumpulkan penetrasi AD.

(Ult) Grand Starfall

  • [NEW] Armor Penetration: 10/15/20%

RAKAN

Rakan terlihat kalah bersaing dibanding champion lain, jadi kami memberi buff pada stat dasarnya dan mengurangi cooldown shield miliknya. Harapannya sang Charmer mampu bertahan dan terus menari hingga akhir pertandingan.

Stat Dasar

  • Magic Resistance Dasar: 30 → 34
  • Magic Resistance per Level: 0,8 → 1,2
    • Total MR di Level 15: 41,2 → 50,8

(P) Fey Feathers

  • Reduksi Cooldown Shield pada Level 15: 17,6 → 14,8 dtk
    • 40/38.4/36.8/35.2/33.6/32/30.4/28.8/27.2/25.6/24/22.4/20.8/19.2/17.6s → 40/38.2/36.4/34.6/32.8/31/29.4/27.4/25.6/23.8/22/20.2/18.4/16.6/14.8s

RAMMUS

Farming jungle awal Rammus terlalu lambat meskipun penskalaan damage-nya terlalu tinggi. Kami menyesuaikan stat dasarnya agar dia bisa berkembang lebih cepat di awal game dan mengurangi damage agar dia tak terlalu kuat di akhir game. Jadi, kami berharap pemain tak membenci perubahan ini sebelum melihatnya beraksi.

Stat Dasar

  • Armor Dasar per Level: 5,1 → 4,7
    • Armor di Level 15: 117 → 111

(2) Defensive Ball Curl

  • Damage dasar Spiked Shell: 5/10/15/20 → 8/10/12/14

RENEKTON

Buaya gila bergigi tajam ini terlihat lesu karena terkubur tanpa makanan sedikit pun, jadi kami memberi Renekton sedikit damage dan buff heal. Tak ada yang mengira terjebak di bawah tanah selama ribuan tahun membuat gigi Renekton tumpul dan sedikit jinak.

Stat Dasar

  • AD Dasar: 64 → 70

(1) Cull the Meek

  • Heal Dengan Serangan: 4/6/8/10 → 6/9/12/15
  • Damage Dasar: 60/110/160/210 → 70/120/170/220
  • Rasio AD bonus: 80% → 90%
  • Peningkatan Damage Dasar: 90/165/240/315 → 105/180/255/330
  • Peningkatan rasio AD Bonus: 120% → 135%

TWISTED FATE

Dek kartu Twisted Fate kembali mendapat buff karena permainannya tak pernah konsisten di akhir pertandingan. Kami mengembalikan sebagian Attack Speed ke Stacked Deck (3) dengan menjadikannya versi pasif yang selalu aktif.

(3) Stacked Deck

  • [NEW] Attack Speed Pasif: 15/20/25/30%
  • Attack Speed Bonus Aktif: 55/70/85/100% → 40/50/60/70%

WUKONG

Wukong terlalu sering bermain-main dan tak mampu bersaing di jalurnya. Kami memberinya sedikit kekuatan di jalur agar dia berani keluar dari zona nyamannya di hutan. Selain itu, kami menambahkan mekanisme pengurangan cooldown pada Golden Staff (1) agar Monkey King mampu melawan targetnya lebih lama dan tak mencoba meledakkan mereka seketika.

(1) Golden Staff

  • Cooldown: 8/7/6/5 dtk → 8/7.5/7/6,5 dtk
  • [NEW] Kini memberi heal sebesar 10% HP Bonus
  • Serangan Wukong dan klon miliknya kini mengurangi cooldown Golden Staff hingga 0,5 detik

(2) Warrior Trickster

  • Cooldown: 16/14/12/10 dtk → 18/17/16/15 dtk

XIN ZHAO

Kit Xin Zhao sedikit usang; akan tetapi, teman kita di League PC berhasil melakukan perombakan kecil padanya. Kami membawa beberapa perubahan ini ke Wild Rift untuk membantu Seneschal of Demacia mengimbangi desain champion yang lebih modern.

Stat Dasar

  • AD Dasar: 64 → 58

(P) Determination

  • Jumlah Heal Dasar: 9,6 sampai 60 → 6,8 sampai 60

(1) Three Talon Strike

  • Damage Dasar: 25/30/35/40 → 20/25/30/35

(2) Wind Becomes Lightning

  • Sweep dan Strike kini menyerang sedikit di belakang Xin Zhao
  • Jangkauan Strike: 6 → 8
  • Cooldown: 12/11/10/9 dtk → 12/10,5/9/7,5 dtk
  • Rasio AD serangan kedua: 0,8 → 0,7
  • Strike sekarang menerapkan Challenged pada Champion/Monster dan membuat target terlihat selama 3 dtk
    • Jika beberapa target terkena, yang terjauh dari Xin Zhao akan terkena challenged
  • Damage minion dikurangi hingga 50%

(3) Audacious Charge

  • Jangkauan Penggunaan pada Target dengan Challenged: 5,5 → 8,5
  • Rasio AP: 60% → 80%

(Ult) Crescent Guard

  • Damage: 75/175/275 → 75/150/225
  • [NEW] Rasio AP: 80% AP
  • Durasi: 3 dtk → 5 dtk
  • [DIHAPUS] Serangan dasar dan spell memperpanjang durasi Crescent Guard

ZIGGS

Entah mengapa Hexplosive Expert sangat terobsesi menghancurkan bangunan, jadi kami mengurangi efek ledakannya sedikit.

Stat Dasar

  • Damage Pasif ke Bangunan: 200% → 150%

PERUBAHAN ARAM

ARAM CHANGES

ASHE

  • Damage dihasilkan: 0% → –10%

GALIO

  • Damage diterima: -15% → –5%

JHIN

  • Damage dihasilkan: 0% → –10%

JINX

  • Damage dihasilkan: 0% → –5%
  • Damage diterima: 0% → 5%

KHA’ZIX

  • Damage dihasilkan: 0% → 15%

NASUS

  • Damage dihasilkan: 0% → –10%
  • Damage diterima: -15% → -5%

RENEKTON

  • Damage dihasilkan: 0% → 10%

RENGAR

  • Damage dihasilkan: 0% → 15%

SERAPHINE

  • Shield: 15% → 20%
  • Heal: 15% → 20%

SINGED

  • Damage diterima: -15% → -5%

SONA

  • Damage dihasilkan: -15% → –20%
  • Damage diterima: 15% → 20%

ZIGGS

  • Damage dihasilkan: -10% → –15%
  • Damage diterima: 10% → 15%

PERUBAHAN PERMAINAN

ITEM

BLACK CLEAVER

Trinity Force membuat Black Cleaver sering terlupakan. Kami memberinya sedikit kekuatan agar di patch 2.3 Wild Rift item ini lebih cocok dengan laju permainan yang cepat dan menambah variasi jalur build item.

  • Attack Damage: 30 → 35
  • Reduksi Armor per tumpukan: 4% → 5%
  • Tumpukan maks: 6 → 5
  • Total reduksi armor: 24% → 25%

DEAD MAN’S PLATE

Deadman’s Plate terasa terlalu kuat karena utilitasnya yang tinggi, jadi kami mengurangi ketahanan tank standar miliknya agar lebih seimbang.

  • Health: 300 → 225

DUSKBLADE OF DRAKTHARR

Gaya bermain Assassin AD kurang bisa diandalkan, jadi kami menyesuaikan item damage andalan mereka untuk meningkatkan konsistensi permainan mereka.

  • Attack Damage: 50 → 55

MAW OF MALMORTIUS

Maw terasa lemah sebagai peralatan pertahanan dan penyerangan hibrid, jadi kami menyesuaikan item ini agar sepadan dengan harganya.

  • Harga: 3200G → 3000G
  • Magic Resist: 35 → 45

TRINITY FORCE

Trinity Force berfungsi dengan baik, bahkan terlalu hebat untuk champion yang sangat mengandalkan Attack Speed. Untuk sedikit menekan dominasinya, kami mengurangi kekuatan item ini.

  • Attack speed: 40% → 30%

RUNE BARU

Kami menerapkan sejumlah perubahan dan upgrade pada rune yang ada saat ini untuk membantu meningkatkan variasi pada persiapan pra-game. Untuk informasi selengkapnya dan konteks perubahan ini, baca artikel sekilas tentang 2.3 terbaru.

[NEW] RUNE DASAR: PHASE RUSH

Menghantam champion dengan 3 serangan atau ability berbeda dalam 3 detik memberikan lonjakan Movement Speed dan slow resistance dalam jumlah besar.

[NEW] RESOLUSI: BONE PLATING

Setelah menerima damage dari champion, 3 ability atau serangan champion berikutnya kepadamu menghasilkan damage lebih sedikit.

[NEW] RESOLUSI: SECOND WIND

Dapatkan regenerasi health yang lebih tinggi. Selain itu, setelah menerima damage dari champion musuh, regenerasikan sebagian health yang hilang. Efeknya digandakan untuk champion melee.

[NEW] RESOLUSI: ADAPTIVE CARAPACE

Dapatkan maks health bonus dan juga pertahanan lebih tinggi saat health di bawah 50%.

PERUBAHAN RUNE

DOMINASI: GATHERING STORM

  • Stat bonus: 2 AD atau 4 AP tiap 2 menit → 2 AD atau 4 AP / 5 AD atau 10 AP / 9 AD atau 18 AP / 14 AD atau 28 AP […] tiap 3 menit

DOMINASI: CHAMPION

  • Damage bonus: 10% → 8%
  • Damage bonus hilang saat mati: 5% → 4%

RESOLUSI: FONT OF LIFE

  • Menghambat gerakan champion musuh akan menandai mereka. Sekutu yang menyerang champion yang ditandai akan menerima heal seiring waktu → Menghantam champion musuh dengan serangan atau ability akan menandai mereka. Saat sekutu atau kamu menghasilkan damage pada champion yang ditandai, heal diberikan pada sekutu dan champion sendiri. Tiap sekutu bisa memicu heal ini satu kali per tanda.

RESOLUSI: CONDITIONING

  • [UNCHANGED] Mendapatkan 8 Armor dan Magic Resist bonus setelah 5 menit pertandingan.
  • [NEW] Tiap 2 menit setelahnya, mendapatkan 2 Armor dan Magic Resist bonus.

INSPIRASI: SWEET TOOTH

  • [NEW] Memberikan gold bonus saat kamu atau sekutu di sekitar memakan Honeyfruit.

INSPIRASI: MASTERMIND

  • Gold bonus dari monster atau turret: 100 G → 120 G
  • XP bonus dari monster atau turret: 500 → 0
  • Damage ke turret: True damage → Adaptive damage

DIHAPUS

  • Rune Dasar: Kleptomancy
  • Resolusi: Backbone
  • Resolusi: Regeneration
  • Resolusi: Spirit Walker

PERUBAHAN TAMBAHAN

  • Hadiah champion kini ditampilkan di papan skor
  • Cooldown item sekutu kini ditampilkan di papan skor
  • Untuk Ranked, papan skor secara otomatis diurutkan sesuai posisi yang dipilih
  • Memperjelas UI petunjuk jalur untuk Ranked
  • Pemain akan menerima pemberitahuan di kotak chat saat sekutu terputus dari game
  • Membuka menu pengaturan kini akan membuka halaman yang terakhir kamu akses
  • Meningkatkan jarak yang dibutuhkan untuk membatalkan tindakan hingga 20% saat menggunakan pengaturan Metode Batal Aksi Alternatif
  • Mempercepat pemuatan ke dalam game dari lobi hingga kurang lebih 20%
  • Mengurangi masalah video tersendat untuk beberapa perangkat berspesifikasi rendah
  • Menyederhanakan aset saat dimuat dan diterapkan untuk mengurangi jejak memori
  • Mengoptimalkan memori runtime untuk perangkat dengan spec rendah
  • Layout halaman event sudah dioptimalkan agar beberapa jenis event berbeda bisa dikelompokkan dan ditampilkan bersama sehingga mudah diakses
  • Ikon halaman event kini menggunakan tampilan dinamis event yang berlangsung
  • Pengumuman “turret sedang diserang” tak akan disampaikan lebih sering jika turret yang sama diserang.
  • Pengumuman “turret sedang diserang” tak akan disampaikan lebih sering jika turret yang sama diserang.
  • Pengumuman “turret sedang diserang” tak akan… hanya bercanda kok.

Itulha semua perubahan di Patch Notes 2.3 LoL Wild Rift! Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk informasi lainnya, dan ikuti akun Instagram dan Youtube kita!

Artikel Terbaru