Para Dokter AS Sukses Transplantasi Jantung Babi Ke Manusia Untuk Pertama Kali!

Para dokter AS sukses transplantasi jantung babi ke manusia untuk pertama kali!

Seorang pria berumur 57 tahun dari Amerika Serikat dengan penyakit jantung yang mengancam jiwa nya telah menerima transplantasi jantung dari babi yang dimodifikasi secara genetik, prosedur terobosan yang memberi harapan bagi ratusan ribu pasien di seluruh dunia dengan penyakit organ.

Ini adalah transplantasi hati babi pertama yang berhasil dilakukan ke manusia. Operasi tersebut berlangsung untuk delapan jam di Baltimore pada hari Jumat (7/1/2022), dan pasien tersebut, David Bennett Sr. dari Maryland, sekarang dikabarkan baik-baik saja, menurut para ahli di University of Maryland Medical Center.

Alasan Prosedur Ini Diperbolehkan

Sejarah! Ahli Bedah AS Berhasil Transplantasi Jantung Babi pada Manusia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pasien David Bennett, menderita penyakit jantung terminal, dan jantung babi adalah “satu-satunya pilihan yang tersedia saat ini,” menurut rilis tersebut.

Bennett dianggap tidak memenuhi syarat untuk menerima transplantasi jantung manusia konvensional atau pompa jantung buatan karena riwayat medisnya.

“Opsi nya adalah saya mati atau saya melakukan transplantasi ini. Saya ingin hidup. Saya tahu ini adalah tembakan dalam kegelapan, tapi transplantasi ini adalah pilihan terakhir saya,” kata Bennett sebelum operasi, menurut rilis.

Jantung Babi Dimodifikasi

Sebelum ditransplantasi, jantung babi yang dipakai oleh para dokter telah dimodifikasi secara genetic supaya dapat diterima oleh badan manusia. 

Tiga gen yang bertanggung jawab untuk penolakan organ babi oleh imun sistem manusia dikeluarkan dari babi donor, dan satu gen dikeluarkan untuk mencegah pertumbuhan jaringan jantung babi yang berlebihan. Selain itu, enam gen manusia yang bertanggung jawab untuk penerimaan imun dimasukkan.

Untuk mengetahui jika transplantasi ini sepenuhnya sukses, Para dokter perlu memantau Bennett selama berhari-hari hingga berminggu-minggu untuk melihat apakah transplantasi berhasil memberikan manfaat yang menyelamatkan jiwa nya. Dia akan dipantau untuk masalah imun sistem atau komplikasi lainnya.

Memberi Harapan Untuk Masa Depan

Pria Ini Jalani Operasi Transplantasi Jantung dari Babi, Begini Kondisinya Sekarang

Setelah Bennett dipantau untuk 3 hari terakhir, para dokter semakin merasa percaya bahwa transplantasi ini adalah transplantasi yang sukses karena sejauh ini, Bennett btidak memperlihatkan gejala atau efek buruk dari operasi nya. 

Kesuksesan transplantasi ini dapat mencetak sejarah medis dan kedokteran. Jika manusia terbukti dapat diberi transplantasi organ dari binatang, maka ini dapat membantu semua orang di seluruh dunia dengan masalah atau penyakit organ yang sedang menunggu transplan. 

Di AS saja, sebanyak 106.657 orang berada dalam daftar tunggu transplantasi nasional, dan 17 orang meninggal setiap hari menunggu organ, menurut organdonor.gov.

“Hati manusia donor yang tersedia tidak cukup untuk memenuhi daftar panjang penerima potensial,” kata ahli bedah Dr. Bartley P. Griffith dalam sebuah pernyataan. 

“Kami melanjutkan dengan hati-hati, tetapi kami juga optimis bahwa operasi pertama di dunia ini akan memberikan pilihan baru yang penting bagi pasien di masa depan.”

Tertarik dengan berita sains lainnya? Baca juga: Bikin Merinding! Lihat Robot Tercanggih Di Dunia Debut Di Wawancara Pertama Nya!

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru