Item Terbaik di Meta Mobile Legends Season 18 (Oktober 2020)

Item terbaik mobile legends season 18 adalah Necklace of Durance (NOD) – cocok untuk hero yang mengandalkan skill untuk mendamage lawan dan Sea Halberd – cocok untuk hero yang mengandalkan auto-attack untuk mendamage lawan. Ada 1 kegunaan yang hampir semua orang nggak tau? Yang mana sih, scroll ke bawah ya (kegunaan nomor 2)

Item Sea Halberd dan Necklace of Durance anti regen, heal, shield
Kiri: Sea Halberd, Kanan: Necklace of Durance (NOD)

Akan ada icon hati retak (broken heart) untuk hero yang terkena efek NOD atau Sea Halberd:

Efek dari hero yang terkena NOD dan Sea Halberd
Icon Broken Heart untuk hero yang terkena efek NOD atau Sea Halberd.

Mengapa kedua item ini wajib dibeli hampir di setiap game?

1. Counter HP Regen atau Heal

Di meta season 18, ada banyak hero fighter sidelane yang mengandalkan regen atau heal yang sangat tinggi sehingga sangat sulit untuk dibunuh. Contoh hero-hero tersebut adalah: Uranus, Khaleed, dan Hilda yang kalian bisa ketemu hampir di setiap game.

Efek dari Necklace of Durance (NOD) dan Sea Halberd akan mengurangi efek regen atau heal sebanyak 50%. Jadi musuh yang memiliki regen 200 HP per detik hanya akan mendapat 100 HP per detik. Jd buat hero-hero diatas yang tidaknya gak bisa mati gara2 regennya aja lebih tinggi dari damage tim kalian, tiba2 regennya sudah tidak seefektif sebelumnya sehingga hero musuh tersebut tidak sekuat itu lagi.


Diamond MLBB Murah


Dan juga ini termasuk efek heal dari emblem misalnya Assassin – Killing Spree. Emblem ini sangat laku dipakai oleh hero-hero hyper core saat ini yang rajin roaming dan kill sana sini. Nah efek NOD juga akan memotong efek heal dari Killing Spree dari 20% menjadi 10% HP tambahan saja.

BACA JUGA: Rekomendasi 5 Hero Tergokil Mobile Legends di Mode Mayhem!

2. Counter Shield Gain

Nah ternyata cukup banyak orang yang belum mengetahui kalau NOD dan Sea Halberd ini dapat mengurangi efek Shield gain. Contoh hero yang memiliki efek penambahan shield adalah Esmeralda, Chang’e, Uranus, Hilda, Silvanna, Jawhead dan Harith.

Sama seperti efek regen, efek shield tambahan dari skill hero-hero diatas juga akan dikurangi 50%. Misalnya Uranus menggunakan skill 2 dan menambahkan 1.000 shield point, kalau terkena efek NOD hanya mendapat 500 shield.

Di meta season 18 sekarang ada banyak hero-hero OP karena shield gain yang tinggi. Jadi NOD dan Sea Halberd akan sangat efektif untuk meng-counter hero-hero tersebut.

Kalian bisa liat video ini untuk bukti efek dari NOD dan Sea Halberd ke shiled gain:

3. Counter Lifesteal

Hero-hero dengan lifesteal tinggi juga sangat merepotkan apalagi kalau memasuki fase late game. Hero yang tadinya sudah hampir mati bisa tiba2 penuh lagi HP nya. Contoh hero lifesteal adalah Alucard, Yu Zhong, Roger, Silvanna, dan Leomord.

Lifesteal disini termasuk Spell Vamp, Physical Lifesteal, dan Magical Lifesteal

NOD dan Sea Halberd juga meng-counter hero-hero atau item lifesteal seperti Endless Battle, Haas Claw, dan Queen’s Wing. Yang tadinya lifesteal 25% misalnya 250 dari 1000, jadi harus berkurang 50% menjadi 125 saja.

Jadi kalian bisa lihat sendiri kenapa item ini sudah menjadi item yang harus kalian beli hampir di setiap game. Hampir semua hero-hero overpowered di season 18 memiliki salah satu dari ke 3 kemampuan diatas: regen tinggi, shield besar, dan lifesteal.

Anggap saja ketika kalian membeli NOD atau Sea Halberd hero-hero diatas kefektifan nya bekurang sekitar 50%.

Hero apa yang sebaiknya membeli Necklace of Durance (NOD)?

Hampir semua hero yang mengandalkan skill Area of Effect (AOE) dapat membeli NOD. Karena ketika kalian menggunakan skill, kalian dapat membuat beberapa hero lawan yang terkena efek NOD sekaligus.

Karena itu NOD biasanya dibeli oleh hero-hero Mage atau Support yang memiliki skill dengan AOE luas. Contoh: Chang`e, Pharsa, Valir, Kagura, dan Cecilion.

Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk hero-hero tank atau fighter juga bisa membeli NOD ketika memang tidak ada hero lain yang bisa membelinya. Contoh hero fighter atau tank yang memiliki skill AOE yang masih cocok beli NOD: Hylos, Uranus, Esmeralda, X-Borg, dan Baxia.

Biar efektif, sebaiknya hanya 1 hero yang membeli NOD karena efek NOD tidak bisa di stack meskipun dibeli oleh 2 hero berbeda.

Hero apa yang sebaiknya membeli Sea Halberd?

Sebenarnya item ini tidak seperlu NOD karena seperti yang sudah dijelaskan diatas, efek NOD dan Sea Halberd tidak dapat di stack.

Kalau begitu kapan sebaiknya membeli Sea Halberd? Kalian bisa consider item ini untuk core kalian ketika:

  1. Core merupakan hero marksman (MM) yang membutuhkan attack speed tinggi seperti Wan Wan, Claude, Karrie, Thamuz, dan Hanabi
  2. Hero lain dari tim kalian tidak cocok membeli NOD. Contoh hero seperti Selena yang kebanyakan dari skill nya single target burst, sehingga kurang efektif bila menggunakan NOD
  3. Ketika hero lain dari tim kalian miskin dan hanya kalian yang memiliki Gold lebih untuk segera meng-counter hero lawan

BACA JUGA: YouTuber Gaming Ini Kesal Karena Banyak Streamer ML Tidak Boleh Main LoL Wild Rift

Kapan Sebaiknya Membeli NOD atau Sea Halberd?

Kalau kalian melawan hero yang sangat overpowered dari early game karena efek heal, lifesteal, atau shield. Kalian sebaiknya membeli item ini di item kedua kalian setelah sepatu.

Karena kalau kalian bisa meng-counter hero-hero overpowered (OP) dengan NOD dari awal game kalian akan terasa jauh lebih mudah karena hero-hero OP tersebut akan mengalami kesulitan saat farming & war sehingga akan lebih sering mati.

Untuk Sea Halberd sendiri harganya cukup mahal di 2350 dibanding NOD yang 2010. Sehingga untuk dibeli hero core awal-awal sepertinya kurang optimal.

Nah triknya kalian bisa membeli dulu item versi murah nya yang bernama Deadly Blade (hanya 1200). Deadly Blade sendiri memang tidak memiliki damage dan attack speed tinggi seperti Sea Halberd, tetapi efek 50% pengurangan terhadap regen, shield, atau lifesteal sudah bisa kalian nikmati. Sehingga ketika sudah memiliki beberapa item lain kalian bisa upgrade Deadly Blade ke Sea Halberd

Sekian guide dari SPIN Esports mengenai item terbaik Mobile Legends season 18: Necklace of Durance (NOD) dan Sea Halberd. Jangan lupa share artikel ini ke teman kalian yang masih nggak paham kalau NOD itu ngefek ke shield gain (temen penulis masih banyak yg batu soal ini).

Jadi penulis merasa bahwa NOD dan Sea Halberd adalah kandidat item terbaik mobile legends season 18 yang hampir selalu harus dibeli hampir di setiap game. Item ini sangat efektif untuk melawan hero-hero OP yang mendadak jadi nggak terlalu OP karena kena efek item ini.

BACA JUGA: Trik Lucky Spin Skin Hilda Mobile Legends Terbaru 2020

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita.

Artikel Terbaru

1 Comment