Semua Plat Nomor Kendaraan Akan Dipasangi Chip Mulai Tahun Ini, Untuk Apa?

Semua plat nomor kendaraan akan dipasangi chip mulai tahun ini, untuk apa?

Korps Lalu Lintas Polri telah umumkan bahwa mereka akan mengubah model semua pelat nomor kendaraan bermotor di Indonesia. Perubahan yang akan dilakukan termasuk mengganti warna plat dari warna hitam sekarang menjadi warna putih dan juga plat nomor akan dipasangi chip berteknologi Radio Frequency Identification atau RFID.

Proses pergantian warna pelat mobil tersebut akan berlaku bertahap dan dimulai 2022.

Detail Proses Perubahan Plat

Wacana Aturan Plat Nomor Putih Tulisan Hitam di Mobil dan Motor, Simak Penjelasan Lengkap - Suara Jakarta

Kabar pemasangan chip untuk plat nomor kendaraan ini disampaikan oleh Direktur Regint Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus.

Mengutip CNN, Yusri Yunus mengungkapkan, sekarang ini proses pemasangan chip tersebut masih dalam tahap persiapan, setelah itu sosialisasi, dan terakhir penerapan.

“Tapi, prosesnya masih panjang. Banyak yang harus kita persiapkan, mengenai aturan, data, dan lain-lain. Tapi, ke depannya akan mengarah basis teknologi,” katanya dilansir dari berbagai sumber pada Kamis, 6 Januari, 2022.

Chip RFID Untuk Apa?

Plat Nomor Kendaraan akan Dipasang Chip, Jangan Coba-coba Manipulasi Data, Pasti Ketahuan dan Ditindak! - Klik Aktual

Dalam chip yang akan ditanam di plat nomor tersebut akan terdapat data dari pemilik kendaraan, ini dilakukan untuk percepat pemberlakukan tilang elektronik. 

Contoh penggunaan chip adalah jika pemilik kendaraan melakukan pelanggaran, atau hal lain seperti kecelakaan, maka semua informasi dan data pemilik dan kendaraan nya akan segera diketahui.

“Jadi di dalam pelat nomor itu akan ditanam chip dan tertera data-data dari pemilik kendaraan. Apabila tidak sesuai, maka akan ditindak atau dikenakan tilang sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkap Yusri.

Untuk penerapannya, Yusri masih belum bisa menginformasikan lebih lanjut. Mengingat sekarang ini baru tahap awal, yaitu mempersiapkan aturan dan sarana serta prasarana nya.

Tanggal dan kapan semua ini akan dilakukan belum diketahui secara resmi, namun Korps Lalu Lintas Polri telah menjelaskan bahwa mereka berharap ini semua bisa mulai dilaksanakan pada pertengahan tahun 2022.

Untuk berita terbaru lainnya, baca juga: Bersaingan Dengan Gojek, AirAsia Akan Luncurkan Bisnis Ojol Di Indonesia!

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru