Apakah Boleh Menjadi Caster dan Pelatih Mobile Legends Sekaligus? Ini Jawabannya! Caster dalam pertandingan mempunyai peran yang penting dari sekedar “menghebohkan” jalannya pertandingan. Caster harus bisa menjelaskan pertandingan dengan sesederhana mungkin kepada para penonton agar penonton yang menonton sambil mendengarkan omongan caster bisa mengerti jalannya pertandingan.

Oleh karena itu, caster dalam sebuah pertandingan esports haruslah mengerti seluk beluk game yang di casternya sehingga para caster mempunyai pemahaman yang baik dalam sebuah game. Tidak jarang juga para caster melakukan analisis terhadap jalannya pertandingan ketika sedang melakukan caster.

Dengan komunikasi yang baik dan juga pemahaman game serta pandangan game yang luas, maka caster juga bisa menjadi pelatih jika memang dirinya berniat. Tapi masalahnya apakah boleh caster menjadi pelatih sekaligus terutama di Mobile Legends?

sumber: RevivalTV

Lius Andre yang merupakan mantan Esports Manager Moonton Indonesia menjawab pertanyaan mengenai apakah caster boleh menjadi pelatih sekaligus dalam sesi Q&A di akun Instagramnya.

Lius Andre mengatakan bahwa sebenarnya sah-sah saja jika caster ingin merangkap sebagai pelatih di salah satu tim, asalkan ada beberapa hal yang memang dibatasi.

“Ngga ada yang bilang gaboleh kok. Jadi kalau inget dulu coach Panda itu dari Filipina ya waktu ketika MSC itu dia duduk di meja caster, cuma pas timnya main dia gaboleh jadi caster,” ucap Lius Andre di Instagramnya.

BACA JUGA: Pilih PUBG Mobile atau Free Fire? Ini Jawaban RRQ Brisia Jodie!

sumber: Instagram Lius Andre

Jadi buat spinners yang penasaran apakah caster boleh menjadi pelatih jawabannya adalah boleh, akan tetapi ketika tim yang dilatihnya bertanding tidak boleh menjadi caster, karena bisa saja mendukung tim yang dilatihnya. Dan juga kalau menjadi caster ketika tim yang dilatihnya bermain maka dirinya tidak bisa memberikan instruksi, sehingga tidak boleh melakukan caster ketika tim yang dilatih sedang bertanding. Jangan lupa kunjungi terus website kita, untuk dapetin berita seputar eSports terupdate dan ikuti Facebook kita!

Share to your friends