Penjelasan Omicron, Varian Terbaru COVID-19

Penjelasan Omicron, Varian Terbaru COVID-19.

Varian virus corona terbaru pertama kali diidentifikasi oleh para ilmuwan Afrika Selatan dan telah menimbulkan kekhawatiran pada seluruh dunia dengan kemungkinan dapat meningkatkan jumlah kasus COVID-19 lagi.

Strain baru ini bernama Omicron dan ditetapkan pada hari Jumat (26/11/2021) sebagai varian yang berbahaya oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, WHO juga mengumumkan bahwa studi mengenai strain tersebut masih sedang berlangsung, dan karena itu, belum ada informasi lengkap tentang varian ini.

“Meskipun ini mengkhawatirkan, seperti yang telah dijelaskan WHO, saya pikir kita harus mundur dan menunggu ilmu pengetahuan tentang ini,” kata ahli epidemiologi Dr. Abdul El-Sayed kepada CNN.

Berikut adalah informasi yang kita sudah mengetahui tentang varian tersebut.

Varian Ini Bertransmisi Dengan Lebih Cepat

“Varian Omicron sangat menular di Afrika Selatan – kami sedang melihat varian yang memiliki kemampuan transmisibilitas tinggi, artinya sangat mudah ditransmisikan,” Dr. Francis Collins, direktur National Institutes of Health, mengatakan kepada Jim Sciutto pada hari Senin di “Ruang Berita” CNN.

Covid-19 masks 'cause plastic fibre inhalation – but we should still use them' | South China Morning Post

Omicron memiliki mutasi yang mirip dengan varian Delta, sehingga dapat menularkan lebih cepat. Berdasarkan bukti awal di Afrika Selatan, “Omicron tentu saja mentransmisikan lebih cepat daripada varian Delta.”

Bukti awal dari penelitian juga menunjukkan bahwa Omicron menimbulkan risiko infeksi ulang yang lebih tinggi dibandingkan varian lainnya, seprti yang dijelaskan pejabat WHO dalam pernyataan mereka.

Mempunyai Banyak Jumlah Mutasi

Omicron memiliki jumlah mutasi yang sangat tinggi, dengan lebih dari 32 mutasi pada spike protein, karena ini, para ilmuwan khawatir semua mutasi tersebut dapat membuat varian ini tidak hanya lebih menular tetapi juga dapat menjadi lebih kebal kepada vaksin.

Para ilmuwan sekarang sedang bekerja untuk mencari tahu apakah varian tersebut dapat menghindari kekebalan, pencari tahuan ini dapat membantu memberi para ilmuan lebih banyak informasi supaya dapat memprediksi varian Omicron.

Vaksin Adalah Cara Terbaik Untuk Mengatasinya

Varian Baru Omicron 500 Persen Lebih Menular, Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Bepergian Saat Nataru Halaman all - Kompas.com

Saran terbaik untuk menangani varian baru adalah untuk mendapatkan vaksinasi dan kemudian mendapatkan suntikan booster. 

“Perlindungan terbaik Anda terhadap Delta adalah mendapatkan vaksinasi, dan jika Anda sudah divaksinasi dan enam bulan telah berlalu sejak Anda mendapatkan Pfizer atau Moderna, dapatkan booster Anda,” jelas Collins. “Hal yang sama bisa dilakukan untuk melindungi diri Anda dari Omicron, dapatkan vaksin, lalu dapatkan booster.”

Baca juga: Ini Dia Daftar Negara Yang Sudah Tertular COVID-19 Varian Omicron!

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru