Membahas soal makro, ternyata sampai sekarang masih ada beberapa sobat Mobile Legends yang awam mengenai kata tersebut. Jika dijelaskan secara singkat, Makro adalah kemampuan player dalam mengamati hal-hal besar yang terjadi di pertandingan. Makro lebih mengandalkan naluri dan pikiran daripada kecepatan jari.

Makro biasanya meliputi kesadaran mini map, prioritas pengambilan objektif, sadar akan lawan yang mencoba nge gank, hingga fokus split push atau ikutan teamfight.

BACA JUGA : Tanggal Rilis Event Nostalgia MLBB Februari 2021

Biasanya, pemain yang sudah menguasai makro secara baik akan bermain cukup rapih karena pengambilan keputusan yang dilakukan selalu penuh perhitungan baik untuk kabur, memulai war atau bermain secara rusuh. Selain hal tersebut, penggunaan mikro yang baik bisa ngebuat Spinners susah untuk diciduk dan mudah untuk menciduk hero lawan.

Nah, rata-rata player dengan makro tinggi ini biasanya adalah role Support dan Tank. Perannya sebagai observer yakni membuka map serta memberikan bantuan memaksa mereka harus peka terhadap posisi rekan-rekannya, utamanya hero core yang ada di tim-nya.

Menurut SPIN Esports, RRQ Vyn adalah simbol dari player yang sudah mencapai kemampuan makro skill yang sangat tinggi. Bahkan Donkey pernah mengatakan bahwa ia sampai mengitung tinggal berapa detik lagi cooldown skill lawan sehingga bisa menghitung timing untuk memulai teamfight.

Lalu, apakah skill Makro ini bisa dipelajari? Bisa banget, SPIN Esports bakal ngasih tau tips dan trik untuk Spinners bisa menguasai makro dengan baik. Disimak ya!

Cara Meningkatkan Skill Makro

1. Latihan Memerhatikan Mini Map

Cara latihan ini bisa dibilang cukup mudah, kalian hanya perlu memerhatikan map yang ada di dalam game secara seksama, terutama fokus terhadap pergerakan dari midlaner lawan (tank, support, jungler) untuk mengetahui pergerakkan apa yang akan dilakukan mereka. Biasanya hal ini disebut dengan Map Awareness.

2. Perhatikan Timing

Dalam permainan game tipe MOBA, kalian harus pinter-pinter dalam manajemen waktu karena dalam game ini waktu berjalan sangat berharga meskipun itu hanya satu detik. Kalian harus memperhitungan waktu spawn Buff, Turtle hingga Lord agar mereka tidak diam-diam dicuri oleh lawan.

Ketika kalian sudah ahli dalam timing ke 3 objektif tersebut, kalian juga perhatikan apakah lawan sudah menggunakan skill-skill mereka yang memiliki cooldown lama? Bila ya kalian akan lebih percaya diri untuk memulai teamfight.

BACA JUGA: 5 Hero Tank Mobile Legends Yang Bisa Dengan Mudah Rusuh Buff Lawan!

3. Pilih Hero yang Tidak Perlu Farming & Ribet Mekanik

Hero yang membutuhkan farming dan mekanik tinggi, akan membuat kalian harus membagi fokus antara makro dan mikro. Apalagi sebagai user tank atau support, pakailah hero yang kalian sudah sangat kuasai sehingga kalian bisa fokus menjalankan skill makro kalian tanpa perlu memikirkan hal mikro.

Sehingga kalian memiliki waktu yang cukup banyak untuk membuka vision map dan rotasi sana sini untuk mengamankan objektif. Sehingga agar core kalian fokus dengan farming dan bisa bermain lebih agresif tanpa harus takut terciduk oleh hero lawan.

4. Mempertajam Insting

Nah, hal ini sering banget disebut dengan Decision Making atau keputusan yang bakal diambil. Contohnya, dalam membuka war kalian harus memastikan hero-hero rekan kalian sudah siap dengan ultinya lalu apabila ingin melakukan Lord juga harus dipastikan tidak ada hero lawan yang mengganggu tentunya semua itu harus diperhitungkan secara baik.

Contohnya tank dengan makro yang buruk akan melakukan inisiasi baik tetapi tidak ada follow up dari tim nya karena tank tersebut berjalan terlalu jauh dari rekan lainnya.

5. Analisis Gameplay

Disini kalian bisa menganalisa gameplay yang dimainkan oleh Pro Player dalam bermain baik langkah yang diambil terus rotasinya akan kemana. Tetapi, yang paling efektif ialah menganalisa pertandingan diri sendiri karena biasanya kita akan sadar setelah melihat kesalahan kita sendiri.

Dengan menonton replay kalian sendiri, contohnya kalian bisa belajar mengapa kalian bisa tidak sadar kalau satu tim sedang nge gank kalian saat kalian sedang push.

Keuntungan Menguasai Skill Makro

1. Kalian akan sulit digank oleh lawan

Tentunya ketika kalian sudah peka terhadap map dan mampu membaca arah pergerakan serta rotasi lawan kalian akan sulit banget digank karena kalian sudah bisa mengantisipasi hal tersebut.

Orang dengan makro tinggi terasa seperti bermain catur. Kalian dapat menebak gerakan lawan sebelum mereka melakukannya, sehingga kalian bisa mengantisipasi gerakan lawan tersebut dan meluncurkan counter attack.

2. Main Lebih Objektif

Ketika kalian sudah peka dengan Map, kalian tentunya gabakal dong nyia-nyiain Buff, Turtle hingga Lane yang kosong untuk kalian bisa melakukan push turret lawan. Contohnya lagi kalian bisa fokus untuk split push turret ketika kalian berada terlalu jauh dari area teamfight, daripada memaksa join teamfight padahal sudah terlambat.

3. Tau Posisi Lawan

Kalian memiliki insting untuk menebak kira-kira lawan sedang sembunyi dimana. Misalkan kalian bisa saja tau kalau Guinevere lawan sedang mengumpat di bush dan menggunakan skill untuk menerangi bush tersebut sehingga core kalian tidak diciduk.

Buat kalian yang ingin belajar lebih jauh apa itu makro di Mobile Legends. Kalian bisa menonton video dari Tepsimoba dibawah ini:

Gimana Spinners? Sudah paham kan mengapa skill makro sangat penting di game Mobile Legends (ML)? Jadi latih lah skill makro kalian dan saksikan sendiri peningkatan yang kalian rasakan ya! Kalau masih ada bingung langsung aja komen dibawah.

BACA JUGA: Hylos Jadi Offlaner Mobile Legends? Bisa Ko, Ini 3 Kelebihannya!

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita.

Apa itu Offlaner di Mobile Legends? Salah Satu Peran Tersulit dan Krusial!