Alasan Bendera Merah Putih Di Ganti Logo PBSI Saat Juara Piala Thomas

Ada kabar baik untuk pada kemarin malam untuk seluruh rakyat di Indonesia yaitu Indonesia berhasil menjadi juara di Piala Thomas 2020, namun bendera merah putih tidak bisa dikibarkan dan akhirnya diganti logo PBSI.

Ternyata sebenarnya Indonesia sebelumnya sudah dipastikan tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih di Thomas Cup.

BACA JUGA : Ini Akan Jadi Piala Uber Terakhir, Greysia Polii Bakal Pensiun? 

Tetapi sebagai gantinya bendera merah putih akan di pasang logo Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang dikibarkan saat juara Piala Thomas 2020. 

Mengapa bendera merah putih tak bisa berkibar? 

Padahal kemenangan kali ini menjadi sejarah karena itu merupakan penantian Indonesia ke-19 tahun. Bendera merah putih yang digantikan oleh bendera berlogo PBSI itu karena hukuman WADA. 

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PP PBSI), Bambang Roedyanto. 

Bambang Roedyanto atau Rudy Roedyanto mengatakan kalau bendera merah putih kemungkinan tidak dapat dikibarkan di Denmark.

“Kita harap MOU antara Menpora dan WADA secepatnya,” ucap Rudy Roedyanto. 

BACA JUGA : Pemain Brasil Tendang Wasit sampai Pingsan!

Walaupun begitu, KONI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengaku telah mengirimkan surat ke WADA. 

“Saya kira tidak ya, setelah kami menyampaikan surat pada tanggal 8 Oktober kemudian WADA sudah merespons bahwa mereka memahami apa yang terjadi di Indonesia, situasi di Indonesia,” ucap Zainuddin Amali.

Namun menurutnya, WADA akan menunggu sampel uji doping di ajang PON XX Papua sehingga ambang batas minimal sampel pengujian (TDP) Indonesia dapat terpenuhi. 

Seperti yang beberapa hari lalu Fomo kabarkan kalau Indonesia tidak akan bisa menjadi tuan rumah kejuaraan internasional, lalu kehilang hak-haknya di ajang olahraga internasional.

Itu karena Indonesia dinyatakan tidak patuh dalam menerapkan hasil uji Doping ke WADA. Hal ini membuat Indonesia dan 2 negara lainnya tidak memenuhi syarat: 

  1. Diberikan hak untuk menjadi tuan rumah kejuaraan kontinental atau dunia. 
  2. Memiliki perwakilan sebagai anggota dewan di komite.
  3. Mengibarkan bendera nasional selain di Olimpiade setidaknya selama satu tahun. 

Semoga Indonesia bisa cepat perbaiki ini semua ya guys…

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru