PBESI Gelar Liga Esports Nasional Pelajar 2022, Bisa Dapat Beasiswa!

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) mengumumkan digelarnya Liga Esports Nasional Pelajar 2022 untuk pelajar SMA/SMK/MA sederajat di seluruh Indonesia.

Kompetisi yang akan dijalankan oleh akademi esports resmi PB ESI, Akademi Garudaku, ini digelar pada 28 Oktober–22 November 2022 dan akan merebutkan total hadiah 200 juta rupiah dan beasiswa pendidikan senilai 3 miliar rupiah.

Gelaran ini menargetkan 1000 sekolah atau 15.000 tim yang setara dengan 75.000 pemain, yang berasal dari seluruh sekolah menengah atas di tanah air.

BACA JUGA: Piala Presiden Mobile Legends 2022: Tim, Jadwal, Hasil dan Info Lainnya!


Diamond MLBB Murah


Akan Mempertandingan Free Fire dan Mobile Legends

Free Fire Mobile Legends
Photo via Indoesports

Liga ini akan mempertandingkan 2 gim populer, yaitu Free Fire dan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi PB ESI, Ashadi Ang mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Liga Esports Nasional Pelajar memiliki visi-misi yang luas, yang menyentuh sisi pengembangan prestasi akademik maupun non-akademik.

“Selaras dengan desain besar PB Esports Indonesia yang dibangun berdasarkan arahan Ketua Umum Bapak Budi Gunawan dan Wakil Ketua Umum Bapak Bambang Sunarwibowo untuk terus mengembangkan ekosistem esports tanah air, selain untuk menemukan bibit- bibit atlet potensial untuk masa depan, Liga Esports Nasional Pelajar yang menggandeng dunia pendidikan menjadi upaya strategis dalam mengembangkan potensi-potensi esports masa depan yang cerdas dan berkarakter,” ujar Ashadi.

Untuk menjadi kekuatan esports di Asia dan bahkan dunia, Indonesia perlu diperkuat oleh atlet-atlet yang punya disiplin tinggi, kebugaran fisik prima, mampu bekerja tim, serta memiliki kecerdasan dan kecepatan dalam membangun strategi bertanding. Kami percaya bahwa dunia pendidikan dengan nilai-nilai luhurnya menjadi mitra terbaik dalam mewujudkan visi ini.”

Keselarasan nilai-nilai yang diusung oleh PB ESI dan dunia pendidikan salah satunya ditegaskan melalui apresiasi yang akan diberikan kepada para pemenang Liga Esports Nasional Pelajar yang berupa beasiswa melanjutkan pendidikan ke perguruan-perguruan tinggi yang menjadi mitra dari akademi esports resmi PB ESI, Akademi Garudaku.

Liga Esports Nasional Pelajar
Photo via PBESI

Sementara itu Ketua Program Akademi/Ketua Pelaksana Liga Esports Nasional, Robertus Aditya Pratomo Putro, S.Sos, M.H., M.Ikom., C.Ht, menjelaskan sebagai

amanat dalam melaksakanakan program pembibitan calon atlet esports masa depan, Liga Esports Nasional Pelajar 2022 akan menjadi program yang akan digelar secara rutin.

“Akademisi atau dunia pendidikan merupakan salah satu ekosistem esports yang memiliki peran kritikal dalam turut menyiapkan atlet-atlet masa depan yang piawai dalam bertanding, namun juga cerdas serta punya karakter yang kuat. Kompetisi ini dapat menjadi jalinan kerja sama dalam menyiapkan calon atlet yang tidak saja berpretasi di bidang olahraga esports, namun juga di bidang akademik lewat beasiswa jalur prestasi yang kami siapkan. Kami ingin atlet-atlet esports Indonesia memiliki prestasi akademik dan non akademik yang sama baik,” ujarnya.

Dr. Raden Isnanta, M.Pd selaku Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga mengungkapkan apresiasi dan dukungan kepada PB ESI dan Akademi Garudaku dalam kegiatan sosialisasi UU no 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan, langkah penting dalam memberikan informasi kepada publik tentang UU keolahragaan yang baru ini.

UU Keolahragaan juga memuat secara spesifik doroongan pengembangan olahraga berbasis elektronik, sebagaimana dikembangkan oleh PB ESI. Kemenpora sangat mendorong pengembangan Games games lokal sehingga kreasi dan karya anak bangsa bisa bersaing dengan pemain global. Sangat diharapkan PB ESI dapat menjadi pioner industri kreatif di bidang olahraga berbasis elektronik ini,” paparnya.

Selain itu, berbagai dukungan juga datang dari kalangan industri, misalnya POCO, brand teknologi global yang populer di kalangan penggemar teknologi muda dunia.

“POCO menyadari tren esports semakin populer dan banyak anak muda Indonesia yang berbakat ingin menjadi pro-player. Mentalitas juara dan gadget yang mendukung adalah kunci agar bisa jadi pemain hebat,” ujar Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia.

“Bersama PB ESI dan Akademi Garudaku, POCO turut andil dalam pengembangan ekosistem esports bagi anak muda Indonesia dan mendorong mereka untuk jadi generasi maksimal dengan melatih skill melalui kompetisi ini dan didukung smartphone POCO dengan spesifikasi yang ekstrem.”

Pendaftaran Liga Esports Pelajar 2022

Liga Esports Nasional Pelajar 1
Photo via PBESI

Pendaftaran untuk seluruh nomor pertandingan dibuka pada 10 Oktober 2022 lalu. Untuk nomor pertandingan gim Free Fire, pendaftaran akan ditutup pada 28 Oktober 2022 pukul

23.59 WIB. Sedangkan pendaftaran untuk nomor pertandingan gim MLBB akan ditutup pada 1 November 2022 pukul 23.59 WIB.

Kualifikasi tingkat provinsi untuk Free Fire akan digelar bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yaitu 28–30 Oktober 2022 dan untuk MLBB akan digelar pada 4–6 November 2022. Pra Final akan dilaksanakan pada 12-13 November 2022 dan Grand Final akan digelar pada 17-22 November 2022.

Skema pertandingan Liga Esports Pelajar 2022

MLBB yaitu akan menjalankan kualifikasi di 34 Provinsi untuk mendapatkan TOP 6 yang nantinya akan dipertandingan melawan TOP 2 dari Liga Ekskul Akademi Garudaku.

Untuk Free Fire akan membagi 34 Provinsi menjadi dalam 3 grup. Group A terdiri dari 12 Provinsi, Group B sebanyak 11 Provinsi, dan Group C sebanyak 11 Group.

4 besar dari ketiga grup tersebut akan bertanding di babak Grand Final. Grand Final akan dilaksanakan secara offline dan diadakan di sekolah yang berhasil masuk babak Grand Final.

Hadiah Beasiswa Pendidikan dari Perguruan Tinggi Terkemuka

Hadiah beasiswa pendidikan dipersembahkan oleh beberapa perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama dengan Akademi Garudaku, yaitu :

  1. Universitas Pelita Harapan
  2. Kalbis Institute
  3. STIKOM Interstudi
  4. STMIK Indonesia Mandiri
  5. Universitas Kristen Maranatha, Bandung
  6. Universitas Muhammadiyah, Surakarta
  7. Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Bandung
  8. Akademi Tehnik Mesin Industri (ATMI), Surakarta
  9. Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA)

BACA JUGA: Digelar di Istora Senayan, Ini Harga Tiket M4 MLBB World Championship!

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru berita Mobile Legends lainnya dan juga ikuti Instagram dan Youtube kita

Aditya Pratama (Adityapr)
Aditya Pratama (Adityapr)
Penggemar berat game bergenre MOBA yang mampu bermain di segala posisi dengan hampir sama baiknya.

Artikel Terbaru