Alasan Pasar NFT Dapat Menghasilkan Rp 326 Triliun Tahun ini!

Alasan Pasar NFT Dapat Menghasilkan Rp 326 Triliun Tahun Ini!

Pasar global untuk Non-Fungible Token, atau NFT, telah meningkat tinggi pada tahun ini karena kegemaran akan koleksi seperti Bored Ape Yacht Club, CryptoPunks, dan avatar Matrix dalam format gambar digital yang telah menjadi aset investasi besar.

Data dari DappRadar, perusahaan yang melacak penjualan NFT, menunjukkan bahwa perdagangan NFT telah mencapai $23 miliar, atau sekitar Rp 326 triliun, pada tahun 2021, dibandingkan dengan hanya $100 juta (Rp 1,4 triliun) pada tahun 2020. 

Selain itu, kapitalisasi pasar dasar dari 100 NFT teratas yang pernah diterbitkan – ukuran nilai kolektifnya – adalah $16,7 miliar, atau Rp 237,2 triliun.

Karya NFT Paling Berharga Tahun Ini

Penjualan NFT paling berharga tahun ini adalah ‘The First 5000 Days’, kolase digital oleh artis digital, Beeple, nama yang digunakan oleh seniman digital Amerika Mike Winkelmann, yang dilelang seharga $69,3 juta (Rp 984 miliar) pada bulan Maret, menjadikannya salah satu karya seni paling berharga yang pernah terjual oleh seniman yang masih hidup. Karya NFT Beeple lainnya, Human One, juga dijual seharga $29 juta (Rp 411 miliar).

NFT berharga jutaan dolar lainnya termasuk Bored Ape Yacht Club, koleksi 10.000 NFT yang direpresentasikan sebagai primata kartun yang digunakan sebagai foto profil di akun media sosial pemiliknya dan yang sukses mengumpulkan senilai $26,2 juta (Rp 372 miliar). Pemilik selebriti BAYC termasuk pembawa acara talkshow Jimmy Fallon dan rapper Post Malone.

Perusahaan Raksasa Mengikuti Tren NFT

Coca-Cola Secara Resmi Masuk ke NFT untuk Amal |

DappRadar juga mengatakan faktor kunci dalam lonjakan perdagangan NFT adalah bahwa beberapa bisnis ternama memasuki tren dunia metaverse dan NFT.

Coca-Cola mengumpulkan lebih dari $575.000 (Rp 8,1 miliar) dari penjualan barang-barang seperti jaket yang disesuaikan untuk dikenakan di dunia metaverse Decentraland. 

Perusahaan Adidas pun mengikuti tren NFT dengan meluncurkan koleksi mereka sendiri dalam kemitraan bersama Bored Ape Yachts Club, dan berhasil peroleh Rp 330 miliar dari koleksi tersebut.

Baca juga: Adidas Gabung Dunia Metaverse, Akan Luncurkan Koleksi NFT Pertama!

“Hollywood, selebritas sport, dan merek besar seperti Coca-Cola, Gucci, Nike, dan Adidas, membuat terobosan mereka dalam dunia NFT, memberikan NFT tingkat eksklusivitas baru. Kekuatan daya tarik nama-nama terkenal ini sangat memengaruhi NFT dan industri blockchain secara keseluruhan, ” kata DappRadar.

Auction house sales to test collectors' appetite for crypto-art | Financial Times

“Aktivitas NFT di tahun 2021 sangat hiruk pikuk. Ini akan mereda di tahun-tahun mendatang dan NFT akan menjadi sesuatu yang lebih mirip dengan pasar seni modern saat ini, di mana konsensus tentang nilai lebih solid. Namun, itu akan makan waktu bertahun-tahun sebelum pasar crypto, apalagi NFT, menyerupai apa pun yang disebut pasar konvensional sebagai stabil. Menurut saya, jangan buang dana Anda ke NFT ‘meme’ apa pun,” kata George Monaghan, analis di firma riset GlobalData.

Tertarik dengan dunia NFT? Baca juga: Ini Dia Top 5 Artis Dengan Koleksi NFT Termahal Sejauh Ini!

Artikel Terbaru