Apakah PUBG Mobile Akan Ditutup di Indonesia 2021?

Wacana PUBG Mobile akan ditutup di Indonesia pada tahun 2021 masih terus dibicarakan. Isu ini dimulai dari protes Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sapuan.

Bupati tersebut mengirim surat kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) untuk mempertimbangkan pemblokiran sejumlah game, termasuk PUBG Mobile, Free Fire, dan Mobile Legends.

Pada awalnya isu ini tidak terlalu ramai, tapi semakin hari semakin ramai dibicarakan. Hingga kini Kominfo hanya menampung aduan, sesuai dengan regulasi yang berlaku. Namun, tetap saja gagasan pemblokiran ini menimbulkan kekhawatiran.

Pemblokiran game secara nasional juga tidak bisa dilakukan begitu saja. Harus sesuai peraturan undang-undang yang berlaku dan mempertimbangkan setiap aspek.

Lalu apakah PUBG Mobile akan sampai ditutup di Indonesia?

Baca Juga: 8 Tim Yang Lolos ke Playoff PUBG Mobile National Championship (PMNC) 2021

PUBG Mobile ditutup tahun 2021?

pubg mobile versi negara sendiri

Pemblokiran game tidak bisa dilakukan begitu saja. Game hanya bisa diblokir jika dianggap menayangkan atau mengandung muatan yang dilarang oleh undang-undang.

Nah PUBG Mobile sendiri sudah berulang kali menghadapi masalah seperti ini. Game bikinan Tencent ini sudah diblokir di beberapa negara seperti India, Afghanistan, Nepal, Iran, Yordania, dan China.

Di Indonesia, player PUBG Mobile sangat banyak mencapai jutaan. Artinya jika blokir sampai dilakukan, bakal ada protes besar-besaran dari komunitas.

Baca Juga: Kapan PUBG Mobile X Tesla Rilis? Ada Cyber Truck?!

Bawa hal positif

Lagi pula, PUBG telah membawa banyak hal positif bagi Indonesia. Ada banyak player profesional yang sukses di usia muda, sebut saja Zuxxy, Luxxy, dan Ryzen dari Bigetron Red Aliens.

Kehadiran tim-tim profesional PUBG Mobile telah melahirkan banyak lapangan pekerjaan baru. Ada banyak hal positif yang berasal dari PUBG Mobile.

Karena itu, kemungkinan PUBG Mobile akan ditutup dari Indonesia di tahun 2021 sangatlah kecil. Kecuali jika terbukti ada kasus yang merugikan dan melanggar undang-undang. Kalau menurut kalian gimana nih, Spinners?

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk informasi lainnya, ikuti akun Instagram dan Youtube kami ya!

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru