Keren! BMW Menciptakan Mobil Yang Bisa Berubah Warna!

Keren! BMW menciptakan mobil yang bisa berubah warna!

Produsen mobil ternama yang berasal dari Jerman, BMW, telah memamerkan teknologi terbaru mereka kemarin (6/1/2022) di konvensi ‘Consumer Electronics Show 2022’ di Las Vegas.

Di konvensi ini, BMW memperkenalkan mobil “BMW iX” yang menampilkan “E Ink“, sebuah konsep yang memungkinkan pemilik untuk mengubah warna eksterior mobil mereka dengan hanya menekan sebuah tombol.

Baca juga: BMW Berhasil Jual 1 Juta Mobil Listrik, Apa Target Berikutnya?

Bagaimana Mobil Ini Bisa Berubah Warna?

Trik untuk merubah warna mobil ini tidak dilakukan dengan cat sama sekali, tetapi dengan panel bodi SUV sendiri. Panel tersebut dibungkus oleh sebuah potongan yang memiliki jenis teknologi e-ink. Panel berwarna dipotong dengan tepat agar sesuai dengan bentuk panel bodi SUV dan kemudian kabel listrik dipasang di setiap bagian.

Permukaan panel memiliki jutaan kapsul kecil, masing-masing berisi pigmen putih bermuatan negatif dan pigmen hitam bermuatan positif. Arus listrik membawa satu pigmen atau yang lain ke permukaan menciptakan nuansa yang berbeda. Setelah perubahan warna selesai, panel mempertahankan nadanya tanpa memerlukan muatan listrik lagi.

SUV dapat diwarnai semua satu warna, atau warna yang berbeda di bagian yang berbeda. Selain itu, roda mobil ini pun bisa berubah warna.

Adrian van Hooydonk, kepala desain BMW, menggambarkan konsep BMW iX Flow sebagai “proyek penelitian dan desain lanjutan.”

Kapan Mobil Ini Akan Diluncurkan?

10 Best Features Of The BMW iX | CarBuzz

BMW belum mengumumkan rencana untuk membawa teknologi semacam ini ke kendaraan produksi. Pembuat mobil ini pun telah mengatakan bahwa sejauh ini, yang sudah dibuat hanyalah “proyek penelitian dan desain lanjutan.”

Namun, BMW juga membuat pernyataan positif tentang berencana untuk memasukkan lebih banyak teknologi canggih seperti ini di mobil mereka di masa depan.

“Di masa depan, pengalaman digital tidak hanya terjadi di display. Real dan virtual akan semakin menyatu,” kata Frank Weber, anggota dewan manajemen BMW AG, dalam sebuah pernyataan. 

“Dengan BMW iX Flow, kami menghidupkan bodi mobil.”

Tertarik dengan semua hal otomotif dan mobil? Baca juga: Info Lengkap Tentang “Apple Car” Yang Akan Luncur Tahun 2025

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru