Hampir Semua Orang Akan Tinggal Di Metaverse Pada 2030? Ini Kata Ahli!

Hampir semua orang akan tinggal di Metaverse pada 2030? Ini kata ahli!

Dengan pertumbuhan cepat teknologi seperti NFT, Cryptocurrency, dan headset VR, dan juga perlombaan antara perusahaan besar seperti Microsoft dan Meta untuk membuat dunia metaverse mereka sendiri, para ahli dari seluruh dunia telah membuat prediksi bahwa dunia Metaverse akan hadir dan sebagian besar orang dari seluruh dunia akan berada di dunia digital tersebut pada tahun 2030.

Prediksi Para Ahli

Era Metaverse, Jadi Tantangan di Dunia Pendidikan - Suara Surabaya

Pada tahun 2030, “sebagian besar orang akan berada di metaverse dalam beberapa cara,” prediksi Melanie Subin, direktur di The Future Today Institute di New York.

Beberapa akan menggunakannya “hanya untuk memenuhi kewajiban pekerjaan atau pendidikan,” katanya. Sementara yang lain “akan menjalani sebagian besar jam bangun mereka di metaverse.”

Menggunakan “campuran biometrik fisik dan perilaku, pengenalan emosi, analisis sentimen, dan data pribadi,” metaverse akan dapat menciptakan realitas yang disesuaikan dan ditingkatkan untuk setiap orang, katanya.

Di masa depan, “AR wearable mungkin sama meresapnya dengan ponsel pintar saat ini,” kata Patrick Cozzi, yang menjalankan perusahaan teknologi 3D Cesium dan sangat terlibat dalam meningkatkan metaverse.

Dunia Metaverse Sejauh Ini

Namun, walaupun para ahli mempunyai prediksi dan visi besar untuk metaverse di masa depan, metaverse saat ini, masih belum begitu besar, megah, ataupun menarik.

Beberapa perusahaan raksasa, termasuk Snapchat, Amazon, Microsoft, dan perusahaan Mark Zuckerberg, Meta (sebelumnya Facebook), memiliki versi pesaing mereka sendiri dari dunia digital baru ini. (Meta mengatakan akan mendedikasikan $ 10 miliar untuk upaya tersebut, dan berencana untuk mempekerjakan 10.000 pekerja hanya untuk operasi Eropa mereka.) 

Facebook Hiring 10,000 People for Zuckerberg's 'Metaverse'

Tetapi untuk sementara, ruang digital yang mereka kembangkan — kebanyakan untuk bersosialisasi dan bermain game — walaupun penuh warna dan keren, tidak ada yang dibuat yang dapat mencakup semua yang mengaburkan apa yang nyata dan imajiner.

Pemerintah Mengikuti Tren Metaverse

Tidak hanya orang biasa dan selebritas yang mengikuti tren Metaverse, bahkan pemerintah official pun mempunyai visi besar untuk masa depan Metaverse. 

Pada bulan September 2021, Seoul menjadi kota besar pertama yang mengumumkan rencana mereka untuk menjadi kota metaverse, dengan mengatakan bahwa itu ditetapkan untuk menciptakan “ekosistem virtual yang sepenuhnya terwujud untuk semua bidang administrasi kotamadya, seperti ekonomi, budaya, pariwisata, pendidikan dan layanan sipil, ” menurut Pemerintah Metropolitan Seoul.

Badan tersebut mengatakan tempat-tempat wisata paling populer akan diciptakan kembali di dunia virtual nya pada platform yang rencananya akan diluncurkan, mulai tahun 2023.

Tertarik dengan dunia Metaverse? Baca juga: Diprediksi Akan Membesar Mulai Tahun 2022, Apa Itu Metaverse’?

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru