Alasan Meta ingin melacak setiap ekspresi dan gerakan mata pengguna Metaverse
Meta dilaporkan ingin memantau ekspresi wajah, gerakan mata, dan pose tubuh orang serta membuat “toko virtual” yang menjual barang digital yang disponsori iklan dalam upaya memonetisasi metaverse.
Perusahaan yang dimulai sebagai Facebook dan yang baru-baru ini mengubah namanya menjadi Meta telah mengajukan ratusan paten baru-baru ini ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS mengenai semua hal Metaverse.
Paten tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh Financial Times, menunjukkan bahwa Meta ingin menggunakan data biometrik para pengunjung dunia Metaverse untuk membuat avatar digital yang lebih realistis menggunakan virtual reality atau augmented reality.
Meta juga berencana untuk mengumpulkan data tentang pengguna sehingga dapat menyesuaikan konten iklan tertentu saat mereka membenamkan diri dalam metaverse.
Paten Yang Diajukan Meta
Salah satu paten yang diajukan menunjukkan sketsa “sistem sensor magnetik yang dapat dipakai” yang ditempatkan di sekitar tubuh pengguna untuk “pelacakan pose tubuh.”
Paten lain dapat mendeteksi ekspresi wajah pengguna melalui headset. Sistem kemudian akan menghitung ekspresi dan “menyesuaikan konten media” berdasarkan temuannya.
Meta juga mengajukan paten untuk headset yang dilengkapi dengan kamera dan sensor yang memastikan pengguna melihat grafik yang lebih cerah tergantung di mana mereka melihat.
Perusahaan juga dikatakan sedang mengembangkan “mesin personalisasi avatar” yang dapat membuat avatar tiga dimensi berdasarkan foto pengguna.
“Bagi kami, model bisnis di metaverse dipimpin oleh perdagangan,” Nick Clegg, kepala urusan global Meta, mengatakan kepada FT.
“Jelas bahwa iklan berperan dalam hal itu.”
Perlombaan Meta Menuju Metaverse
CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengatakan perusahaannya berencana untuk menginvestasikan $ 10 miliar per tahun selama dekade berikutnya untuk mengembangkan teknologi metaverse.
Perlombaan menuju supremasi metaverse telah membuat bentrokan raksasa teknologi karena Apple dan Microsoft juga telah mengindikasikan bahwa mereka berencana untuk menghabiskan banyak uang untuk merebut pangsa pasar.
Namun, dorongan Meta untuk mengumpulkan lebih banyak data dapat memicu reaksi balik, terutama mengingat klaim bahwa perusahaan mengabaikan saran insinyurnya sendiri dan membombardir pengguna Facebook dan Instagram dengan konten bertarget yang diketahui berbahaya.
Tertarik dengan update terbaru tentang Metaverse? Baca juga: Wow! Di Masa Depan, Kelas Dan Meeting Diprediksi Akan Digelar Di Metaverse!