Buat kalian yang sudah lama bermain Mobile Legends (ML), perbedaan pick antar rank pasti sudah menjadi hal yang wajar untuk kalian.

Baru-baru ini pihak MLBB juga baru saja mengeluarkan perbedaan statistik hero pick antara rank Mythic keatas dan Legend/Epic untuk periode Februari 2021:

Most Pick Rank Mythic/Mythical Glory

Most pick hero di rank mythic mlbb feb 2021
Sumber: IG @mobilelegendsgame

Most Pick Rank Epic/Legend

Most pick hero di rank epic mlbb feb 2021
Sumber: IG @mobilelegendsgame

Kalian bisa bandingkan sendiri bahwa perbedaan pick antara rank mythic keatas dan epic/legend sangatlah berbeda. Hanya 2 hero dari top 12 yang memiliki kesamaan yaitu Chou & Silvanna.

Apakah alasan yang membuat pick hero di kedua tier rank tersebut sangatlah berbeda?

Pick Hero Mythic Lebih Menyerupai META Turnamen Profesional

12 Hero yang paling sering di pick di rank Mythic & Mythical Glory juga menyerupai pick-pick hero dari para pemain profesional Mobile Legends (ML). Kalian bisa lihat dari 2 statistik di minggu pertama dan kedua ini, bahwa most pick hero di MPL ID Season 7 merupakan hero-hero yang di favoritkan rank Mythic juga.

Player publik yang sudah mencapai rank Mythic dan Mythical Glory kerap bermain lebih serius daripada ranking dibawahnya. Karena itu mereka juga percaya bahwa meta pick dari pro player adalah yang paling optimal digunakan di mode rank karena hero-hero tersebut memang sudah dibuktikan kuat.



Buat yang tertarik beli, langsung klik gambar diatas ini!

Hero-hero yang favorit di rank Mythic ini memiliki beberapa ciri khas:

  • Sudah kuat dari early game dan bisa relevan sampai late game
  • Sulit untuk dibunuh
  • Dapat membunuh lawan dengan mudah

Pemain Legend/Epic Lebih Santai Bermain Daripada Mythic

Berbeda jauh dengan rank Mythic & Mythical Glory, player yang stuck di rank Epic & Legend biasanya cenderung bermain lebih santai. Mereka bermain MLBB untuk mengejar kesenangan dan hobi belaka tanpa harus ambisius dalam mengejar rank dan menggunakan hero-hero sulit. Karena itu permainan akan terasa lebih santai dan cenderung lebih ke arah late game.

Hero-hero yang favorit di rank Epic ini memiliki beberapa ciri khas:

  • Hero Farming, perlu banyak item untuk menjadi kuat di late game
  • Mudah digunakan, tidak perlu mekanik ribet sehingga bisa santai main

Observasi ini juga dibahas lebih lanjut di video youtube dibawah ini:

BACA JUGA: Moonton Resmi Umumkan Bahwa Hero Karina MLBB Akan Di Revamp

Demikianlah alasan mengapa hero pick di tier Mythic/Mythical Glory dan Epic/Legend sangatlah berbeda.

Biasanya konflik akan terjadi saat reset season dimana para player Mythic & Mythical Glory akan turun ke rank Epic. Player Mythic keatas yang sudah terbiasa dengan draft pick Mythic akan merasa bingung saat memiliki rekan yang sebelumnya memang dari Epic atau Legend. Karena hero-hero yang asing di Mythic seperti Lesley, Miya, atau Franco akan bermunculan.

Sebagai player Mythic & Mythical Glory sebaiknya kalian mengalah saja dan mengisi hero role sesuai keperluan tim. Karena kalau kalian sudah mengejek atau memaksa pick hero dengan role sama karena tidak percaya biasanya malah akan berakhir lebih buruk karena mental tim sudah drop dari awal.

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita. Ikuti SPIN Community Discord kita juga yah!

Turun Kemana? Ini Penyesuaian Rank Season 19 ke 20 Mobile Legends (ML)