Korea Selatan Akan Bangun Kota Terapung Pertama Di Dunia!

Korea Selatan akan bangun kota terapung pertama di dunia pada tahun 2025!

OCEANIX, sebuah konsep kota terapung ambisius yang pertama kali diungkapkan oleh Bjarke Ingels Group pada tahun 2019, baru saja menerima lampu hijau dari UN-Habitat dan Kota Metropolitan Busan. 

Pemerintah Korea Selatan akan mulai membangun kota tersebut tahun depan dan menargetkan kota terapung Pantai Busan akan rampung empat tahun lagi pada tahun 2025.

Walaupun ide dan konsep kota terapung ini sudah dibuat dari tahun 2019, pemerintah Korea menunggu 2-3 tahun akhir ini untuk membuat kota tersebut karena harus mengantongi izin dari Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB untuk memastikan rencana tersebut bermanfaat dan tidak membahayakan lingkungan.

Rencana pemerintah adalah untuk membangun kota yang terbuat dari modul heksagonal yang cukup stabil untuk menahan badai kategori lima. 

Meskipun ukuran kota belum ditentukan, biayanya diperkirakan mencapai $200 juta, atau 2,8 triliun Rupiah.

Untuk Apa?

Proyek kota terapung ini dilaksanakan untuk mengakomodasi pertumbuhan populasi yang cepat. Sebagian kota-kota pesisir mungkin akan terendam dalam dekade berikutnya karena naiknya permukaan laut dengan cepat. Karena ini, desain kota terapung modular Oceanix memberikan solusi untuk masalah tersebut, memperkenalkan komunitas terapung yang memungkinkan manusia untuk hidup dengan naiknya air laut.

Image

“Kota terapung adalah bagian dari strategi adaptasi iklim yang tersedia bagi kita. Daripada berkelahi dengan air laut, mari kita belajar untuk hidup selaras dengannya,” kata Direktur Eksekutif UN-Habitat Maimunah Mohd Sharif dalam sebuah pernyataan.

“Kami berharap dapat mengembangkan adaptasi iklim dan solusi berbasis alam melalui konsep kota terapung, dan Busan adalah pilihan ideal untuk menyebarkan prototipe.”

Kenapa Di Busan?

Salah satu pendiri Oceanix, Itai Madamombe, mengatakan kepada Insider bahwa Busan adalah tempat terbaik untuk membangun kota prototipe tersebut karena merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, sehingga pembangun dan insinyur lokal memiliki pengalaman membangun di sepanjang air.

Dia menjelaskan bahwa ide kota ini akan “berguna untuk semua kota pesisir di seluruh dunia, dan semua komunitas pesisir yang menghadapi kemungkinan kenaikan permukaan laut”. Oceanix sedang dalam pembicaraan dengan setidaknya 10 pemerintah lain tentang membangun lebih banyak kota terapung di berbagai macam negara, tambahnya.

Kalian tahu tidak, kalau Indonesia adalah pemilik UNESCO Global Geopark terbanyak di Asia? Kalian dapat baca tentangnya di sini: Keren! Indonesia Jadi Pemilik UNESCO Global Geopark Terbanyak Di Asia Tenggara

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru