Setelah sukses menggelar edisi perdana di SMK PUSDIKHUBAD, Cimahi, Jawa Barat, pada Juni lalu, Garena — developer dan publisher game global terkemuka — kembali menghadirkan program edukatif “Garena Good Game di Sekolah” di SMKN 7 Jakarta Timur. Program ini menjadi wujud komitmen Garena dalam membangun ekosistem bermain game yang aman, positif, dan bertanggung jawab di kalangan pelajar Indonesia.
Acara ini menghadirkan sesi talk show bertema “Mendorong Positive Gaming untuk Generasi Muda”, dengan pembicara dari berbagai latar belakang, yaitu:
-
Mayang Gita Mardian, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Psikolog Klinis Anak dan Remaja)
-
Wijaya Nugroho, Head of Business Development, Esports & Community Garena Indonesia
-
Eko Hariyanto, Guru dan Staf Kesiswaan SMKN 7 Jakarta Timur
Membangun Ekosistem Gaming yang Positif
“Melalui Garena Good Game di Sekolah, kami ingin menunjukkan bahwa game dapat menjadi ruang belajar yang positif ketika ada pendampingan yang tepat. Kami percaya peran guru, orang tua, dan sekolah sangat penting dalam membantu anak-anak memahami nilai tanggung jawab, keseimbangan, dan sportivitas sejak dini,” ujar Wijaya Nugroho, Head of Business Development, Esports & Community Garena Indonesia.
Talk show interaktif ini menjadi wadah dialog antara pelajar, pendidik, dan praktisi industri untuk membahas pentingnya keseimbangan antara dunia akademik dan aktivitas bermain game, serta bagaimana semua pihak dapat berperan aktif menciptakan pengalaman bermain yang sehat.

Peran Pendampingan di Era Digital
Dalam kesempatan yang sama, Mayang Gita Mardian, S.Psi., M.Psi., Psikolog, menekankan pentingnya keterlibatan semua pihak dalam mendampingi anak di era digital.
“Bermain game bisa menjadi bagian dari proses belajar anak selama didampingi dengan cara yang positif. Orang tua dan guru perlu mengajarkan literasi digital, menanamkan nilai disiplin, manajemen waktu, skala prioritas, kerja sama, dan pengendalian diri agar game tidak menjadi ancaman,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 7 Jakarta Timur, Dra. Wahyu Idawati, M.Pd., menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Garena.
“Kami mengapresiasi inisiatif Garena yang membawa edukasi positif tentang dunia game langsung ke sekolah. Ini membantu kami membimbing siswa agar memahami bahwa bermain game bisa dilakukan dengan bijak serta menjadi bagian dari pembentukan karakter yang disiplin dan bertanggung jawab,” ujarnya.
Komitmen Garena terhadap Positive Gaming
Program Garena Good Game di Sekolah merupakan bagian dari komitmen Garena sebagai Good Game Company, dengan menghadirkan makna “Good Game” dalam setiap aspek — menyenangkan, aman, seimbang, dan penuh nilai positif.
Selain edukasi di sekolah, Garena juga terus memperkuat fitur perlindungan pemain di dalam game, seperti moderasi obrolan otomatis, dukungan pemain 24/7, serta panduan orang tua untuk memahami fitur keamanan dan kontrol bermain.
Garena juga konsisten mengadakan berbagai kampanye positif di dalam game, seperti kampanye Ramadan Free Fire bersama Habib Ja’far, yang mengajak pemain untuk mengutamakan ibadah dan berbagi kebaikan.
Dorong Prestasi Akademik dan Esports
Dari sisi esports, Garena menjadi pionir lewat Garena Youth Championship (GYC) Free Fire, turnamen pelajar pertama di Indonesia yang menggunakan nilai rapor sebagai syarat pendaftaran. Program ini menegaskan pesan keseimbangan antara prestasi akademik dan minat di bidang esports, sejalan dengan semangat Good Game yang diusung Garena.
Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, ikuti Instagram dan Youtube kita ya spinners.

