Mas Sukro Cup S2 Tegaskan Sinergi Publisher, Team, Brand, dan Partners Untuk Mendorong Ekosistem Esports Komunitas Indonesia

Mas Sukro Cup S2 tekankan sinergi publisher, tim, brand, dan partner untuk memperkuat ekosistem esports komunitas Indonesia.

Mas Sukro Cup Season 2 kembali menghadirkan kompetisi esports komunitas terbesar di Indonesia, melibatkan lebih dari 1.500 tim Free Fire. Selain memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah, turnamen tahun ini membuka jalur profesional melalui Golden Ticket menuju Free Fire Nusantara Series (FFNS).

Dalam Press Conference yang berlangsung di Main Stage Mas Sukro Cup Season 2, para perwakilan dari SUKRO, Garena, RRQ, dan ShopeePay menyampaikan pandangan mereka mengenai pentingnya kolaborasi lintas industri dalam membangun ekosistem esports yang lebih inklusif dan berkelanjutan, sekaligus memperkuat jalur pembinaan talenta muda Indonesia.

Mas Sukro Cup S2

SUKRO: “Kami mendukung lahirnya generasi juara Indonesia.”

Sebagai brand yang telah mendukung ekosistem gaming sejak 2019, SUKRO menegaskan komitmennya dalam menyediakan ruang positif bagi anak muda melalui kompetisi komunitas seperti Mas Sukro Cup.

“Sukro sudah bekerja sama dengan RRQ sejak 2019, jadi komitmen kami di dunia gaming bukan hal baru. Mas Sukro Cup kami hadirkan bukan cuma sebagai kompetisi, tapi juga untuk memperkuat komunitas dan interaksi positif.” Emmanuel Dean, Dept Marketing Director SUKRO

SUKRO menilai bahwa karakter Mas Sukro Cup energik, kompetitif, dan dekat dengan budaya anak muda sangat selaras dengan identitas brand Sukro. Kompetisi komunitas dianggap sebagai gerbang penting bagi talenta baru untuk berkembang dan masuk ke arena profesional, terutama dengan adanya jalur langsung menuju FFNS.

Closing Statement – Emmanuel Dean, SUKRO: “Lewat Mas Sukro Cup, kami tidak hanya hadir sebagai sponsor, tetapi menjadi bagian dari komunitas yang turut mewujudkan mimpi generasi muda Indonesia.”

Garena Indonesia: “Mas Sukro Cup membuka jalur menuju panggung nasional.”

Garena memandang Mas Sukro Cup sebagai salah satu kompetisi komunitas paling berpengaruh dalam mendukung pengembangan talenta esports Free Fire di Indonesia. Garena menegaskan bahwa jalur kompetitif di Free Fire telah memiliki jenjang turnamen yang berkelanjutan mulai dari komunitas, FFNS, hingga panggung internasional seperti FFWS tingkat Asia Tenggara dan Global.

“Untuk pemain komunitas, kunci naik level adalah memahami META updates, disiplin latihan, aktif ikut turnamen lintas tier, dan memanfaatkan seluruh kesempatan belajar yang disediakan.” Bapak Wijaya Nugroho, Head of Business Development E-Sports and Community Garena

Garena juga menekankan bahwa pemenang Mas Sukro Cup akan langsung melaju menuju FFNS 2026 Spring – Play-Ins Stage, sebuah panggung nasional yang menjadi jembatan menuju level regional dan internasional. Selain itu, Garena mengapresiasi konsistensi dukungan SUKRO sejak 2019 dalam memperkuat pertumbuhan komunitas Free Fire di Indonesia, termasuk dukungan terhadap berbagai turnamen akar rumput yang telah membuktikan efektivitasnya melahirkan talenta-talenta seperti Kagendra, Costa Café, dan lainya.

RRQ: “Talenta komunitas adalah fondasi masa depan organisasi esports.”

Sebagai organisasi esports profesional, RRQ menilai bahwa semakin banyak pemain berbakat kini tidak lagi ditemukan melalui jalur konvensional, namun justru melalui komunitas sekolah, turnamen regional, hingga event seperti Mas Sukro Cup.

“Dengan munculnya talenta dari sekolah, komunitas, hingga event seperti Mas Sukro Cup, RRQ menyesuaikan scouting dengan pendekatan yang lebih dekat ke akar rumput.” — Amalia Hadi, Head of Strategic Partnership RRQ

RRQ turut menekankan bahwa perbedaan antara pemain komunitas dan pro player bukan hanya soal mekanik permainan, melainkan juga mentalitas, disiplin, komunikasi, dan konsistensi aspek-aspek yang terus dibina melalui RRQ Academy dan program internal mereka.

“Turnamen seperti Mas Sukro Cup memberi pengalaman kompetitif yang terstruktur. Ini adalah tempat lahirnya generasi baru esports Indonesia.” RRQ

Mas Sukro Cup S2

ShopeePay: “Komunitas adalah kunci masa depan esports Indonesia.”

ShopeePay, yang kini hadir sebagai aplikasi mandiri, menegaskan pentingnya relevansi digital dalam dunia gaming dan gaya hidup muda Indonesia.

“Event seperti Mas Sukro Cup selalu jadi tempat lahirnya kreativitas dan talenta baru dari komunitas. Aplikasi ShopeePay ingin hadir di ruang-ruang yang dekat dengan anak muda dan sesuai dengan gaya hidup digital mereka.” Rizka Sherlyta A, Business Development Lead ShopeePay

ShopeePay menyoroti pentingnya peran platform penyedia jasa pembayaran khususnya digital dalam mendukung dunia gaming yang bergerak cepat. Karena itu, ShopeePay aktif mengembangkan fitur top-up, promo gaming, dan kolaborasi lintas partner demi mendukung perkembangan ekosistem esports.

“ShopeePay percaya masa depan esports Indonesia sangat ditentukan oleh kekuatan komunitas. Karena itu, kolaborasi lintas pihak menjadi kunci.”

Tentang Mas Sukro Cup Season 2

Mas Sukro Cup adalah turnamen esports komunitas berskala nasional besutan SUKRO yang bertujuan menyediakan wadah kompetisi sehat dan kesempatan bagi generasi muda Indonesia untuk berkembang. Dengan ribuan peserta setiap tahun dan dua cabang game besar, turnamen ini menjadi salah satu kompetisi grassroots paling berpengaruh dalam mencetak talenta baru Tanah Air.

Day 1 menghadirkan Grand Final Free Fire + Awarding Golden Ticket ke FFNS.

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, ikuti Instagram dan Youtube kita ya spinners.

Galih Ramadani
Galih Ramadani
Suka semua game yang ber-adrenalin!

Artikel Terbaru