Perhiasan Tertua Di Dunia Ditemukan Di Maroko!

Perhiasan tertua di dunia ditemukan di Maroko!

Para arkeolog yang bekerja di Gua Bizmoune di barat daya Maroko telah menerbitkan temuan mengejutkan di jurnal Science Advances minggu lalu: mereka telah menemukan apa yang diyakini sebagai perhiasan tertua di dunia. 

Tim arkeolog tersebut menemukan 33 manik-manik cangkang yang berusia antara 142.000 dan 150.000 tahun.

Sebenarnya, manik-manik tersebut ditemukan antara tahun 2014 dan 2018 tetapi sejak itu, para tim arkeolog bekerja untuk mengkonfirmasi tanggal artefak melalui analisis ilmiah.

'Oldest' jewelry in history unveiled in Morocco

Sepintas, tidak jelas apakah manik-manik yang ditemukan itu benar-benar perhiasan, karena terbuat dari cangkang. Tetapi para peneliti dapat menyimpulkan bahwa itu memang perhiasan berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan terhadap lubang-lubang di cangkang, yang telah diciptakan oleh manusia. Banyak manik-manik dari jenis yang sama sebelumnya juga telah ditemukan di wilayah tersebut, tetapi tidak ada yang berumur lebih dari 130.000 tahun.

Beberapa manik-manik tersebut juga memiliki bekas oker pada mereka. Oker adalah pigmen yang biasa digunakan oleh manusia purba untuk mendekorasikan diri.

“Mereka mungkin bagian dari cara orang mengekspresikan identitas mereka dengan pakaian mereka,” jelas Steven L. Kuhn, salah satu peneliti yang mempelajari manik-manik tersebut. 

Para peneliti dan arkeolog jelaskan bahwa mereka mulai mencari barang-barang yang kuno di Maroko karena itu adalah situs di mana “salah satu Homo Sapiens tertua di dunia” telah diidentifikasi.

“Mereka (manik-manik) menunjukkan bahwa kultur untuk mengekspresikan identitas melalui pakaian itu hadir bahkan ratusan ribu tahun yang lalu, dan bahwa manusia tertarik untuk berkomunikasi dengan kelompok orang yang lebih besar daripada teman dekat dan keluarga mereka melalui pakaian dan perhiasan yang mereka.”

Untuk berita menarik lain nya bisa check di sini ya!

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru