Review Realme 10:  Untuk Gaming Lancar, Performa Menggelegar

Review Realme 10:  Untuk Gaming Lancar, Performa Menggelegar

Menjelang kuartal akhir tahun 2022, kompetisi di pasar smartphone kian memanas setelah realme pada Rabu (9/11) merilis salah satu produk unggulan terbarunya, realme 10, yang diklaim lebih baik dari versi sebelumnya.

Realme 10 hadir salah satunya atas kebutuhan para gamers yang membutuhkan smartphone gaming berkualitas namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Melalui chipset HelioG99 dengan dibarengi layar 90 Hz AMOLED, smartphone tersebut dirasa akan menuntaskan permasalahan gaming yang ada pada realme di beberapa edisi sebelumnya.

Menggunakan taglibe “Beat the Competition”, realme 10 cukup percaya diri untuk memenangkan persaingan hp gaming murah namun berkualitas di kelasnya.

BACA JUGA: realme Luncurkan realme C30, HP Gaming Ringan Seharga Rp 1 jutaan

Tembus Skor AnTuTu Hingga 400 Ribu Poin

Skor AnTuTu realme 10

Bermodalkan chipset gahar MediaTek HelioG99 yang merupakan salah satu prosesor powerful sekaligus next level sehingga menghadirkan pengalaman bermain game yang luar biasa untuk smartphone di kelasnya.

Melalui pengujian internal realme dengan menggunakan benchmark AnTuTu, varian terbaru realme 10 berhasil menembus 400 ribu poin yang merupakan skor tertinggi hingga bahkan belum diraih oleh para pesaingnya di kelasnya.

Namun pada saat artikel ini ditulis hanya tersedia opsi dynamic RAM 8GB + 5GB yang membuat skor AnTuTu hanya menyentuh di angka 385 ribu dan tergolong masih menjadi yang terbaik di kelasnya.

Selain itu, penggunaan chipset tersebut juga mampu memberikan kinerja yang maksimal sehingga dapat mengantisipasi lag maupun frame yang tidak stabil ketika sudah terlalu lama dimainkan oleh para penggunanya.

Lalu seperti apa sih kemampuan smartphone tersebut ketika digunakan untuk bermain gim seluler yang saat ini sedang populer? Simak ulasan berikut ini ya, Spinners!

Anti Panas Saat Lama Bermain Mobile Legends

Mobile Legends

Salah satu gim yang saat ini sangat digandrungi oleh komunitas gamers di Indonesia ialah gim MOBA seluler besutan Moonton yang diberi nama Mobile Legends.

Sebagai sosok yang akrab dengan brand realme karena menggunakan realme 7 pro, hal yang paling menyebalkan ketika sedang bermain gim tersebut ialah HP yang cepat panas ketika bermain dengan durasi yang sangat lama.

Namun setelah menguji coba bermain dengan perangkat terbaru dari realme melalui settingan kualitas layar yang tinggi, satu permasalahan tersebut berhasil dituntaskan dengan baik oleh realme 10.

Selain itu, kapasitas baterai yang besar dengan 5000 mAh membuat smartphone ini cukup tangguh terbukti ketika bermain Mobile Legends selama 90 menit baterai yang digunakan tidak lebih dari 20%.

Mobile Legends

Pengujian berikutnya dengan pengaturan rata kanan alias settingan ultra, Mobile Legends masih dapat dimainkan dengan nyaman tanpa adanya gangguan. Terlihat dari grafik yang sangat smooth sekaligus kualitas gambar yang lebih baik.

Mobile Legends Realme 10

Dari sisi suhu yang telah disediakan oleh realme UI 3.0, bisa dilihat apabila suhu masih stabil berada di angka 38°C yang membuatnya masih berada di angka suhu normal setelah dimainkan selama 107 menit (kalkulasi dengan pengujian sebelumnya).

Frame Rate Stabil Untuk Bermain PUBG Mobile

PUBG Mobile

 

Selain uji coba bermain Mobile Legends, rasanya tidak afdol kalau tidak mencoba memainkan PUBG Mobile sebagai salah satu partner dari perangkat tersebut.

Bermain kurang lebih selama 30 menit, PUBG Mobile hanya menguras 8% baterai saja yang pastinya membuat kalian bisa lebih sering memain gim tersebut tanpa harus sambil charging.

Menariknya, frame rate dari perangkat tersebut benar-benar stabil dengan selalu berada di 40 fps ketika balanced mode diaktifikan meski memiliki peningkatan suhu yang mencapai 39°C ketika dibandingkan dengan bermain Mobile Legends.

Hal ini tentunya membuat kita sebagai gamers tidak perlu khawatir lagi apabila smartphone kita akan berkurang kinerjanya ketika bermain game terlalu lama.

Fps-nya yang membantu para pemain lebih mudah dalam memperhatikan layar sekaligus tidak tergocek dengan penglihatan yang tidak jelas akibat penurunan frame rate.

Sempurna Untuk Bermain Free Fire

Free Fire

Uji coba berikutnya dilakukan kepada salah satu game bergenre Battle Royale ternama lainnya yakni Free Fire yang memiliki jutaan lebih penggemar di Indonesia.

Setelah dimainkan selama satu pertandingan yang memakan waktu kurang lebih 20 menit, game tersebut hanya menghabiskan baterai sebesar 6%.

Berbeda dengan Mobile Legends serta PUBG Mobile, Free Fire selalu stabil berada di suhu 37°C yang membuatnya cukup aman dimainkan dalam durasi yang sangat lama.

Sama seperti PUBG Mobile, Fps Free FIre juga sangat stabil dengan selalu berada di 40 fps ketika dalam settingan normal bahkan cukup stabil di angka 60 fps apabila dimainkan dengan resolusi yang tinggi.

Tangguh Untuk Mainkan Genshin Impact

Genshin Impact

 

 

Berikutnya SPIN Esports mencoba untuk memainkan Genshin Impact di perangkat realme 10 dengan berbagai kualitas.

Sayangnya saat pengujian di highest graphic quality, realme 10 mengalami sedikit stuttering sehingga SPIN Esports menyarankan memainkan di kualitas medium.

Ketika bermain dalam kualitas tersebut, performa realme 10 cukup stabil untuk memainkan gim berat sekelas Genshin Impact.

Bermain selama 30 menit, suhu masih berada di angka 38°C yang merupakan angka cukup normal sekaligus hanya menghabiskan baterai 9%.

Hal ini membuat realme 10 terbukti cukup tangguh untuk bisa memainkan Genshin Impact meskipun masih di pengaturan kualitas medium. 

Kesimpulan

realme 10

 

 

Dari pengujian yang telah dilakukan oleh SPIN Esports selama beberapa hari, dapat ditarik kesimpulan apabila realme 10 cukup mumpuni untuk diandalkan dalam aktivitas gaming baik dalam skala normal maupun di atas normal.

Selain itu, realme 10 juga sangat tangguh untuk memainkan gim-gim online seluler populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile Free Fire hingga mampu melibas Genshin Impact,

Dengan harga yang sangat terjangkau dan kompetitif untuk smartphone di kelasnya yang dipatok sebesar Rp2.799.000 untuk varian 4GB+4GB* | 128GB tentunya cukup worth it karena bisa memainkan banyak gim populer tanpa adanya hambatan.

BACA JUGA: realme GT NEO 3 Siap Perkenalkan Teknologi Pengisian Daya Tercepat di Dunia!

Jangan lupa kunjungi SPIN Website untuk update terbaru lainnya, dan ikuti Instagram dan Youtube kita.

  

 

Artikel Terbaru