Alasan Elon Musk Ucap Cemas SpaceX Akan Bankrut

Alasan Elon Musk Ucap Cemas SpaceX Akan Bankrut.

Pada hari Selasa, 30 November 2021, CNBC memperoleh salinan surat yang dikirim oleh CEO SpaceX, Elon Musk, kepada karyawannya sehari setelah hari raya Thanksgiving, di mana miliarder itu mengatakan bahwa perusahaan roket itu bisa “risiko kebangkrutan yang sesungguhnya.”

Dia memperingatkan karyawannya bahwa situasi di perusahaan itu mengerikan, dia membutuhkan semua orang kembali bekerja, dan bahwa jika mereka ingin SpaceX menghindari kebangkrutan dalam tahun depan atau lebih, mereka harus muncul dan bergabung, untuk menyelamatkan perusahaan.

Kemajuan Yang Lambat

Alasan kenapa Musk mengirimkan surat tersebut kepada karyawannya dan mencemaskan bankrut adalah karena SpaceX tampaknya mengalami kesulitan dalam membangun cukup banyak mesin Raptor, yang diperlukan untuk meluncurkan sistem peluncuran luar angkasa Starship generasi berikutnya dari SpaceX. 

Elon Musk Khawatir SpaceX Bangkrut

Menurut Musk, ada tiga masalah yang membuat SpaceX bisa bankrut: 

Yaitu, tidak cukupnya Raptors berarti SpaceX tidak dapat mempertahankan irama yang direncanakan dari ledakan Starship setiap dua minggu tahun depan.

Tidak cukup peluncuran berarti bahwa tidak cukup satelit Starlink versi kedua yang dapat mencapai orbit.

Dan tidak cukupnya satelit di orbit akan mempengaruhi posisi keuangan perusahaan secara sangat negatif.

Balasan Elon Musk

Namun, pada minggu ini, setelah email internal bocor dan dilaporkan di luar SpaceX, Musk membuat beberapa komentar yang tampaknya sedikit mengurangi urgensi di Twitter.

“Jika resesi global yang parah mengeringkan ketersediaan modal / likuiditas sementara SpaceX kehilangan miliaran di Starlink & Starship, maka kebangkrutan, meskipun masih bukan kemungkinan besar, bukan tidak mungkin,” tulisnya, mencatat bahwa baik GM dan Chrysler membutuhkan perlindungan kebangkrutan selama krisis, dan kemudian mengutip Andy Grove: “Hanya yang paranoid yang bertahan.”

Lalu, Musk menjawab dengan 3 kata ketika netizen di Twitter bertanya kepadanya, “Uh, bagaimana kabar masalah raptor?”

Jawaban Musk: “Ini sedang diperbaiki.”

Elon Musk Sebut SpaceX Terancam Bangkrut, Serius? | Republika Online

Banyak netizen diskusi bahwa bisa jadi Musk hanya menggunakan ancaman kebangkrutan sebagai taktik motivasi bagi karyawannya. Tetapi seperti yang dicatat CNBC, mesin Raptor sangat penting untuk masa depan keuangan SpaceX – karena perusahaan akan membutuhkan roket Starship untuk meluncurkan satelit Starlink generasi berikutnya ke orbit.

Tertarik dengan semua hal Elon Musk? Baca juga: Elon Musk Lanjut Menjual USD$1 Miliar Saham Tesla

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru